Pterigium atau Selaput Mata

Pterigium adalah suatu timbunan atau benjolan pada selaput lendir atau konjungtiva yang bentuknya seperti segitiga dengan puncak berada di di arah kornea.

PterigiumTimbunan atau benjolan ini bikin penderitanya agak kurang nyaman karena biasanya akan berkembang dan semakin membesar dan mengarak ke daerah kornea, sehingga bisa jadi menutup kornea dari arah nasal dan sampai ke pupil, jika sampai menutup pupil maka penglihatan kita akan terganggu.

Apa yang menyebabkan Pterigium?

Yang pasti belum di ketahui dengan jelas, namun banyak di jumpai di daerah pantai sehingga kemungkinan penyebabnya adalah adanya rangsangan dari udara panas, juga bagi orang yang sering berkendara motor tapa helm penutup atau kacamata pelindung, sehingga adanya rangsangan debu jalanan yang kotor bisa mengakibatkan timbunan lemak tersebut.

Keluhan yang sering terjadi adalah mata sering merah dan sangat terasa sekali saat kena debu luar. Sampai saat ini pengobatannya hanya mencegah mata merah saja di samping yang pasti adalah tindakan operasi kecil, yaitu dengan membuang benjolan tersebut. Operasinya cepat hanya di bius lokal dan langsung bisa di kupas pterigiumnya.

[adsenseyu1]



Tindakan operasi di lakukan jika sudah masuk ke kornea dan mengganggu penglihatan. Akan muncul masalah baru yaitu seringnya tumbuh kembali atau kambuh untuk pterigium ini. Jadi sarannya yaaa hidup bersih aja. Ok

Semoga bisa membantu. Anda punya pterigium, silakan amati di cermin, lihat bagian nasal atau bagian sudut kelopak bagian dalam dekat hidung, adakah benjolan warna kekuningan…, jika ada segera pergi ke dokter mata yaaa…

www.clinicabenidorm.com/

Comments: 41 replies added

  1. dewi September 26, 2008 Balas

    SAYA MENGALAMI HAL SEPERTI DI ATAS, DAN SUDAH OPERASI SKG SUDAH TUMBUH KEMBALI, SAYA JG HERAN KENAPA BISA MUNCUL KEMBALI, ADAKAH OBAT YANG BISA DI KONSUMSI YANG ALAMAI SEHINGGA PENYAKIT TERSEBUT BISA SEMBUT,

    • Kastam September 27, 2008 Balas

      Memang sering kambuh. Untuk pencegahannya ya aseperti di atas itu yaa... :)

  2. amrih sumirat Januari 15, 2009 Balas

    saya mengalami hal yang demikian tapi belum parah, saat ini saya obati dengan erlamycetin plus. tapi bila pengobatan saya hentikan dalam tempo 3 hari mata terasa sakit dan merah.tolong kepada pembaca yang tau solosinya mohon bantuannya atau yang tau obat yan lebih manjur dari itu mohon dikasi tau. trims

  3. MEH Februari 10, 2009 Balas

    PTERIGIUM BILA HRS DIOPERASI APABILA SUDAH SEPARAH APA.KRN KLO DILIHAT BIASA G TERLALU JLS..TRS PENGLIHATAN SPRTI ADA BENANG2 HALUS YG MELINTANG

    • Kastam Februari 10, 2009 Balas

      @MEH, kalau paling tidak dah Grade 2 , yaitu udah masuk ke kornea, karena kalau udah masuk ke dalam yaaa mengganggu penglihatan.

  4. didik April 29, 2009 Balas

    salam kenal... saya punya seorang teman.. dimatanya timbul semacam benjolan kecil putih di tengah bagian atas kornea... dokter bilang itu selaput?? pertanyaan saya: 1. apa betul itu penyakit selaput 2. selain dioperasi apa ada nama atau jenis antibiotik yg bisa menyembuhkan penyakit teman saya ini. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

    • Kastam April 30, 2009 Balas

      @didik, Saya rasa tanpa dilihat tidak bisa menduga. Dan kalau memang udah diperiksa oleh dokter dan dinyatakan selaput atau pteregium maka jika sudah masuk ke kornea harus di angkat itu operasi kecil kok. Biasanya selaput sih didaerah nasal atau dekat hidung ke arah tengah. Saya rasa mesti diperiksa dulu yaaaa :)

  5. susilo Juni 14, 2009 Balas

    istri sy pd bagian putih mata ada daging tipis apa itu pterigium? trus obat apa yang bs tuk mencegah/mengobatinya?

    • Kastam Juni 15, 2009 Balas

      @susilo, Bisa jadi yaaa pak susilo, perlu diperhatikan posisinya di mana, biasanya da di bagian dalam dekat hidng mengarah ke kornea, dan umumnya akan bertambah mengarah ke kornea dan jika masuk terus menutupi pupil maka akan mengganggu penglihatannya. Sebaiknya di periksakan aja dulu..., oabatnya yaa cuman di ambil atau dioperasi..., di kupas aja kok.. heh he he.

  6. Andra Juli 24, 2009 Balas

    Saya mengalami hal yang serupa, hari ini (24 Juli 2009) saya periksa ke dokter mata di RS Pondok Indah, dan memang diagnosanya Pterigium, kata dokternya memang seperti tulisan diatas solusinya adalah Operasi Kecil. Kalau di RS Podok Indah biayanya sekitar 3-4 Juta, tapi kalau di RS Mata Aini hanya kira2 1,75 juta. DI RS Aini lebih murah karena memang karena memang khusus RS mata, jadi kerjaanya memang disitu aja. Prosesnya gak lama katanya, gak sampai 1 jam, langsung boleh pulang abis operasi, paling untuk sembuhnya total 1 minggu. Rencana Senin 27 Juli mau operasi aja. Sebenarnya gak menggangu penglihatan, tapi kalau orang melihat kemata kita risih aja rasanya ;)

    • Kastam Juli 25, 2009 Balas

      @Andra, Sekedar informasi aja, di klinik tempat saya kerja yaitu di i Care lasik biayanya lebih murah. Anda umur berapa yaaa, kalau masih muda khan suka tumbuh lagi jadi ada teknik pterygium plasti sekitar 1.3 juta dan kalau anda udah berumur (tua) bisa pakai biasa dan sekitar 800 ribu doang..., gimana ...? boleh tuh call ke 021-5307171 :)

      • Andra Juli 25, 2009 Balas

        @Kastam, umur saya 36 thn,

  7. daniel Oktober 16, 2009 Balas

    dok, bagaimana cara membedakan dengan pseudopterigium? itu reflek conjunctiva untuk melindungi atau menutup luka di kornea ya dok? apakah harus dengan sondage? yang pernah saya baca, pterigium tidak dapat ditembus, sedangkan pseudopterigium bisa.. b.t.k dok..

    • Kastam Oktober 19, 2009 Balas

      @daniel, betul, kalau pseudopterigium itu otomatis dari sisitem akan menutup luka di kornea, dan bagian bawahnya tidak menempel dengan bagian limbusnya, jadi kayak jump langsung ke lukanya, sehingga memang bagian bawahnya bisa ditembus karena kayak ada rongga, sedang kalau pterigium tidakada celah atau rongga.

  8. Lina simamora November 5, 2009 Balas

    Dok, d bag mta sya sbelah kiri ad semcm dging tmbuh. Dlu kecil, mkin hri mkin bertambah bsar dan hampir mendkati kornea. Stlah sya konsultasi dgn dkter d mana sya tinggal, d diagnosa "pterigium". Saran y pun seperti artikel d atas. Yg sya tanyakan : apabila stelah d lak operasi, kan bisa kmbuh kembali, dan bila pterigium y kambuh kembali, d lak kembali operasi ulang dmekian sterus y, ap ad dampak y k dpan ? Makasih dok...

    • Kastam November 5, 2009 Balas

      @Lina simamora, Yaaaa... memang akhirnya begitu namun sekarang ada operasi yang bisa menghambat lebih lama untuk kambuhnya kembali. Coba tanyakan ke dpkter anda Gak ada masalah berulang kali operasi asal pterigium gak samapai ke kornea memang gak mengganggu penglihatan, tapi gak nyaman juga di mata. ma'af saya bukan dokter yaaa :)

  9. siska damayanti November 25, 2009 Balas

    dok..bisa tolong dijabarkan secara rici bagaimana teknik sondase yang dilakukan untuk membedakan pterigium dengan pseudopterygium?? secara lengkap yaa,,cz literatur yang saya dapat sedikit sekali,,tentang alat,,anestesi,,arah sonde,,dll terimakasih

    • Kastam November 26, 2009 Balas

      @siska damayanti, Ma;af dok..., saya bukan dokter. bagaimana kalau anda coba tanya atau komen di dokter saya yaitu di http://konsulmata.com dengan Dr.Riva, SpM. :)

  10. iis Januari 10, 2010 Balas

    Ass. awalnya saya sering sakit kepala dan mata merah ternyata sekarang ini tibul seperti lendir di daerah kornea .yang ingin saya tanyakan : a.apa nama penyakit saya? b. bagaimana cara pengobatannya? terima kasih.

    • Kastam Januari 11, 2010 Balas

      @iis, Wa'alaikum salam. Secara pasti saya tidak tahu apa itu nama penyakitnya, namun demikian jika kondisi seperti ada lendir dan mata merah jika sudah beberapa hari sebaiknya segera di periksa ke dokter mata, karena kornea itu tulang punggung penglihatan, jika ada luka bisa mengganggu penglihatan. Untuk obatnya tentu akan diberikan oleh dokternya.

  11. rini Januari 19, 2010 Balas

    saya juga penderita pterygium sdh prnh diopersi n tumbuh lg. mgkin krn usia yg msh muda 26 thn. bwt yg msh usia md pikir2x dl kalo mau operasi ntar tumbuh lg. kalo percaya coba pengobatan herbal, ada kok surfing aja. lagian pede aja lg.

    • Kastam Januari 21, 2010 Balas

      @rini, terima aksih sarannya

  12. mita Februari 15, 2010 Balas

    dokter saya mau tanya, kenapa pterigium itu selalu tumbuhnya dari nasal menjalar ke kornea? mohon penjelasanya...

    • Kastam Februari 16, 2010 Balas

      @mita, Ma'af saya bukan dokter. Saya RO. Pterigium selalu arahnya dari nasal ke kornea karena ada sel-sel yang memang hanya tumbuh dan banyak di sekitar nasal. Untuk di bagian temporal, superior dan inferior tidak sebanyak di nasal. Cuman nama selnya saya lupa itu secara patofisiologinya. :malu2

  13. dudi Juli 4, 2010 Balas

    pak law di obati dengan yang herbal gimna kan da tuh kembang kitolod, yg bisa meredakan mata merah tu bisa gak dipake?

  14. Kastam Juli 5, 2010 Balas

    saya kurang tahu persis, tapi kalau kasiatnya untuk mata merah itu tidak bisa, karena ini merupakan timbunan lemak dan lengket - ket... jadi umumnya di operasi dengan kayak di 'kupas' gitu...

  15. Ahmad Juli 27, 2010 Balas

    Pak, brapa lama tumbuhnya pterigium?

  16. Kastam Juli 28, 2010 Balas

    maksudnya tumbuhnya gimana yaaa... kalau dari munculnya yaaa itu masing-masing ada yang cepet dan ada yang tidak pernah kena pterigium sama sekali atau kalaupun ada bisa jadi hanya tipis dan itu gak masalah.

  17. ppopeye September 9, 2010 Balas

    di mata saya kecil......saya ingin mengobatinya.............apkah obat babak..di jamin bisa menyembuhkan mata saya..........

    • Kastam RO September 18, 2010 Balas

      @ppopeye: Maaf kurang jelas maksud pertanyaannya... obat babak itu obat apa..? kalau pterigium umumnya di operasi kecil saja.

  18. nisa Februari 2, 2012 Balas

    pak, mata saya kanan sering ada benjolan merah yg kadang muncul tapi seringkali hilang sendiri. benjolan muncul lumayan besar tetapi tidak sampai menyentuh bagian hitam mata. saya mulai merasakan munculnya bnjolan ini sejak saya pakai lensa kontak. mohon penjelasannya apa ini termasuk PTERIGIUM ??? bagaimana dengan pengobatan yang menggunakan air cem-ceman kembang melati?? apa bisa mngurangi minus juga??

    • Kastam RO Februari 2, 2012 Balas

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter. Kecuali kondisinya seperti mirip gambar di artikel bisa jadi pterigium atau search aja mungkin pinguekula. Air cem ceman kembang melati, secara medis saya belum pernah dengar. Yang pasti dengan operasi lasik bisa menghilangkan minusnya.

  19. Evy Okta Februari 20, 2013 Balas

    pak mata kiri saya persis kyk ciri2 pterigium gt. Dulu2 jg pernah gt, tp diobatin dgn cara dites pake darah belut. Tp stelah 3tahun gk kambuh skrg kambuh lg. Kalo pake darah belut gt gmn pak? thanks before :)

    • Kastam RO Februari 21, 2013 Balas

      @Evy, wah saya belum pernah denger tuh... tapi kalau bisa sembuh yaaa itu bisa jadi alternatif. secara medis di operasi sih.. Tks

  20. ulfi September 18, 2014 Balas

    Gimana caranya menyembuhkan pterigyum tp jangan operasi

  21. asniwati Maret 15, 2015 Balas

    pak saya ada bintik putih di samping bola mata kanan saya gimana cara mengobatinya pak ? apa ada cara lain selain operasi kecil pak ?

    • Kastam Maret 17, 2017 Balas

      mesgti di periksa dahulu, kondisi sebenarnya . ke dokter mata aja yaa

  22. hari rahmat ramdani Oktober 30, 2015 Balas

    Pak.say menderita sudah min 1/2.mata saya gak bisa liat jauh..sudah pake kacamata.ada yang nyaranin dicoba pke darah belut,apakah akan ada efek samping atau gmna??belum dicoba si.

  23. hendra Agustus 24, 2017 Balas

    dok. berapa biaya operasi pterigium sekarang .. yang biasa bukan dicangkok?..kalau umur 40 tahun apa sudah bisa operasi ptirigium yang biasa?

    • Kastam Agustus 24, 2017 Balas

      Biaya sekitar Rp 1.6 juta. Umur di atas 30 tahun umumnya sudah ok

Join in: leave your comment