Pinguekula

Pernah dengar nama penyakit mata yang satu ini?. Mungkin belum yaaa, memang jenis atau nama penyakit mata ini kurang populer, e e e kayak apa aja, penyakit kok populer.

Pinguekula merupakan penebalan selaput lendir mata atau konjungtiva, biasanya sering terlihat pada celah kelopak mata, dan ini hampir mengenai pada semua orang yang beranjak dewasa.

Penyebabnya antara lain adalah rangasangan angin, debu, sinar matahari terhadap selaput lendir tersebut, akibatnya akan terjadi penebalan.

Namun jenis penyakit ini tidak usah di risaukan, karena memang juga tidak ada obatnya, kecuali jika terjadi radang maka obat anti radang yang akan di berikan.

Silakan anda lihat di kaca atau cermin rumah anda, apakah ada tanda seperti di atas?, jika ada radang segera datang ke dokter mata.

Semoga bermanfaat.

12 Komentar

  1. nala Balas

    kyake aq ne deh pak coz aq foto mataq dan membandingkn pic antara pterigium n pingeukula lbih mrip dngan yg pingeukula merahny tuh kadang2 klo cape or hbiz ddepan komputer pak, apakah pingeukula kadang2 kluar air mata g? trims

    • Kastam Balas

      @nala,
      air mata juga karena seperti ada rangsangan benda asing dimata, jadi yaa bisa saja akan keluar air mata atau tidak.

      Tapi benar kecuali ada radang maka, tidak usah risau yaaa

      • Vero Balas

        @Kastam, Nambahin ya pak.

        @Nala..aku juga ada kok Na..cma memang bikin mata kita lbh sensitif sama debu, matahari dan angin. Terus jd susah kalo mau pakai Lensa kontak terutama lensa kontak dengan diameter besar dan letak pingekula kita dekat dengan kornea. Biasanya Fittingnya agak susah.

        • Kastam PenulisBalas

          @Vero,

          nah gitu dong sering bantuin saya… khan saya sering bantuin ente… he he he …
          Biar tambah seru tuh….

  2. Vero Balas

    @pak Kastam..baiklah pak, ak akn rajin membantumu..hehehe..dan rajin berkomentar d sini..hehehe :ngakak

  3. Ipin Balas

    D sudut mata sy sprtinya ada lendir yg hampir mengenai retina.
    Tp slama ini sy blm merasakan keluhan/efect dr lendir tsb. Apa itu tergolong pinguekula y pak?

    • Kastam Balas

      @Ipin,
      Koreksi yaaa… yang kelihatan hitam dan sebenarnya bening itu kornea, bukan retina… retina ada di dalam sana… hehe

      Seperti disampaikan diatas, selama tidak ada keluhan dan radang maka jangan di risaukan.
      🙂

  4. Ipin Balas

    Ups, maaf…
    Thanx buat jwbn ny..
    Qra2 itu bsa memburuk g’?
    Misalnya bertambah parah…
    ada g’ cara mengatasiny..?

  5. takut Balas

    bagaimana kalau selaputnya tidak selalu?
    biasanya selaput itu ada selepas bangun tidur.. ianya bukan sepanjang hari…
    bagaimana ya?
    minta tolong..

  6. Rika Juliana Balas

    Dok saya mau nanya kira kira penyakit pinguekela itu berbahaya atau tidak jika tidak di sembuhkan ?

    dan apa perlu pembedahan ?
    ada gk obat lain yg dapat menyembuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *