Glaukoma

Anda kenal dengan penyakit mata yang satu ini?

Glaukoma Dia adalah penyebab kebutaan di Indonesia nomer 2 setelah katarak. Penyakit ini termasuk kelompok penyakit saraf mata yaitu saraf optik yang kronik da progressif dimana resiko utama adalah tingginya tekanan bola mata. Kalo katarak bisa di sembuhkan dengan operasi katarak, namun kalo glaukoma kebutaannya tidak bisa di sembuhkan tapi bisa di cegah dengan mengontrol faktor resikonya.

Apa penyebabnya?

Dalam mata kita ada yang namanya Aquos Humor, cairan kayak jel ini di produksi oleh organ di dalam mata yaitu badan ciliaris. Kemudian cairan yang di hasilkan ini keluar melalui jaring-jaring ke bilik mata depan. Gangguan sistem pembentukan dan pembuangan cairan aquos humor ini dapat menyebabkan tekanan bola mata yang tinggi. Gampangannya satu wadah rapat, di isi terus dan lubang keluarnya tertutup maka wadah itu akan mengeras.

Jenis – jenis Glaukoma 1. Glaukom Primer Sudut Terbuka

Ini biasa terjadi pada usia lanjut, dan disebabkan karena adanya gangguan pada sistem pengeluaran aquos humor sehingga tekanan bola mata meninggi secara perlahan.. Akibatnya saraf optik jadi rusak, perlahan namun pasti karena tidak ada rasa sakit, lama-lama saraf penglihatan rusak dan buta.

2. Glaukoma Primer Sudut Tertutup Akut

Ini yang banyak terjadi di Asia dan Indonesia. Sudut bilik mata depan tertutup secara mendada, jadinya tekanan bola mata menjadi tinggi, dan gejala yang akan terjadi dan bisa dirasakan penderita adalah:

  • tajam penglihatan menurun
  • kayak ada pelangi di sekeliling lampu
  • sakit kepala
  • mual kadang muntah

Karena mendadak maka segera ke dokter jika mengalami hal seperti ini, karena begitu terlambat, maka akan mengakibatkan kebutaan.

3. Glaukoma Primer Sudut Tertutup Kronik

Prinsipnya sama dengan nomer 2 di atasn tetapi sudut bilik mata depan tertutup secara perlahan. jadi pasien juga tidak merasakan gejalanya, dan saraf optik yang rusak yaaaa bersifat perlahan.

4. Glaukoma Sekunder

Glaukoma akibat penyakit lain, atau komplikasi dari:

  • Kecelakaan atau trauma
  • obat yang mengandung steroid ( obat inhaler asma, misalnya)
  • tumor
  • radang mata
  • diabetes yang tak terkontrol

5. Glaukoma Kongenital ( Sejak Lahir)

Terjadi karena sudut bilik mata depan terbentuk tidak normal sejak lahir, dan bisa di liaht tanda-tadanya misal bola matanya lebih besar dari normal, kornea tidak jernih, takut dan keluar air mata jika melihat cahaya. Secara umum ada orang yang mempunyai resiko untuk galukoma yaitu:

  • Umur di atas 40 tahun
  • Keluarga ada riwayat glaukoma
  • Tekanan bola mata tinggi
  • pemakai steroid lama dan terus menerus
  • Myopia atau Hypermetropia tinggi
  • pernah ada trauma ke mata
  • ada diabetes, hypertensi dan migren

Untuk perlu anda secara rutin periksa ke dokter mata untuk test sebagai berikut:

  • Ukur tekanan bola mata dengan alat tonometri kontak atau non kontak
  • Lihat keadaan sudut bilik mata depan, dengan gonioskopi
  • lihat lapang pandang dengan perimetry
  • periksa saraf mata dengan scan Heidelberg Retinal Tomography (HRT) atau OCT

Menangani Galukoma

Periksa rutin ke dokter mata , bagi penderita glaukoma ini harus dilakukan seumur hidup. Sebenarnya sraf mata yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki, di sini hanya ingin mengontrol agar tekanan bola matanya pada taraf aman. tindakan yang dilakukan bisa obat tetes, laser, operasi atau kombinasinya di lihat perkasus. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

  1. marchooooooooo Balas

    bagus banget aku jadi mudah kerjain tugasnya makasihhhhhhhhh yaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  2. rangga Balas

    ada tidak kontak lens yang warna hitam semua tanpa ada celah untuk retina, buat menutupi mata yang glaukoma sebelah biar, mata yang glaukoma sebelah (putih) jadi hitam seperti mata sebelahnya.

  3. Kastam PenulisBalas

    Lensa kontak yang anda maksud adalah lensa kontak Protesa, silakan hubungi optik besar misal Melawai dulunya ada, tapi sekarang kurang tahu. Ok

  4. kurnia hasan Balas

    Hallo Mas,sodara aku ada yg kena glukoma akibat trauma Utk Mata sebelah kanan,setelah dicek kedokter rupanya lensa matanya bergeser dan hrs segera dioperasi (ktny operasinya spt operasi katarak)apa dgn operasi it menjamin glukomanya sembuh?Kira kira kena gak yah ke mata sblh kirinya?tq

  5. Kastam Balas

    @ Kurnia:
    Kalo lensa di dalam mata bergeser atau dislokasi dan dokter menyatakn bisa di operasi, maka proses operasinya memang seperti operasi katarak, kalau lensa rusak maka di ganti dengan IOL,atau bisa jadi harus diganti dengan IOL.
    Tapi operasi katarak tidak berhubungan dengan kondisi glaukoma, coba lihat di topik glaukoma, dan komentar yang ada di bawahnya.
    Jadi glaukoma harus di jaga kondisi aja, karena tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dipertahankan.
    🙂

  6. kurnia hasan Balas

    makasih atas penjelasannya,tapi mas sebelumnya sodara saya ini tak pny keluhan dgn mata kirinya mengingat trauma ini hanya terjadi pd mata kanan saja,tp akhir2 ini dia jg mrsakan ada keluhan jg dgn mata kirinya,apa memang ada pengaruhnya yach ke mata sblh kiri?krn sblm ada kejadian trauma itu dia tdk pernah merasakan ada keluhan2.mas bs ga dimuatin apa aja sih pantangan2 bagi mereka yg terkena glukoma?oya mas saya pernah dengar mereka yg matanya terkena glukoma tdk boleh kecapean apa itu benar?tq

  7. Kastam Balas

    @ Kurnia:
    Memang sepintas yang kena trauma mata kanan saja, tapi mata kanan dan kiri itu khan nggak jauh, kalau ada trauma atau goncangan hebat tentu bisa saj kena dua-duanya, namun mungkin yang kanan lebih parah sehingga efeknya muncul duluan, sedang yang kiri hanya menunggu waktu saja, dan pada gilirannya sama juga.

    Untuk pantangan sebaiknya jangan diperparah dengan terjadinya penyebab glaukoma itu sendiri, anda bisa lihat tulisan di atas, misal tidak memakai obat steroid karena bisa meningkatkan tekanan bola mata nya dan sebagainya.

  8. Herini Djati Balas

    Bapak sy dinyatakan glaukoma dg tekanan bola matadari 35 turun 29 , mhn penjelasan dan solusinya. mksh

  9. Kastam Balas

    @Herini:
    Turunnya lumayan bagus kalau bisa di bawah 20…
    Mungkin dari dokter mata sudah d kasih obat untuk mempertahankan tekanannya seperti timol dll… nah, kalau sampai tinggi terus maka perlu operasi .. tentunya dokter yang spesialis glaukoma lebih bagus… untuk konsultasi.

  10. Lina Balas

    Pak, mama saya yg kena glaukoma dan sekarang mulai ga keliatan/gelap. Apakah kondisi sep. ini bisa di lakukan operasi penggantian mata. Makasih.

  11. Kastam Balas

    bukan penggantian mata, paling tidak di berikan kanal atau operasi glaukoma dan di berikan obat agar tekanan stabil… tentunya ke dokter secepatnya lebih sip…sebelum kena daerah syaraf nya…

  12. ana Balas

    pak, bapak sy kedua matanya kena glaukoma skrg semntara dalam perawatan klu menurut doketer sih harus dioperasi tapi tdk bisa dijamin klu hbs opersi bisa melihat,jadi sy anjurkan bapak minum obat herbal yaitu radix vitae dgn kapsul angelica apakah obat herbal ini bisa menyembuhkan glaukoma??? maksih

    • Kastam RO PenulisBalas

      @ana:
      Saya tidak tahu persis obat itu,
      Tapi memang secara medis, glaukoma di operasi, karena terjadi penyumbatan pembuangan di dalam mata maka dibuatkan kanal.
      dan selanjutnya di berikan obat untuk menjaga kondisi tekanannya agar stabil dan rutin kontrol,
      namun jika awalnya sudah terlanjur dan sudah mengenai syaraf dan sebagainya maka biasanya bisa jadi tidak bisa bagus lagi.

  13. ana Balas

    pak kira2 apa penyebab terjadinya glaukoma soalx didlm keluargaku tdk ada riwayat keturunan penyekit mata glaukoma,soalx sy punya nenek dari bapak masih bagus penglihatannya sampe skrg bahkan dia tdk pake kacamata,kakek dari bpk matax cmn minus. tolong penjelasannya mengenai penyebab terjadinya glaukoma supaya kita bisa menghidari dari sekarang. makasih

    • Kastam RO PenulisBalas

      @ana,
      saya dah bahas diatas..

      Prinsip karena tekana bola mata yang tinggi…
      Dan bersifat individu…
      namun demikian jika sidah kena harus rajin kontrol

  14. rita Balas

    Pak saya berumur 22th mengalami gejala seperti itu,mata saya sring sakit trus kepala migren sampai akhirny muntah,,,
    Saya udah priksa kedokter dua kali namun blm ad hasilny,saya jd pesimis pak…
    Kata dokter tekanan bola mata saya sangt tinggi dan karena turunan,lebh2 lg tidak bs disembuhkan…
    Sya hrs gmn pak????

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *