Penyebab, Tanda dan Gejala Strabismus

Kemarin kita udah singgung tentang apa itu strabismus, nah sekarang kita ingin membicarakan apa saja yang umumnya menyebabkan strabismus, tanda dan gejalanya.

Otot-otot mataKonon katanya penyebab secara pasti belum di ketahui, namun beberapa ayng akan di singgung berikut juga bisa di kategorikan sebagai penyebabnya.

Untuk satu mata kita mempunyai enam otot mata, yang kesemuanya bertugas untuk mengatur pergerakan mata. Baik bergerak ke kanan, ke kiri, ke atas, ke bawah dan bergulir. Ada Musculus Rectus Nasal, Lateral, Superior dan Inferior, serta Musculus oblique superior dan inferior.

Agar kedua mata itu dapat fokus terhadap satu objek yang di lihat, maka semua otot bersinergi bekerja bersama-sama dan di kontrol oleh otak. Nah kalo otot ini ada yang lemah maka tentu kondisi mata tidak bisa lurus ke pusat objek yang di lihat, mak akan kelihatan salah satu mata (yang ototnya ada maslah) akan lari atau bergulir.

Strabismus yang sering terjadi pada anak dengan kelainan otak misal, cerebral palsy, Hydrocephalus, tumor otak atau pada anak yang lahir prematur. Bisa juga karena ada riwayat keluarga yang strabismus.

Tanda dan gejala strabismus adalah terlihat mata yang tidak lurus, artinya bila melihat objek tertentu satu mata terfokus dan mata lainnya tertuju ke objek lainnya.  Untuk anak-anak akan memicingkan satu matanya di saat matahari terik atau memiringkan lehernya jika ingin menggunakan kedua matanya.

Selanjutnya apa saja jenis-jenis strabismus, cara menanganinya dan efek samping setelah itu, nanti diposting yang akan datang yaa InsyaAllah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *