Standar Penyetelan Kacamata

Setelah kita tahu alat yang di pakai untuk menyetel, meskipun belum semua saya posting, namun udah cukup untuk melakukan penyetelan. Tentunya untuk alat yang belum di posting anda uadah punya alatnya khan?

Stel standarSebelum di lakukan penyetelan ke wajah pasien atau customer, maka perlu kita lakukan stel standar, tentu ini berlaku untuk kacamata baru yang baru di ambil dan bukan kacamata yang di setel karena ada kasus, misal jatuh, kedudukan dan lain sebagainya.

Stel standar meliputi:

  • Bagian Front frame, di harapkan harus rata, anda bisa melihat dari arah atas kacamata tidak ada bagian lensa kanan lebih maju dari rim lensa kiri dan sebaliknya, atau lebih di kenal tidak “x-ing”, atau kacamata yang ‘mulet’ ( tahu badan kalo lagi pegel terus mulet, nah seperti itu bentuknya)
  • Sudut temple harus sejajar, udah tahu khan sudut temple yang mana, yaitu sudut yang di bentuk oleh temple dan front frame. Kisaran sudutnya adalah 90 °, harus simetris kanan dan kiri.
  • Sudut pantoscopic atau panthoscopic harus simetris dengan besaran antara 4° – 18°.
  • Nosepad harus simetris, baik secara frontal, vertikal dan horisontal semua harus simetris.
  • Temple tip, lekukkan temple tip harus simetris antara kanan dan kiri, baik start tekukannya, lengkungannya, arah ke dalamnya.
  • Frame dan lensa harus bersih.

Nah, kalo semua udah rapi baru di serahkan ke pasien yaaaa, jangan masih belepotan spidol dan label serta posisi yang nggak keruan di serahkan ke customer. tentu anda semua para RO tidak begitu khan?. jadilah yang profesional, isn’t it?

0 Komentar

  1. chika f Balas

    materi tentang penyetelan nose pad dunk… lagi perlu banget ni.. thank u ya..

  2. baret Balas

    Iya betul harus rapih baru diserahin ke customer… jangan dah pada ancur + baret2 tuh lensa trus di serahin ke customer 🙁

    pengalaman nih ganti frame disalah satu optik yg ada di ITC MG2. lensa Essilor Airware Transition Crizal A2 yg baru aja 3 hari di pake, trus sy ganti frame karena rada berat dengan frame yg lbih ringan.

    setelah proses selesai, kacamata di balikin ke saya dalam kondisi yg sangat mengecewakan. lensa baret kiri kanan seperti ada bekas bor yg meleset gitu 🙁

    nasibbbb nasiiiib hehehhe

      • baret Balas

        @Kastam,
        betul baret baret bikin kesel… dan mreka ga mw tanggung jawab..

        malah bilang itu dari awal juga udah baret… haaah ini mah basi,, kalo salah langsung deh nyalahin lagi.. pdhl tuh lensa baru 3 hari…

        amat sangat mengecewakan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *