Lensometer

Bagi para RO, ini sudah biasa, namun mungkin ada pembaca yang lain yang ingin sedikit tentang lensometer maka saya akan singgung di sini.

Lensometer DigitalLensometer adalah jelas alat yang di gunakan untuk urusan pengukuran lensa. Namun dalam prakteknya Lensometer tidak hanya sekedar untuk mengukur ukuran minus plus cyl dan axis saja tapi lebih dari itu. Lensometer di pasaran dan yang di pakai di optik aupun di klinik banyk sekali macamnya mulai dari yang model ngintip, kayak apa aja, baik pakai baterai ataupun listrik dan sampai model digital baik yang semiotomatis maupun yang otomatis. Saya sendiri sudah pernah mengalami yang ngintip saat di kampus di ARO Surabaya, terus yang manual tapi tidak ngintip di Optik melawai dan juga otomatis juga. Nah sekarang di klinik pakainya juga yang otomatis. Kembali ke beberap fungsi lensometer antara lain:

  • Untuk menentukan power lensa itu baik minus, plus, cyl
  • menentukan axis dari hasil pengukurun dan arah axis
  • Mengukur power prisma beserta basenya
  • menentukan posisi titik fokus suatu lensa
  • melihat kwalitas lensa
  • dll


Nah, bagi anda yang pakai lensometer digital tentu gak usah repot menulis resep hasil pengukuran, sudah tercetak dalam kertas tanpa pikir-pikir lagi.

LensometerTapi, bagi anda yang masih pakai manual dan apalagi ngintip maka berikut sedikit, untuk mengingatkan kembali bagaimana cara menulis resep dari hasil intipan kita.

Setelah lensa di pasang, maka putar knob power cari sampai gambar yang ada di dalam itu jelas jika gambar itu berupa titik-titik bersih maka lensa itu adalah Spheris dan untuk hasilnya lihat aja di knob powernya menunjukkan angka berapa misal -2.00 maka Rxnya adalah S-2.00 D .

Tapi jika gambaran yang ada di dalam itu bukan berupa titik-titik jelas, namun berupa garis atau buram terus gak ketemu yang jelas, maka ikuti langkah berikut, lensa ini adalah lensa cylinder:

  • Putar power ke arah yangmendekati terjelas
  • Putar axis dan temukan ada garis terjelas dan antara bentuk ring tengah dengan garis panjangnya yangsebanyak 3 itu lurus persis jalur rel kereta api
  • Perhalus power sampai gambar garis itu paling jelas
  • catat ukuran yang di dapat dan arah axisnya berapa, misal -1.00 pada 180 derajat
  • Seperti yang pernah diposting sebelumnya lensa cylinder itu punya dua kekuatan pada meridian yang saling tegak lurus maka putar powernya lagi agar pada axis yang tegak lurusnya dalam hal ini 90 adalah terjelas garisnya dan catat power yang di dapat, misal -2.00 D
  • Tugas intip-mengintip selesai.
  • Selanjutnya menentukan atau menulis resep dari hasil pengukuran tadi, caranya? gunakan rumus berikut, untuk cyl minus: ( S……. C- …… X ……)
  1. Spheris di tentukan pada Aljabar terbesar
  2. Cylinder ditentukan dengan cara menghitung selisih dua angka yang di dapat
  3. Axis dipilih pada hasil pengukuran pada aljabar terkecil

Aljabar terbesar dan terkecil itu berhubungan dengan garis bilangan, masih ingat khan saat di Sekolah Dasar dulu. Di sebelah kiri arahnya kecil dan di sebelah kanan hasilnya besar. Contoh: -1.00 itu lebih besar dibanding -2.00, maka resepnya adalah: Rx: R/ S-1.00 C-1.00 X 90 Untuk cylinder Plus, yaaa transposisi aja, masih ingat khan udah saya bahas di posting sebelumnya cari aja di searchbox kanan atas dengan keyword ” transposisi”. Ada yang mau menambahkan, oh yaaa untuk Bifokal, Progressive , ntar aja kali……

21 Komentar

  1. ade Balas

    hai temen temen RO bisa tolong saya minya cariin dimana tempat penjual alat periksa mata komputer di daerah jawa barat solanya saya baru buka cabang di bandung….makasih banyak

  2. Kastam Balas

    Mas ADE, silakan hubungi saudara saya Handoko, No Hp: 081386209386
    Terima kasih.

    Bilang dari saya info ini biar dapat Diskon.
    🙂

  3. Kastam Balas

    Atau Hubungi Mas Agus Setiawan di Hp: 08159104837.
    Semoga membantu, dan jangan lupa sampaikan dari web ini agar anda mendapatkan harga yang special tentunya….. 🙂

  4. agus salim Balas

    hallo sahabat semua gue mau tanya harga lenso meter yg manual berapa ya? sama yg digital berapa? oya sama harga trialenset?

  5. tri kacamata Balas

    lenso saya udah 3 tahunan sekarang g bisa nyala,minta saranya bisa diperbaiki g ya pa harus beli lagi???

  6. anita Balas

    Hallo mas katam,,,
    Cara mengkonversi ukuran spt d bwh ini :
    R/cyl+200×170
    L/+050cyl+050×10
    Add+300
    Klo untuk jauhnya bagaimana pasti axis ikut berubah ya sy lupa cara mengkonversinya?trims

    • Kastam RO PenulisBalas

      Setelah di konversi atau di transposisi maka menjadi :
      R/ +2.00 -2.00 x 80
      L/ +1.00 -0.50 x 100
      Add +3.00

      Tks

  7. rico okamara Balas

    mas kastam. saya mw nanya, saya sering dpatin pesanan kacamata yg lensanya lensa rx atau lensa gosok jdi saya bingung karna lensa hrs dipesan dulu!!! apa sih sebenarnya rumus transposisi lensa itu mas? contohnya:
    R|L=+300cyl+100axis 90 add+300
    R|L=+300cyl-100axis 90 add+300
    kalau ditranposisikan ukuranya jadi berapa sih mas?, tlg dijawab ya mas trmksh untuk sebelumnya.

    • Kastam RO PenulisBalas

      pembahasannya ada kok di blog ini.
      R/L: +4.00 – 1.00 x180 add +3.00
      R/L: +3.00 – 1.00 x90 add +3.00

  8. ikanlaut Balas

    mas mau tanya berapa ya harga lenso yang kecil yang compac bisa dibawa kemana-mana mohon kalau ada daftar harga sama jenis2nya reply ke email saya ya mas,, matur suwun saget

  9. ikanlaut Balas

    sekalian juga harga mesin passet atau kelengkapan untuk usaha optik,, yang kecil2 saja ya mas,, di emailkan daftar harga sama modelnya thanks

  10. regal ar Balas

    mas kastam boleh minta no hp nya gk?
    mau tanya terkait alat2 optik…so no yang di atas gk bisa du hub…
    ini no pribadi saya mas
    082336928038

  11. Kang Saeful Balas

    Pak Kastam mohon informasinya biaya untuk membuka optik & alat-alat apa saja yg harus disediakan untuk membuka optik mulai dari 0 (nol Dan informasi tempat kursus pemasangan dan pembuatan optik di kota Bandung.
    Sebagai informasi tambahan saya sudah setahun lebih menjadi reseller kacamata toko oranglain dan ingin membuka usaha optik sendiri tapi belum tahu bagaimana cara paset lensa.

    Mohon jawabannya dikirimkan ke email saya.
    Terima kasih banyak. Semoga Allah membalas kebaikan Bapak Kastam. Aamiin ^_^

    Semoga

  12. Dwi handayani Balas

    Pak kastam info dong harga lensometer yang manual berapa ya? Dan trial lens yg alumunium? Makasih infonya pak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *