Lensa Kacamata Menurut Fungsinya

SunglassSudah menjadi hal yang biasa, apa yang kita gunakan tentu ada manfaat atau fungsinya, sama halnya dengan kacamata, yang dalam hal ini adalah lensa kacamata itu sendiri. Mengapa kita pakai putih, warna, klip on, jauh dekat dan sebagainya itulah fungsinya kacamata yang selengkapnya di bawah ini.

Pada dasarnya kacamata mempunyai fungsi:

  1. Melindungi mata
  2. mengoreksi kelainan refraksi


Melindungi, tentu agar mata kita terlindungi dari berbagai hal yang membahayakan atau agar mata kita tetap baik dan sehat, terlindungi dari sinar yang membahayakan terutama kita sudah tahu sinaar itu yaitu Ultra Violet dimana sinar itulah yang bisa menyebabkan lensa mata kita menjadi keruh dan akhirnya katarak. Dengan Kacamata kita bisa terlindung dari polusi lingkungan, bayangkan di jalan kalo kita sedang mengendarai motor yang tidak pakai helm tertutup, atau saat jalan di pinggir jalan dimana debu asap dan sebagainya yang beterbangan bisa saja masuk ke mata dan itu bisa membahayakan mata kita.

Lensa yang di kategorikan untuk melindung antara lain:

  • lensa warna, bisa dari plastik yang di beri warna atau yang berubah warna (colormatic)(plastik dan glass)
  • lensa dengan coating dan sekaligus anti UV
  • lensa yang memang bahannya sudah anti UV

Mengoreksi Kelainan Refraksi, untuk fungsi ini justru yang sudah di kenal sejak dulu, artinya orang yang berkacamata umumnya sudah bisa di pastikan bahwa dia punya kelainan refraksi. Nah, di sini kacamata bisa untuk mengoreksi kelainan refraksi seperti myopia, hipermetropia, astigmatism, prisma, dan presbyopia.

Soooo, buat anda yang memang ada kelainan refraksi pada mata anda maka kacamaat yang anda pakai masuk dalam kategori berfungsi untuk mengoreksi kelainan refraksi, meskipun hal ini juga sekarang sudah dikombinasikan, misal yaaa minus yaaa UV blok atau yaaa minus yaaa berwarna gelap, dan sebagainya.

Tapi, bagi yang tidak ada kelainan refraksi andapun juga harus perhatian dengan mata anda dengan memekai sunglass saat keluar rumah dengan matahari yang terik, atau kalo mau perjalanan dengan motor.

Selanjutnya … terserah anda…

10 Komentar

  1. Kastam PenulisBalas

    Lensa polycarbonate bisa di lihat di :
    http://optikonline.info/2008/05/27/lensa-polycarbonate.html
    Singkatnya: bahannya dari plastik, namanya poly berarti dari banyak monomer yang tentu untuk komposisinya itu sangat rahasia dari hak patent masing-masing produk.
    jadi Polycarboante itu bahannya , nah di lapangan merknya bisa macam-macam ada airwear dari essilor dan sebagainya.
    Di proses dari semacam plastik kecil kayak pelet dan dengan sistem thermal atau panas dan sebagainya…
    Lihat di postingan atas yaaa…

  2. bagoes Balas

    ga kurang tuh fungsinya bos? fungsi kosmetiknya ko ga dimasukin, skrang kebanyakan kosmetiknya diduluin baru yg lainnya, bener ga!

  3. Kastam PenulisBalas

    Wah,bener mas bagoes…
    Fungsi kosmetik, meskipun tidak dalam konteks kesehatan jadinya.
    Setuju, jadi di update yaaa…
    terima kasih.
    🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *