Video Operasi Lasik (Lasik Surgery)

Mungkin ada yang pingin tahu bagaimana lasik atau proses operasi lasik itu di kerjakan. Tentu banyak cara sesuai dokter yang menanganinya dan teknologi serta alat yang digunakan.
Kalo ada yang perlu penjelasan silakan tanyakan di komentar.

Ceritakan pas setelah apa, atau apa nama prosesnya, dan sebagainya.Sekilas yaaaa, Posisi mata sudah terbuka dengan di beri spekulum atau ganjalan agar mata tidak tertutup atau bahkan di tutup oleh pasiennya juga tidak bisa, namanya juga di ganjal. Selanjutnya…

Di bersihkan dan di beri stempel atau tanda, dengan tujuan agar flap yang nanti akan di buka akan di kembalikan ke tempat semula.

Dengan mesin mikrokeratome ( banyak modelnya) di buatlah flap, kemudian flap di buka. Flap itu tebalnya kira-kira 120-160 mikron, atau tengahnya 140 mikron.

Daerah yang sudah terbuka bagian tengahnya itu yang di laser. Laser itu cepat hanya dalam hitungan detik, namun juga tergantung mesin lasiknya. Setelah selesai flap dikembalikan dengan memperhatikan tanda stempel yang di buat sebelumnya.

Selesai.

0 Komentar

  1. emin Balas

    mas maunanya nie
    =)
    pada tahap laser ditembakka hehehehn (kya maen CS)
    itu prosesnya seperti pemapasan yah (dipapas) heheh
    kaya apaan aja dipapas………
    teruz arah lasernya itu, menyamping atau searah sumbu utama cahaya yang masuk ke mata….?

    tolong pencerahannya

    • kastam Balas

      Saat laser jalan, prinsip dasarnya seperti memahat, namun pahatannya itu kecil ada yang 0.7 mm, atau kayak jarum kecil-kecil, dan mengambilnya sedikit-sedikit jadi halus, untuk minus kira-kira 7 D, itu perlu shots sebanyak 7000 an, dengan kecepatan laser yang beragam ada yang sampai 250 Hz.

      Arah tembakannya lurus dengan axis mata, karena posisi pasien tidur dan mesin lasernya ada di atasnya.

      Daerah yang paling banyak di ablasi yaaa daerah tengah pas sumbu axialnya.
      Begitu, gimana mas Emin…?

  2. emin Balas

    ow……..
    truz tingkat keberhasilannya sampai berapa persen……
    truz selama ini masalah yang sering timbul pasca lasik itu apa……?
    eh mas atu lagi
    parameter yang menentukan salah satu pasien bisa lasik atw tidak apa yah………

    btw. kata Dr. Ginting_ klo rujuk pasien lasik ke JEC dapat fee yeh…
    =)
    hehehehe

    • kastam Balas

      Untuk pertanyaan Mas Emin, sepertinya gak cukup di jawab di komentar, InsyaAllah saya buat postingannya aja yaaaaa.

      Nah, untuk feee, atau referal feeee, di i care juga ada, lumayan, dan enaknya di icare, anda di beri senjata . Wah apa itu, kayak mau perang aja.

      Artinya kalo kita nyuruh datang pada pasien begitu aja khan belum tentu mau dan pihak klinik juga belum tentu ntar kasih feee nya ke kita.

      Kalo di i Care , pasien yang anda rujuk juga lebih diuntungkan, karena anda akan di beri voucher diskon dan di berikan ke pasien, nah voucher itu akan di catat nomernya bahwa itu dari anda, atau anda tulis di balik voucher itu nama dan handphone anda.

      Kalo pasien itu bawa vouchernya maka setelah tindakan rekening anda akan terisi sejumlah uang dari i Care.
      Untuk jumlahnya gak usah online yaaa, gak etis.

      silakan isi alamat lengkap jika berminat dengan vouchernya, biar pihak i care yang akan mengirimnya ke alamat anda.

      Ini berlaku untuk siapa saja yang berkecimpung di optik, klinik, rumah sakit atau sejenisnya dan minimal tahu tentang perkacamataan atau per-mataan,

      Bahasa apa tuh. di tungggu
      yaaaa

  3. Pingback: The Prasetyos » Blog Archive » Operasi Lasik: "Bye-bye Glasses"

  4. Victor Balas

    Halo Mas,
    Mau nanya nih….. seputar tindakan setelah lasik…….
    Mata istri saya minus 7 dan silindir 1.25 , sudah melakukan tindakan lasik 1 minggu yang lalu, tapi yang aneh berbeda dengan kesaksian dari kebanyakan pasien yang telah dilasik, 1 hari setelah di lasik mata kanan masih buram dan mata kiri terang, tertapi 3 hari kemudian mata kanan bertambah buram dan mata kiri yang tadinya terang jadi buram (untuk membaca tulisan jarak dekat misa ketika sedang bekerja di depan komputer dan membaca SMS) .
    Ketika konsultasi dengan dokter katanya yang menyebabkan buram adalah kondisi mata yang kering dan belum stabil dan obat tetes diganti serta dianjurkan untuk lebih sering memakai obat tetes protagentA…..
    Apakah kondisi ini normal atau sebenarnya masih ada minus yang tertinggal? (Sebab dari kesaksian pasien lainnya yang kami tanyakan setelah lasik jawabannya adalah mata mereka langsung terang….)
    Terima kasih sebelumnya.

    • Kastam PenulisBalas

      Halo juga Mas Victor.
      Saya anggap tindakan yang di lakukan lasik, yaa…
      Soalnya kalau epilasikk bisa beda polanya. Dan ini hanya sebatas asumsi atau tanggapan karena tidak melihat langsung data dan kondisi mata serta visusnya.

      Intinya, setiap orang mempunyai tingkat penyembuhan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, ada yang cepat ada juga yang lambat, meski demikian paling banyak adaah yang cepat, artinya dalam hitungan minggu sudah jelas, namun secara medis untuk bisa di katakan sebagai kesimpulan dari hasil suatu lasik itu minimal 3 – 6 bulan dan itu sudah stabil.

      jadi sabar dulu, tentu setelah lasik khan ada kontrol ulang nya dan disitulah perkembangan mata istri anda akan di evaluasi terus .
      Yang terpenting pemakaian obat tetesnya dan kondisi enviroment matanya saja di buat se kondusif mungkin.
      Apakah ini kondisi normal, bisa jadi yaaa, karena masih dalam proses penyembuhan…

      Semoga membantu

        • Kastam PenulisBalas

          @feril,
          kalau itu bisa di bicarakan dengan marketing kami.
          Silakan datang aja ntar ngobrol yaaa…
          Atau khan sekarang ada promosi… murah, bahkan termurah di Indonesia 🙂

  5. Victor Balas

    Terima kasih mas untuk masukkannya…. saya coba tunggu dulu hingga 3 bulan dan nanti saya info lagi,,,,,,,,,,

  6. Raisa Balas

    Mas, mau nanya,,,
    Yang boleh dilasik minimal minus berapa???
    Ada efek sampingnya ga???
    Sakit ga???
    Ada kemingkinan kembali minus lagi ga???
    Apa di mata nanti ada bekasnya atau jadi gimana gitu matanya???
    Sebenernya ada ga cara lain nyembuhin mata minus selain lasik???
    Tolong dijawab ya…
    Makasih…

    • Kastam PenulisBalas

      @Raisa,
      Wah, ini bukan peprtanyaan komentar tapi bisa jadi postingan.
      Ok lah.
      1. yang boleh di lasik minimal minus -100 an, umumnya orang yang masuk masuk militer. kalau orang umum, umumnya -150 keatas.

      2. Efek samping lasik yang umum adalah, adanya under atau over koreksi, artinya bisa jadi kurang atau gak sampai normal atau kelewatan misal dari minus jadi ada plus. namun itu sedikit misal + 0.25 atau +0.50. Dan kalau lebih dari +- 1.00 biasanya ada jaminan untuk lasik ulang (garansi) dengan syarat kornea masih cukup tebalnya.

      3.Sakit gak?, secara umum saat lasik tidak sakit. yang di rasakan hanyalah rasa kurang nyaman karena teregang oleh penyangga kelopak mata, karena harus di buka terus. dan cuman dikit perih aja.

      4. Kemungkinan kembali minus ke semual tidak cuman ada penelitian dan di istilahkan adanya regresi itu 1/1000 bisa jadi. namun kalau jadi minus -1.00 atau sekitarnya bisa saja, jika memang kondisi matanya masih belum stabil.

      5.Bekas flapnya secara kasat mata tidak tampak, namun dokter mata bisa jadi bisa melihatnya dengan alat slitlamp, dan itu gak masalah.

      6. cara lain belum tahu, kalau alternatif saya belum bisa komentar.

      boleh lihat lengkap di http://icarelasik.co.id
      🙂

  7. feril Balas

    apa tiak berbahaya taw kwmungkinan buta???
    truz apa ada kemunkinan malptaktek atw spesialis matax dah profsional truz rumah sakit mana aja yang udah memiliki teknologi ini kecuali jakarta coz q ada dimalang

  8. Pingback: fnwmqjko

  9. widia Balas

    mau tanya saya pakai kacamata dr umur 10thn sekarang umur28thn sudah operasi lasik sekitar 1tahun yg lalu,, dengan minus hampir 8, sekarang normal tidak pake kacamata lg,,yg mau saya tanyakan kalo sering maen komputer atau laptop kira2 mata bisa kembali minus egak yah saya takut bgt deh tp klo sehari egak buka laptop kayanya egak bisa deeh

    • Kastam PenulisBalas

      @widia,
      umumnya kalau udah satu tahun tidak ada perubahan itu artinya kondisi mata sudah stabil refraksinya.
      namun demikian tetep waspada, karena sebelumnya anda mempunyai ukuran cukup tinggi.
      Paing tidak jika di depan komputer setiap minimal 2 jam itu anda istirahat dengan melihat jarak jauh sekitar 15 menit.
      Semoga membantu

  10. jamal Balas

    yth, admin…mau tanya..
    1. di bola mata saya ada tumpukan lemak yang selalu merah klo kering, klo mau di lasik apa tidak menimbulkan efek samping yah, kata dokter ditempat saya itu diakibatkan oleh efek sinar uv matahari…
    2. saya pernah konsultasi dengan sejawat sp mata ditempatku tentang lasik apa perlu buat saya trus beliau menyarankan tidak perlu karena nanti akan kembali normal lagi menjelang usia tua saat peralihan minus ke plus…dan klo cuma min 1 masih blum perlu utk lasik..
    3. apa ada cara utk membuat mata lebih bening dan lebih cerah…

    • Kastam PenulisBalas

      @jamal,
      Tumpukan lemak bisa jadi pterigium, coba cari di blog ini atau pinguekula… lihat cirinya ntar dan sesuaikan dengan keadaan anda.

      Memang – 1.00 masih kecil, kecuali yang mau masuk tentara dan sejenisnya baru lasik. Tapi kalau di bilang ntar tua bisa hilang karena ada plus itu kurang benar. Yang benar adalah bahwa -.100 nya mungkin masih ada dan itu untuk melihat jauh tetep perlu kacamata, namun saat baca misal anda ntar umur 40 tahun yang biasanya perlu kacmata baca +1.00 maka khusus untuk anda saat baca tidak perlu kacamata lagi karena kebutuhan +1.00 nya di cover dengan ukuran jauhnya yang -1.00, sedang orang seusia anda yang sejak awal tidak pakai kacamata untuk jauhnya maka akan perlu kacamata saat baca. Mungkin itu yang dimaskud teman sejawat anda.

      Untuk bikin mata bening dan kalau sekarang udah keruh yaaa kayaknya tidak ada, kecuali membuat tidak semakin keruh dengan memperhatikan lingkungan dan kebersihan tentunya, seperti tidak merokok dan sejenisnya.

  11. sutopo Balas

    Untuk admin, mau tanya
    1. Mata saya minus 18, silindris 4, glukoma, trus kata dokter sarafnya juga lemah. Giman cara pengobatan yang terbaik ya?
    2. Apa dengan lasik, mata saya jadi bisa normal?
    Trima kasih atas jawabannya

    ttd

    • kastam12 PenulisBalas

      @sutopo,
      Kalau untuk minus segitu, pilihan terbaik adalah RLE, silakan cari di blog ini apa itu RLE sudah saya bahas.

      Untuk lasik pasti tidak bisa, pertama ukuran dan tebal kornea pasti tidak cukup.
      Kedua ada glaukoma, sedangkan untuk proses lasik itu ada vacum ke mata yang menimbulkan tekanan bola mata meningkat, sedang orang glaukoma itu punya tekanan bola mata yang tinggi pula, jadi tidak bisa… Nah, kalau untuk RLE nanti juga akan di lihat seberapa tingginya tekanan bola matanya….
      Silakan konsultasi dulu… itu mas glasessman,,.. karena jauh nun di sana jadi belum RLE dari dulu tuh… he he he …
      :tkp

  12. erika Balas

    saya mau tanya nich…
    usia minimum untuk operasi lasik brpa y??
    umur 18 thn bleh gak??
    tlg d jwb ya…

  13. Kastam Balas

    Yaaa anda benar…
    usia minimal 18 tahun atau kondisi refraksi atau ukuran kacamatanya sudah stabil, kalaupun naik maksimal -0.75 D.
    kalau mau diskusi banyak silakan chatting aja ke kastamro (YM)

  14. erika Balas

    tp klw qta operasi pd wktu umur 18th atau ukuran kacamatanya belum stabil, minus nya bisa kembali seperti semula lagi ya??? dan katanya juga gak boleh d lasik sampe 2 kali??

  15. Kastam Balas

    @Erika: Bukannya akan kembali lagi, namun jika pas selesai lasik normal sedang kan mestinya mata masih kemungkinan ada penambahan minus maka akan ada minus lagi walaupun memang tidak akan sama dengan yang sebelumnya, yang pasti dibawah yang pertama.

    Untuk lasik kedua itu dimungkinkan saja, asal tebal kornea masih cukup dan kondisi mata masih layak untuk lasik ulang.
    Karena ada garansi untuk lasik ulang dlam jangka 1 tahun jika ada muncul minus lagi minimal -1.00 dan tebal kornea masih cukup.

    • Kastam PenulisBalas

      Mulai 12 juta untuk kedua mata… lebih lengkapnya silakan hubungi 021 5307171. tks

  16. Thomas Balas

    mas, saya pemakai kaca mata sejak smp, ingin sih lasik nanti pas kuliah (sekarang saya sma kelas 3), saya juga lagi ngumpulin uang sendiri (mana dikasih sama ortu… :D)

    saya liad dari videonya kok kayaknya nyeremin banget yah…
    sakit enggak sih ? kan kalau mata enggak di meramin, jadi perih gitu ya ?
    saya pertama kali masang kontak lens aja susah payah, sampai dibantu 2 mbak yang jaga opticalnya… serem sih masukin sesuatu yang asing ke mata gitu…
    tentunya dari banyaknya testimoni, kemungkinan berhasil itu tinggi kan ya ?

  17. Kastam Balas

    @Thomas:
    Memang kelihatannya video itu nyeremin.. tapi itu edukasi aja dan faktanya sih gak sakit kok, udah di bius tetes…. hanya kurang nyaman aja…

  18. modestha Balas

    Aq umur 25thn dan minus aq udh lebih dr -10 sebenar’y,tp aq pake softlense -10 skrg.aq gk nyaman bgt sm mata ku..sebaik’y gmn yah mas..kl di lasik itu sakit gk??? Dan kemungkinan sembuh’y brp persen…? dan suatu saat nanti kl aq pnya anak,kr2 berpengaruh gk yah sm kesehatan mata’y Anak ku??

    • Kastam RO PenulisBalas

      @modestha,
      Proese lasik tidak sakit sama sekali, yang mungkin dirasakan hanya tidak nyaman ketika kelopak kita di beri penyangga karena harus bebas dari bulu mata, namun jika bukaan matanya lebar maka akan nyaman saja.
      Saat operasi di berikan obat bius tetes sehingga walaupun mata di sentuh tidak sakit, hanya berasa …

      Untuk kesembuhan bisa di bilang 95% dan tentunya itu tergantung tebal kornea anda, misal minus tinggi tentunya perlu kornea yang sangat tebal untuk di ablasi atau di kurangi, namun jika korneanya kurang maka target yang di buat tidak akan bisa habis atau nol.

      Mengenai nanti anak anda, jangan di pikirkan sekarang, memang faktor hereditas atau keturunan itu ada, seyogyanya anda berdoa semoga anak anda tidak ikut gen anda, untuk yang minus tinggi ni.

    • Kastam RO PenulisBalas

      @anik,
      wah ini komentar singkat yaaa..
      apa lagi tes atau ujian yaaa..

      Nah, rabun apa nih… coba buka di blog ini mengenai myopia, hypermetropia yaaa… nanti pasti tahu.

  19. Violin Putri Balas

    halloo..
    saia mau taNya..
    boLeh pake anestesi geNeraL gak ya..??
    trimakasih.. ^_^

  20. Kastam RO PenulisBalas

    @Violin:
    Tidak perlu, cukup topikal, tetes saja, karena sebenarnya tidak sakit sama sekali, hanya jika maaf kelopak matanya agak sempit akan terasa teregang dengan penyangganya aja, sedang ke matanya tidak sakit mungkin hanya berasa tapi tapi tidak sakit.
    Demikian kira-kira…

    • suci afianti Balas

      kalu dokter sendiri prakteknya di rumah sakit mana? apa dijamin dengan lasik men saya bisa sembuh total,karena saran dari dokter harka harus lasik karena sudah minus 9 sama 8 dok,terima kasih

      • Kastam RO PenulisBalas

        saya bukan dokter.
        saya di i care lasik
        target bisa normal atau nggak bisa di prediksi atau di kalkulasi sebeluumnya.

  21. tyara Balas

    mau tanya kira2 ada batasan umur ga sampe umur berapa gitu klo mau di lasik ?

      • suci afianti Balas

        dokter,saya suci afianti bulan juli saya mau klasik di sultan agung,saya mau operasi mata dengan dokter harka.apa operasi lasik bisa satu mata dulu,kalau sudah berasil baru mata satunya.terima kasih

        • Kastam RO PenulisBalas

          bisa saja satu mata dulu.
          namun langsung dua mata lebih bik, disamping tidak repot, tidak perlu persiapan dua kali, sekiranya ada ‘stress’ saat seseorang au operasi tidak perlu dua kali juga

  22. R@nie Balas

    mohon petunjuk, mata kanan dan kiri saya sekitar min 6, apa bisa normal menggunakan lasik?, bagaimana prosedurnya? dmana tempat yang bagus untuk lasik mata?

    mohon diinfokan ke email/fb : ranie.yusnidar@gmail.com

    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *