Benda Gelap Terbang (Floaters)

Mungkin anda pernah mengalami atau pasien anda atau orang tua anda yaitu melihat benda kecil beterbangan di depan kita, dan sebagaian dari kita ada yang menganggap ada nyamuk atau lalat di depan kita dan ingin menangkapnya, tapi ternyata setelah di tangkap tidak ada apa-apa.

Hal ini akan semakin terlihat jika kita melihat kearah yang mempunyai warna yang seragam, misal tembok, langit atau apa saja yang mempunyai warna yang sama.

Benda beterbangan ini di sebut floaters , hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya penggumpalan cairan di dalam badan kaca (Aquos Humor). Memang kelihatannya benda yang beterbangan itu ada di depan kita, namun sebenarnya di ada di belakang atau tepatnya di dalam mata kita.

Berbagai bentuk yang kadang terlihat misalnya seperti berbentuk bulat, bercak, garis dan bisa juga gumpalan. Dan kalau datangnya tiba-tiba memang cukup merisaukan kita. Namun sesungguhnya tidak usah dirisaukan. Proses timbulnya adalah pada badan kaca itu terjadi penciutan atau pengerutan karena bertambahnya usia sehingga akan menarik badan kaca dari nempelnya ke retina, nah ini yang menjadikan munculnya floaters. floaters bisa saja terjadi pada orang yang menderita myopia terutama tinggi dan habis operasi katarak, bisa juga karena adanya radang pada badan kaca, bisa juga sejak lahir.

Memang benda beterbangan ini tidak tergolong gawat, namun sebaiknya jika sangat mengganggu sebaiknya di periksakan ke dokter spesialis mata.

Nah, kalo sampai terjadi apa yan harus kita lakukan? .

Jika sangat mengganggu dan munculnya pas di tengan-tengah tentu sangat mengganggu khan, anda bisa mengalihkan posisi benda yang beterbangan itu dengan cara melakukan pergerakan mata yaitu memutar bola mata anda, sampai benda hitam yang beterbangan itu keluar dari sumbu penglihatan anda. Jika hanya sesekali munculnya maka cuekin aja, apaan tuh, biarkan aja, jangan di hiraukan , akhirnya khan gak terganggu.

Semoga anda tidak mengalami hal demikian.

17 Komentar

  1. supriyanto Balas

    iya, tante saya mengalami yang seperti itu, apakah tidak bisa diobati? beredar rumor kalo itu bisa disembuhkan dengan cara mengeluarkan bola mata dan dicuci bolamatanya, haha..

  2. Kastam PenulisBalas

    Ke dokter aja tantenya mas,
    di aksih obat tetes, kadang di cuekin aja juga ilang

    Kalo bola mata di keluarin… entar kayak film hororrrrr dong.

  3. zeinitza Balas

    wah kebetulan saya mengalami yang seperti ini mas. Kalo mas ceritakan kayaknya tidak berbahaya tapi.. bukannya kalo semakin bertambah bisa menarik retina sehingga terjadi ablasio retina mas..

    gimana tuh mas punya tips nga biar yang sudah mengalami floaters tidak bertambah floatersnya. sejauh ini saya tiap hari konsumsi vitamin mata

    • Kastam PenulisBalas

      @zeinitza,
      Sebenarnya ablasio atau yang akan ablasio gejalanya adalah adanya floaters itu. Dan umumnya orang yang punya minus tinggi.

      Sebaiknya periksakan kondisi retinanya, kalau bagus semua yaaa gak usah kwatir, namun jika ada lapisan retina yang tipis, atau ada hole/lubang, maka segera di laser retinanya biar kuat.

  4. Muhammad Nazif Balas

    Saya usia 40 th, mengalami hal yang sama, terutama mata kiri bercak hitamnya lebih jelas, saya berminat menjalani lasik, apakah pengaruhnya setelah di lasik terhadap bercak tersebut ? apakah bisa berkurang dan sampai minus berapa yang bisa menjalani lasik ini ?

    • Kastam Balas

      @Muhammad Nazif,
      Operasi lasik sama sekali tidak menyembuhkan keluhan floaters.

      Lasik sendiri mampu sampai minus -13.00 dan tentu tergantung pada tebal kornea anda, jika cukup bisa saja habis sampai normal, namun jika korneanya kurang tebal maka akan masih sisa.
      🙂

  5. Eza Balas

    mas,bagian mata saya kemarin terkena bola saat bermain futsal. dan setelah itu mata saya sebelah kanan jadi muncul seperti bercak2 hitam dibagian bawahnya. yang ingin saya tanyakan disini apakah berbahaya jika terus dibiarkan?. terus solusi selanjutnya jika berbahaya bagi mata saya bagaimana mas? . mohon bantuannya ya.terima kasih.

    • Kastam Balas

      @Eza,
      kalau ada bercak – bercak hitam di bawah atau di bagian putihnya, itu mungkin awalnya ada trauma pas kena bola main futsal, sehingga dari trauma itu membekas di situ karena bisa jadi ada pembuluh darah atau sub konjungtiva bleeding, kalau demikian maka tidak apa-apa.

  6. Hani Balas

    Sudah 2 bulan ini di kedua mata saya terlihat serabut2 hitam beterbangan. Periksa ke dokter mata diberi obat tetes vitrolenta dan cendoberry untuk 1 bulan, tapi tidak ada perubahan malah mata jadi sering merah & perih terutama waktu bangun tidur & malam hari. Datang lagi ke dokter, diberi obat tetes polynel dan cendoberry untuk 1 bulan, tapi tetap tidak ada perubahan baik floatersnya maupun mata merahnya. O ya mata kanan saya minus 0,75 silindris 2 dan kiri minus 4 silindris 1. Bahaya ga ya yg saya alami ini, mohon saran..

    • Kastam Balas

      @Hani,
      memang begitu bu… floaters ini,
      Kalau tidak penderita minus tinggi umumnya tidak.
      kalau minus tinggi di kawatirkan retinanya yang ikut berperan.

      Obat yang di berikan memang jenis itu, dan saya kira perlu cek rutin aja.

      Jika melihat objek putih atau seragam, alihkan yang berwarna aja atau yang beragam warnanya, maka akan terasa hilang.
      🙂

      • Hani Balas

        Oh gitu ya. tapi ada ga perbedaan floaters yang tidak membahayakan dengan floaters yang menunjukkan gejala penyakit tertentu, soalnya khawatir nih… dan kalau floaters yang ga membahayakan bisa hilang ga?
        Terus minus tinggi yang dimaksud itu minimal minus berapa ya?
        terima kasih 🙂

        • Kastam Balas

          @Hani,
          Tentunya dengan memeriksakan paling tidak adalah retina.
          Selain itu bisa di atasi juga adanya tekanan tinggi yaitu glaukoma.

          Hilang sendiri…?, tergantung sel mati/penggumpalan atau berubahnya aquos humor itu yang bisa menjadikan hilang atau tidak.

          Jadi kalau retina baik dan glaukoma tidak dengan di tandai tekanan bola mata jauh di bawah 20 mmHg.

          Untuk minus tinggi di atas – 6.00 D
          🙂

  7. Eza Balas

    @Kastam,
    Maksud saya disini bercaknya bukan di bola matanya mas,tapi pada pandangan saya ada sedikit bercak2nya. bagaimana cara pengobatannya ?

    • Kastam Balas

      @Eza,
      Oh pandangannya… kalau itu namanya floaters.
      Silakan ke dokter mata dan nanti akan di beri obat tetes.
      Semoga lekas hilang..
      🙂

  8. adjis Balas

    umur saya 50 th lebih dikit, mata sebelah kanan sy sedikit ada bercak hitam dibawah bola mata item,setelah seminggu pecah menjadi bayang2 item tipis sangat mengganggu penglihatan sy terutama malam,sudah kedokter 3x dikasih obat vitrolenta dan non cort,sampai sekarang blm ada hasilnya,maaf solosi terbaik gimana mas..tnk.

    • Kastam RO PenulisBalas

      Saya pikir bapak sudah ke dokter itu sudah tepat, namun karena belum sembuh bisa jadi ada obat yang belum pas, sebaiknya kontrol lagi pak, atau bisa second opinion ke dokter mata yang lain. tks

  9. lina Balas

    Pak, saya mau tanya ,saat ini minus saya sebelah kanan 900 yang kiri 425 sama silinder 250, kemarin sudah ke dokter mata buat cek floaters sama kondisi mata saya, saya ingin tau foto mata dan cek syaraf mata itu apakah sama dengan cek kondisi retina karena kmaren saya difoto matanya, kata dokter sih syaraf mata gapapa cuman saya masih takut aja, sama dokter dikasih vitrolenta, tapi kmaren sempat lupa tetes apa tidak apa apa, terimakasih dok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *