Cara Memasang Lensa Kontak Lunak Spheris

Kemarin saya coba lihat di tracker blog ini, ternyata ada yang mencari di search engine Google dengan kata kunci ‘ Bagaiamana cara memasang lensa kontak ‘. Untuk itu mungkin juga perlu di sampaikan terutama bagi orang yang pertama kali ingin memakai lensa kontak tapi masih takut, atau mungkin belum sempet ke optik untuk bertanya pada RO.

Yang perlu di perhatikan sebelum kita memakai lensa kontak adalah:

  • Jenis lensa kontaknya (dalam hal ini kita bicara Lensa kontak lunak/softlens)
  • Jenis Ukuran (maksudnya ukurannya Spheris atau Cyilinder) saat ini kita bicara Spheris
  • Samakah ukuran kanan dan kiri (biasakan untuk memakai lensa yang kanan untuk mata kanan dan lensa kiri untuk mata kiri, jangan di tukar-tukar walaupun ukuran sama, apalagi ukuran beda dan bedanya sedikit, maka biasakan juga untuk membuka tutup ‘case lensa kontak’ satu persatu di mulai kanan dulu baru kiri.
  • Selalu cuci tangan sebelum menangani lensa kontak
  • Mana dulu, kosmetik atau pakai lensa kontak dulu, ini tergantung, jika anda sudah ahli memakai lensa kontak maka kosmetik dulu, jika belum kosmetik belakangan namun ingat jangan ada bahan spray/kimia yang masuk ke mata (terkena lensa kontak)
  • Cek kondisi lensa kontak apakah masih bagus secara fisiknya, lensa ‘gompel’ sobek jangan di pakai akan menimbulkan iritasi dan melukai kornea anda
  • Lensa kontak

    Cek permukaan depan dan belakang lensa kontak, karena jika kebalik maka akan berasa tidak nyaman. Cara sederhana adalah dengan melihat bentuk lensa kontak saat di taruh di telunjuk tangan dan amati samping, jika seperti ‘mangkok’ maka benar dan jika seperti piring maka salah, atau taruh di telapak tangan bagian bawah yang ada garis-garis tangannya, dimana diameter tengah lensa kontak berada di garis-garis tangan, lensa kontak jangan terlalu basah, perlahan tekuk atau lipat telapak tangan anda, jika tepi lensa kontak itu menempel maka itu posisi benar, jika tepinya saling menjauh atau tidak mau menyatu maka itu kebalik atau dengandua jari seperti gambar di samping. Satu lagi beberapa lensa kontak juga sudah memberi tanda untuk posisi benar dan salah misal Acuvue dengan ada tanda ‘AV’ yang jika benar jika di baca dari luar dan sebagainya.

Langkahnya adalah:

  1. Untuk pemula siapkan semua peralatan, seperti cermin, solution, dan lensa kontak itu sendiri.
  2. Sebelum menangani lensa kontak cuci tangan anda terlebih dahulu.
  3. Buka case lensa kontak yang kanan dulu biasanya ada tanda ‘R’, dan biarkan yang ‘L’ tertutup.
  4. Ambil lensa kontak dan taruh di telapak tangan sebelah kiri (asumsi kita tidak ‘kidal’) dan menulis dengan tangan kanan.
  5. Beri beberapa tetes solution dan lakukan pembersihan atau pembilasan tepatnya.
  6. Taruh lensa kontak di telunjuk tangan kanan tepat di ujungnya dengan posisi lensa kontak terbuka dan jangan terlalu basah, cara naruhnya adalah saat di telapak tangan kiri, taruh di agak pinggir telapak tangan kiri anda, kemudian seperti kita kalau mencolek sambel, ambil dari bawah lensa kontak itu, maka lensa itu akan menempel pada ujung jari tangan kanan kita.
  7. Tangan kiri kita membuka kelopak mata kanan bagian atas dengan mengangkat siku sampai kea atas, atau lengan hampir melinkupi kepala, jari tengah tangan kanan menarik kelopak bagian bawah.
  8. Sambil melihat cermin dari mata kiri, masukkan lensa kontak dengan menaruhnya di bagian kornea kita ( yang berwarna hitam) tentu bukaan harus lebar sampai diameter lensa kontak cukup.
  9. Begitu sudah menempel biasanya akan terasa terserap dan dingin itu mata maka lepas kelopak mata bagian bawah dan di ikuti bagian atas secara perlahan-lahan.
  10. Kedip ringan beberapa kali
  11. Selesai dan lakukan hal yang sama dengan mata kiri.


Demikian semoga bisa membantu, bagaimana untuk yang lensa kontak cylinder?