Ablasio Retina

APAKAH ABLASIO RETINA ITU?
Ablasio retina terjadi apabila retina terlepas dari tempat perlekatannya. Kejadian ini serupa dengan wallpaper yang terkelupas dari dinding. Hal ini diawali oleh robeknya retina yang diikuti menyusupnya cairan pada robekan tersebut. Cairan tersebut akan menyusup terus di antara retina dan dinding bola mata yang berakibat terlepasnya retina. Retina yang terlepas ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan secara permanen.

BAGAIMANA MENGOBATI RETINA YANG ROBEK?
Dilakukan laser fotokoagulasi atau cryotherapy (pembekuan) di sekeliling retina yang robek dan bertujuan untuk merekat atau menambal kembali robekan tersebut supaya tidak terjadi ablasio. Floaters dan kilauan cahaya tidak selalu menunjukkan adanya ablasio retina. Tapi bila hal itu terjadi sebaiknya segera periksa ke dokter mata. Laser dapat dilakukan di poliklinik dan tidak perlu rawat inap.

GEJALA ABLASIO RETINA

  • Kilauan-kilauan cahaya.
  • Floaters.
  • Melihat seperti ada lapisan hitam yang menutupi sebagian atau seluruh pandangan.

PENYEBAB ABLASIO RETINA

  • Miopia (rabun jauh).
  • Trauma mata.
  • Ada riwayat ablasio retina dalam keluarga.
  • Ablasio retina pada mata yang lain.
  • Pernah mengalami operasi mata.
  • Ada daerah retina yang tipis/lemah yang dilihat oleh dokter mata.

MENDIAGNOSIS MASALAH RETINA
Dokter akan memeriksa vitreus dan retina anda dengan menggunakan lensa dan lampu khusus. Sebelumnya mata anda akan ditetesi obat tetes mata agar pupil melebar untuk memudahkan dokter memeriksa mata anda.

PENANGANAN ABLASIO RETINA
Kebanyakan kasus ablasio retina memerlukan tindakan operasi untuk merekatkan kembali retina pada tempatnya. Dokter mata anda akan menentukan cara yang tepat sesuai penyebab ablasio retina tersebut. Ada kemungkinan operasi dilakukan lebih dari satu kali.

JENIS-JENIS OPERASI ABLASIO RETINA
Ada beberapa cara operasi untuk merekatkan kembali retina yang lepas. Pemilihan jenis operasi dan anestesi (lokal atau umum) tergantung pada karakteristik ablasio retina yang terjadi.

Lokasi ablasio harus ditentukan terlebih dahulu kemudian di laser fotokoagulasi (pemanasan) atau cryopexy (pembekuan) untuk menutup bagian yang robek. Adakalanya diperlukan gelembung udara khusus yang dimasukkan ke dalam bola mata tersebut untuk membantu mendorong retina yang terlepas agar menempel kembali ke tempatnya di dinding bola mata.

Scleral Buckle
Sabuk silikon dipasangkan melingkari bola mata dengan tujuan membentuk cekukan kedalam pada dinding bola mata untuk menutupi rongga yang terjadi akibat robeknya retina.

Vitrektomi
Vitrektomi merupakan tindakan pengeluaran cairan vitreus kemudian digantikan dengan gas khusus. Secara perlahan gas tersebut akan diserap dan digantikan kembali dengan cairan yang diproduksi oleh mata itu sendiri. Kadang-kadang vitrektomi dilakukan bersamaan dengan pemasangan scleral buckle.

source: klinikmatanusantara

0 Komentar

  1. Yulian Nita Balas

    dua tahun lalu saya di fonis dokter mangalami ablatio retina pada mata kiri saya, dan di sarankan untuk melakukan oprasi.

    pada saat itu saya mengabaikan saran dokter untuk segera melakukan operasi.

    saat ini pengelihatan mata kiri saya seperti ada kabut putih. pada bola mata kiri saya terlihat agak putih pada pupilnya.
    beberapa tahun yang lalu mata sebelah kanan sudah dioperesi laser. (sekarang sudah mulai membaik)

    apakah warna keputihan pada pupil merupakan salah satu ciri dari ablatio retina

    terima kasih

    • Kastam PenulisBalas

      @Yulian Nita,
      Ma’af umur anda berapa yaaaa…, Apa anda punya minus tinggi?

      Gejala ablasio kayak di atas, namun jika di pupil kelihatan putih itu biasanya adalah warna pada lensa yang keruh atau lensa mengalami katarak.

      Sebaiknya segera di periksakan saja, karena tanpa di lihat susah di bayangkan, nanti malah salah memberi pendapat yaaa…, umumnya kalau putih di bagian pupil dan melihat seperti kabut maka itu katarak, silakan baca artikel mengenai katarak di blog ini.
      Cari dengan keyword katarak

  2. gani Balas

    sya da berkacamata 8 thn dan makin lama men nya makin nambah…bagaimana cara menyembuhkan rabun jauh???

  3. dwi Balas

    selamat siang pak…salam kenal.

    saya membutuhkan cairan anti fogging untuk kacamata baca (krn kacamata itu saya gunakan untuk olahraga menembak jadi sering keringetan)….apakah disitus ini menjual cairan anti fogging yg saya maksud? .thnks

  4. Kastam Balas

    @Gani:
    untuk mengobati minus untuk saat ini saran saya hanya lasik pak… silakan baca di web ini mengenai lasik.

    @Dwi: Belum ada dan tidak jual pak untuk anti fogging-nya.

  5. tory Balas

    mo tanya pak, di sekitar putih mata anak saya, ada titik hitam, kenapa itu ya pak, terima kasih jawabannya

    • Kastam RO PenulisBalas

      @tory:
      Putih itu adalah sclera dan lapisan tipis atasnya konjungtiva. Daerah situ tidak mengganggu penglihatan, kalau ada titik hitam kadang sejenis tahi lalat begitu kah… kalau yaaa gak masalah.
      Namun jika ada kesempatan sebaiknya di periksakan ke dokter mata.

  6. satriady herianto Balas

    saya umur 24 tahun….tidak berkaca mata…sekitar 3 tahun lalu pandangan mata sebelah kiri menjadi buram. pada awalnya seperti ada yang titk2 yang bergerak2 di bola mata saya. lama kelamaan pandangan menjadi buram dan seperti ada layar abu2 yang menutupi mata….apakah penyakit saya ini…apakah bisa diobati

    • Kastam RO PenulisBalas

      @satriady herianto,
      Bisa jadi ada floaters , silakan serach mengenai floaters di sini.

      memang tidak bisa hilang, obat-obatan hanya membuat fresh penglihatan tapi operasi sangat beresiko.

      Jika mengganggu segera ke dokter.

  7. indrad Balas

    sekitar sudah 50 hari yang lalu mata saya belekan,kemudian saya obati sendiri dengan cendo xitrol,hampir selama 2 minggu,mata sudah gak merah,tapi ketika melihat cahaya lampu masih banyak terlihat kilauan cahaya yang berlebih,kemudian saya coba periksa ke dokter mata katanya masih ada infeksi dan diberi obat cendo fenicol sama cendo minidos dan seminggu setelah pakai obat itu kok belum ada perubahan,mata jadi sering terasa berat dan juga timbul foaters …apakah yang saya alami ini termasuk gejala ablasio retina atau apa

  8. inal Balas

    di pandangan mata saya ada floaters lumayan banyak pada mata kri dan kanan . 2 hai terakhir saya melihat agak berbayang cahaya apakah itu flases..!
    2 minggu yg lalu sy sudah melakuakn pengecekan mata dan menurut dokter tidak ada ablasio retina dan menurut info dokter retina mata saya tipis bgt
    .
    apakah ablasio retina bisa terjadi dengan sangat cepat karena dokter memnita saya mengecek 1thn sekali?

    • Kastam Balas

      @inal,
      Tentunya perkembangannya sejalan dengan kejadian yang terjadi pada anda, misal ada trauma di mata, pukulan keras atau jatuh dll, bisa mempercepat. Jika tidak ada trauma semacam itu yaaa tidak.
      perkara di suruh kontrol itu untuk tindakan preventif, agar jika ada apa-apa sudah bisa di ketahui lebih dini, apalagi sudah tipis.

  9. arif Balas

    ass, saya sering melihat floaters ma benda bening jg mata saya keruh itu sdah berlangsung 7 bln lalu,, berapa terakhir ni timbul bintik cahaya putih bnyak yg melayang2 bisa di jelaskan dok apa itu!

    • Kastam RO PenulisBalas

      @arif,
      sepertinya anda sudah tahu tuh… floaters atau juga flash… di blog ini sudah di bahas, silakan di search saja khusus floaters atau flash.
      maaf saya bukan dokter…
      Tks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *