Implantasi Phakic IOL

Tak ada yang tak mungkin, sepertinya ungkapan itu yang cocok untuk seorang penderita Myopia. Sama halnya yang di tanyakan pengunjung blog ini dari Makasar. Untuk itu saya coba sampaikan di posting kali ini.

Mengapa harus Implantasi phakic IOL?

Phakic IOL Orang yang menderita Myopia pilihan untuk mengatasinya adalah kacamata, lensa kontak, lasik. Nah untuk orang dengan myopia yang sangat tinggi tentu tidak bisa dengan kacamata atau lasik, dan softlens jika masih tersedia dan mau repot, maka alternatif yang pernah saya sampaikan RLE (Refractive Lens Exchange). RLE ini cukup menjajaikan hasilnya walaupun ada sisi yang kurang baik yaitu adanya kesulitan untuk baca karena lensa di ambil dan di ganti dengan IOL (Intra Oculer Lens).

Jika RLE bukan menjadai pilihan anda, maka satu lagi alternatif untuk anda yang punya myopia tinggi yaitu Implantasi Phakic IOL, artinya lensa asli mata kita masih ada dan tidak di ganti, namun kit adi pasang lensa IOL yang diletakkan di antara kornea dan iris. Bahan Lensa IOL ini adalah PMMA (Polymethylmethacrylate). Lensa ini sudah teruji dan sudah FDA Approved.

Apakah Phakic IOL ini aman?

Operasi ini sangat aman, tidak perlu bius umum, hanya bius lokal, lama operasi sekitar 30 menit tanpa rawat inap dan sehari setelah operasi pasien bisa melakukan kegiatan sehari-hari.

Syarat pasien yang akan Phakic IOL

  1. usia 18 tahun keatas, atau refraksi sudah stabil
  2. Kedua mata harus dalam keadaan sehat
  3. Tidak sedang hamil atau menyusui

keuntungan lain adalah aktivitas anda sangat tidak terganggu, hal sangat beda dengan kalo memakai lensa kontak atau kacamata yang tebal, misal harus merawat, atau berat dan sebagainya.

Bagaimana Proses Operasinya?

Sebelum operasi mata di berikan obat tetes, yang berfungsi untuk mengecilkan pupil. Setelah di bius di lakukan sayatan kecil untuk jalannya memasukkan lensa, dan lensa di tempatkan di belakan kornea di mana di belakang kornea itu ada yang namanya Anterior Chamber atau Bilik Mata depan dan menempel pada iris, terus di bagian pinggir lensa itu ada pegangan yang di jepitkan ke iris (tergantung jenis lensanya ada juga yang hanya di masukkan ke iris). Maka lensa itu tidak akan berubah posisinya. Bekas sayatan di jahit dan akan melebur dengan kornea.

Lensa asli mata kita tidak di angkat, dan masih berfunsi sebagai mana mestinya.

That ‘s All.

37 Komentar

  1. Thund Balas

    Kebetulan saya seorang yg mempunyai minus tinggi pada mata saya. Saya mao tanya nie, Jika dengan operasi RLE kn ada efek sampingnya yaitu, pasien menjadi kesulitan untuk jarak baca normal, nah kalau dengan operasi Phakic IOL, apakah ada efek sampingnya jg? Jika ada, apa efek samping dari operasi Phakic IOL?
    Dan bagaimana dengan silinder yg juga dimiliki oleh pasien minus inggi trsebut, apakah akan normal kembali juga dengan salah satu operasi yg telah disebutkan tersebut?

    Mohon balas segera, dan kalau bisa kirim jawabannya jg ke email saya. Thanks sebelumnya

    • Kastam Balas

      @Thund,
      Kalau phakic IOL kemungkinan ada masalah dengan lensa, kalau ada sentuhan dengan lensa sehingga bisa katarak.

      Untuk RLE cylinder masih ada, karena umumnya lensanya hanya spheris saja, untuk phakic iol sepertinya sudah ada yang kombinasi cylinder juga.

      Untuk RLE biasanya jika ada cylindernya lebih dari 1.50 maka sebaiknya menggunakan kombinasi dengan lasik yang diistilahkan BIOPTIC, yaitu kombinasi RLE dan lasik, stelah di RLE maka 1-2 bulan kemudian dilakaukan lasik pada sisa minusnya dan cylindernya.
      🙂

  2. Thund Balas

    Saya mao tanya lagi nie. Untuk melakukan Phakic IOL ada batasan minus nya juga, apa tidak ya? Saya minusnya sudah 2000. Apa masih bisa Phakic IOL?

    Lalu untuk Phakic IOL, maksudnya “ada masalah dengan lensa, kalau ada sentuhan dengan lensa”, apa ya? Saya agak kurang paham. Apakah maksudnya seperti ini: lensa baru yg ditanam di mata itu, sangat rentan dengan sentuhan. Jadi harus extra hati-hati, kucek” mata pun tidak boleh. Begitu?

    Dan, bener tidak ya,kabar yg mengatakan kalau di RLE akan membuat mata menjadi plus, sehingga harus memakai kacamata baca?

    Thanx ya

    • Kastam Balas

      @Thund,
      Batasan yang di perhatikan adalah visus setelah memakai ukuran, untuk minus berapanya tergantung ketersediaan power dari produsen tersebut… mungkin bisa di tanyakan ke klinik yang melakukannnya.

      Bersentuhan, maksudnya lensa pakhic dengan lensa milik kita yang ada di dalam mata. dan itu tergantung jenis phakicnya dimana lensa itu di tanam, apakah di depan atau di belakang dari iris. jadi pastikan dengan dokter anda.

      Kalau RLE memang karena lensa yang di tanam itu tidak bisa melakukan gerakan seperti halnya lensa asli kita, jadi perlu + sekitar 2.50 sampai +3.00 dan itu bisa di siasati dengan menyisakan koreksi lensa dengan masih ada minusnya… untuk satu mata, sehingga ada program monovision. Satu mata untuk jauh dan satu mata untuk dekat.

  3. Thund Balas

    Wah, ada monovision segala nie. Kalau dengan monovision begitu, apakah tidak akan membuat pasien nya menjadi pusing atau terganggu keseimbangan nya dalam menentukan jarak nantinya? Lalu kalau dengan monovision tersebut, bagaimana kalau seandainya suatu saat terpaksa harus menggunakan kacamata, apakah tidak akan repot dengan ukuran kacamata yg hrs digunakannya nantinya, krn ukurannya lensanya yg mungkin akan berbeda jauh antara kiri dan kanan?

    Wahhh… Saya jadi mao banyak nanya nie. Boleh saya minta alamat ym anda.

    • Kastam Balas

      @Thund,
      Memang dengan RLE persepsi jarak otomatis akan berbeda, karena lensa tanam itu.

      Umumnya pengganti lensa tanam untuk bacanya sekitar +3.00, sehingga sisa dari ukuran yang akan di target adalah sekitar segitu.

      Nah, setelah RLE ternyata ada sisa lebih maka yaaa, perlu kacamata sisanya dari yang target aja. Misal ternyata ada koreksi untuk jauh -4.00-2.00×90.. maka kacamatanya dibuat -1.00-2.00×90 begitu.

      Atau kalau memang targetnya jadi normal maka yaaa harus membuat kacamata baca saja dan dipakai saat baca saja.

      YM saya: Kastamro

      tks

  4. Thund Balas

    Mas Kastam, sorry nie banyak nanya. Soalnya saya mao menghadapi operasi pada mata saya ini. Saya mao nanya lg donk.

    1. Kalo dengan RLE, apakah mata 100% akan bisa melihat jarak jauh dengan normal?
    2. Kalo uda melakukan RLE hingga mata bisa melihat dengan normal untuk jarak jauhnya. Apakah ada kemungkinan untuk bisa memiliki minus pada mata lg nantinya?
    3. Kelainan mata + 3.00 itu, untuk bisa membaca tanpa pakai kacamata, perlu jarak berapa centimeter ya?

    sekian dulu. Terima kasih ya mas kastam. Btw, ym anda online nya jam brapa aza ya?

    • Kastam Balas

      @Thund,
      mantap… terima kasih masih setia dengan reply saya.

      1. RLE memang kurang prediktible di banding lasik, namun demikian hasilnya cukup memuaskan untuk orang dengan minus awal belasan atau puluhan. Jadi bisa jadi normal bisa jadai masih ada sisa misal +- – 2.00 dengan atau tanpa cylinder.

      2. Untuk minus lagi itu sama halnya dengan misal saat ini kita pakai kacamata minus 10.00 dan setelah satu tahun kita periksa ternyata menjadia -10.50 kita ganti tuh kaacmata menjadi -10.50.. e e eternyata satu tahun kemudian kita periksa menjadi -11.00 maka yaaa kita ganti lagi menjadi -11.00 kalau mau jelas. Jadi RLE bukan obat sembuh , dan minus itu bisa saja akan muncul atau sebenarnya akan masih tertambah tergantung kondisi mata masing-masing. Banyak faktor , mulai kebiasaan aktivitas sampai dengan usia dan perkembangan mata kita.

      3. standar baca khan 30 – 40 cm. itu jika dengan koreksi maka jika mesti harus memakai kacamata +3.00 sedang kita tidak bisa memakainya maka kita bisa membaca samapai sepanjang tangan kita memegang bacaan, artinya sudah sangat susah sekali. Ibarat orang tua kita yang umur sekitar 60 tahunan dimana untuk jauh tidak berkacamata dan sekarang susah untuk baca.

      Saran saya, jika rencana RLE dua mata maka sebaiknya satu mata di sisakan sekitar -2.00 untuk salah satu mata yang TIDAK dominan atau mata dengan visus kurang baik, itu untuk membuat anda masih bisa melihat jauh dan baca dengan kondisi baik, walaupun tidak seratus persen antara keduanya yaitu jauh dan dekat.

      Terima kasih.

      YM saya: KASTAMRO, KASTAMRIDWAN, FACEBOOK KASTAM RO: online dari jam 09.00 sampai 19.00 jam kerja di klinik. kalau hari minggu / libur offline
      🙂

  5. yosep yuniarto Balas

    mata kiri saya minus 16 dan mata kanan minus 18. tertarik ingin menjalani implantasi phakic IOL. kira2 biaya nya sekitar berapa dan nantinya kedua mata saya tersebut nanti bisa melihat dengan normal ga ya?

    • Kastam PenulisBalas

      Untuk biaya itu tergantung masing-masing klinik, rata-rata sekitar Rp 10 jutaan untuk satu mata.
      Targetnya tentu bisa normal, namun dalam prosesnya bisa saja ada faktor X yang bisa saja ada deviasi, namun tidak banyak kok.

      • yosep yuniarto Balas

        @Kastam, Hasil
        pemeriksaan mata kiri ku – 18, mata kanan -23 ada silindernya juga
        solusinya pasang lensa tanam dgn biaya 1 mata 15 juta, retina mata ku
        juga tipis harus dilaser dulu dengan biaya 2 mata 4,5 juta. doain semua
        dana bisa tercukupi, saya bisa melalui semua proses ini & nama
        …Tuhan… aja yang dipermuliakan Amin. Ada alternatif untuk pengobatan mata minus lain ga ya..

        • Kastam RO PenulisBalas

          @yosep yuniarto,
          Selain Phakic IOL untuk minus segitu yaaa RLE, seperti yang saya tulis di komentar atas atau di halaman blog ini, search aja yaaa “RLE”.

          Saya berdoa semoga dananya lancar dan operasinya sukses. Amin

  6. sherly Balas

    mata kanan saya minus 15 dan kiri 13.saya jg ada katarak tp msh awal.dktr menyarankan sy utk tnm lnsa.apakah mata saya bisa normal?dan katark tdk muncul lg?

    • Kastam Balas

      @sherly,
      Bener temen anda, kalau ada katarak, sebaiknya operasi katarak aja. Dengan di tanam lensa IOL maka minus anda akan sekalian bisa minimal atau bahkan hilang.

      Katarak umumnya tidak akan muncul lagi, karena lensa asli sudah di ambil.
      Namun kadang ada istilah Sekunder katarak, dimana lensa yang di tanam bisa keruh karena berbagai hal, dan hal itu juga bisa di lakukan perbaikan dengan laser di lensa tanamnya.

      TKs

  7. Aji Balas

    dokter,mau tanya sekarang ini RS mana aja yang udah bisa operasi phakic IOL,utamanya di sekitar Jateng-DIY,terimakasih dok.

  8. aya Balas

    mo tanya nic pak kastam
    klo op phakic iol tu kn ad efk smping ktarak
    nah, klo nnt bbrp th kmudian trjd ktarak it lensa yg diangkat lensa asli qta ato lensa phakic iol?,trimksh

  9. poer Balas

    mas kastam kira2 biaya total operasi phakic iol di icare utk dua mata sekaligus berapa ya???
    (termasuk dokter, lensa, biaya sblm dan ssdh operasi)
    dan kalaupun saya akan operasi scptny ap di icare ready utk lensany???
    mata kanan minus 8 kiri minus 18

  10. sofyan Balas

    Dok, mata saya -4 kanan dan -15 kiri. Yg kanan udah di lasik, lalu ini tinggal yg kiri. Kata dokter saya yg kiri -15 itu penangannya ada 2 phakic dan RLE. Pertanyan saya apakah ada solusi lain nggak selain operasi itu? Misal di lasik saja seperti mata yg kanan walaupun nggak bisa sampai habis minus nya jd diminimalkan mimus nya dari -15 menjadi minus -5 gtu. Trus juga pas d jelasin sama dokternya kalo diantara 2 opsi operasi tadi ada yg terbebas dari katarak setelah usia 40an ada yg tetap kena katarak dan terpaksa lensa harus diangkat, itu yg mana dok? Mohon penjelasannya terima kasih

    • Kastam RO PenulisBalas

      Lasik bisa jadi opsi, namun umunya hanya sampai -13 an. dan itu harus ada tebel kornea yang memadai.

      di antara RLE dan Phakic yang kemungkinan ada katarak di usia tua adalah Phakic, karena lensa asli masih di dalam, sementara RLE lensa sudah di angka, sehingga tidak ada katarak lagi.

      • Diana nurhidayati Balas

        dok saya pertengahan bulan kemaren operasi phakic mata kanan dan operasi lasik mata kiri jarak operasi beda 2 hari, sekarang sudah 1 bulan untuk yg di operasi lasik sudah mulai jelas ngeliat normal, sdgkan yg mata kiri blom masih kabur buat liat dok padahal sudah 1 bulan apakah memang prosesnya lama ya dok?

        • Kastam PenulisBalas

          Biasanya 1 bulan sih, sudah hampir stabil.
          Sebaiknya kontrol dan di cek berapa koreksinya sehingga bisa sampai terjelasnya.

  11. Wina Sri Agustiana Balas

    Saya sudah menjalankan operasi Phakic. Dan saya sudah melihat jelas tanpa kacamata. Ketika obat tetes yg diberikan dokter sudah habis kira-kira perlu di cek rutin atau tidak? Atau apa ada perawatan khusus pasca operasi?
    Trims.

    • Kastam PenulisBalas

      Sebaiknya setahun sekali kontrol yaaa.
      selama tidak ada keluhan sepertinya obat tidak diperlukan.
      tks

  12. Reza Balas

    Dok.. Minus mata saya sudah 16. Awalnya saya mau LASIK, tapi ternyata dokternya bilang sebaiknya operasi tanam lensa. Dari komentar yg saya baca, menurut dokter, sebaiknya operasi IOL atau RLE Dok?
    Terima kasih.

    • Kastam PenulisBalas

      operasi IOL dan RLE itu prinsipnya sama.
      Karena anda belum kkatarak maka dinamakan RLE

    • Kastam PenulisBalas

      Operasi IOL atau RLE prinsipnya sama, hanya istilah saja. Operasi lasik umumnya sampai – 12.00 dan harus punya kornea yg tebal. Kecuali mau dengan hasil masih ada sisa sesuai kecukupan tebal kornea nya.

  13. bambang Balas

    dok saya mau tanya kemaren udah periksa mata mata kiri minus 17 kanan 14 dokter nyarani RLE Monofocal usia
    saya udah 40 th apa bedanya mono dan multivocal apakah itu ada efek trus disaranin sama dokternya suruh tanam lensa yg kanan dulu baru nanti matakiri karena untuk mata kiri lensanya harus dipesan dari jerman langsung nah nanti setelah yg kanan tanam lensa yg kiri belum apakah untuk melihatnya keganggu tidak soalnya mata kanan udah tanam lensa yg kiri belum makasih dok

    • Kastam PenulisBalas

      Perbedaan antara monofocal dan multifocal adalah monofocal itu hanya satu focus, focus untuk jauh sehingga setelah nanti di pasang lensa IOL maka kemungkinan akan perlu kacamata baca. Sedangkan multifocal untuk jenis IOL untuk jauh dan dekat sehingga di harapkan setelah pasang lensa multifocal bisa liat jauh dan baca keduanya dengan jelas.

      Namun keduanya punya perbedaan harga yg lumayan.

      Mengenai operasi yg gantian, memang proses operasi RLE ataupun katarak dilakukan satu satu. Nanti setelah dua minggu atau sebulan baru di lakukan setelahnya. Memang ketika satu jelas satu buram akan tidak nyaman.
      Demikian

  14. bambang Balas

    Maaf dok saya mau bertanya lagi untuk multi focal apa benar ada efek halo trus perbedaan harganya kira kira brp ya dok kira kira kalo RLE monovocal apakah ada efek sampingnya trus bisa ngeliat normalnya kira kira brp hari setelah operadi ya makasih dok

    • Kastam PenulisBalas

      Efek samping halo tidak ada.
      Perbedaan harga sekitar dua kali lipat.
      Monofocal maka akan diperlukan kacamata U baca atau bisa juga di atur, di target sisa minus sehingga bisa baca dekat namun jauhnya kurang jelas. Silahkan di bicarakan dengan dokter nya.
      Dalam jangka 1 minggu sd 1 bulan sudah relatif stabil hasilnya.

  15. bambang Balas

    sebelumnya makasih dok mau balas pertanyaan saya kemaren saya sudah ngobrol sama dokternya tapi dibilangnya RLE monofocal dianjurinya bkn multifocal yg mono aja plus pasang sudah luar biasa harganya karrna untuk yg mata kiri minusnya 17 jadi harus pesen dari jerman langsung katanya

    • Kastam PenulisBalas

      Masak sih, memang tergantung jenis lensa nya sih.
      Semoga segera normal yaaa.

  16. Nesha Balas

    Dok saya mau nanya, thn 2013 saya operasi tanam lensa ini disalah satu RS diMenteng, tadinya saya mau ambil tindakan lasik namun karna mata kanan saya minus 12,5 dan yg kiri 14 jadi saya tdk bisa melakukan operasi lasik&menjadi operasi tanam lensa ini. Setelah saya operasi, minus saya masih sisa 1&1,5 serta ada plus kalo tdk salah utk menyeimbangkannya, yaitu sebesar 0,5&1 kalo tdk salah. Lalu semakin lama saya semakin merasa mata saya kurang jelas pengelihatannya&mudah kesialauan. Lalu saya tadi coba cek ke optik, ternyata minus saya naik menjadi 1,75 yg kanan&yg kiri 2,5, dan juga saya menjadi mempunyai silinder sebesar 1,5 dan 1,75 (kalau tdk salah, karna hasil tesnya tdk saya pegang), utk plusnya saya tdk tau naik atau bgmn karna saya tdk tes utk plus. Yg saya mau tanyakan, itu gmn ya dok kok bisa naik pdhl saya udh operasi? Seingat saya soalnya dokter saya blg kalo min saya permanen segitu aja tdk akan bertambah lagi selamanya&tdk perlu menggunakan kacamata. Dan apakah itu berbahaya ya? Terimakasih dokter

    • Kastam PenulisBalas

      Btw, sekarang usia berapa yaaa?
      Mengingat ukuran sebelum operasi sangat tinggi dan itu kategori high myopia dimana, ada kecenderungan ukuran naik dan naik. sehingga setelah di operasipun yang ada adalah naik kenaikkan itu.
      Silahkan cek lagi dan dibuatkan kacamata, sehingga bisa melihat dengan jelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *