Bintit atau Timbil atau Hordeolum

Hordeolum adalah suatu infeksi pada satu atau beberapa kelenjar di tepi atau di bawah kelopak mata.
Bisa terbentuk lebih dari 1 hordeolum pada saat yang bersamaan.
Hordeolum biasanya timbul dalam beberapa hari dan bisa sembuh secara spontan.

PENYEBAB

Hordeolum adalah infeksi akut pada kelenjar minyak di dalam kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri dari kulit (biasanya disebabkan oleh bakteri stafilokokus).
Hordeolum sama dengan jerawat pada kulit.
Hordeolum kadang timbul bersamaan dengan atau sesudah blefaritis.
Hordeolum bisa timbul secara berulang.

GEJALA

Hordeolum biasanya berawal sebagai kemerahan, nyeri bila ditekan dan nyeri pada tepi kelopak mata.
Mata mungkin berair, peka terhadap cahaya terang dan penderita merasa ada sesuatu di matanya.
Biasanya hanya sebagian kecil daerah kelopak yang membengkak, meskipun kadang seluruh kelopak membengkak.
Di tengah daerah yang membengkak seringkali terlihat bintik kecil yang berwarna kekuningan.
Bisa terbentuk abses (kantong nanah) yang cenderung pecah dan melepaskan sejumlah nanah.
Hordeolum

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN

Hordeolum bisa diobati dengan kompres hangat selama 10 menit sebanyak 4 kali/hari.
Jangan mencoba memecahkan hordeolum, biarkan pecah sendiri.
Krim antibiotik kadang digunakan untuk hordeolum yang berulang atau menetap (yang disebabkan oleh bakteri).
Hordeolum interna adalah hordeolum yang terbentuk pada kelenjar yang lebih dalam. Gejalanya lebih berat dan jarang pecah sendiri, karena itu biasanya dokter akan menyayatnya supaya nanah keluar.

PENCEGAHAN

Selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata.
Bersihkan minyak yang berlebihan di tepi kelopak mata secara perlahan.

source:www.medicastore.com

51 Komentar

  1. Kastam PenulisBalas

    Kelihatannya sih nggak begitu, coba lihat pengobatan dan pencegahannya.
    Kelihatannya di gambar sih serem yaaa…

    Jika ada yang menderita hordeolum segera ke dokter mata yaaa…

  2. one Balas

    wah saya timbilan kok hampir 1 bulan kok belum sembuh-sembuh ya, anehnya ko enggak sait nih

    • Rivan Balas

      @one,
      wadoh,q jg,tp tmbl ni g skt,cma jendol ja,q udah pergi ke dokter,di kasih obat,trz tek minum mlh jd’y miyang,

  3. messi Balas

    sy jg bntitan di bawah mata udh brapa bulan gak ilang2..udh mmbatu kyanya..
    waduuuh…bisa ilang gak ya,,gk pede nih soalnya…

  4. Lucky Balas

    timbil? saya juga sekarang lagi timbilan nih.. stresssss dibuatnya!
    uda 1 bln lebih, uda insisi trs muncul lg….cape deh! … any frenz can help me???
    makanan uda pantang juga, obat dalam dan luar jg uda ..

  5. Kastam PenulisBalas

    PENGOBATAN

    Hordeolum bisa diobati dengan kompres hangat selama 10 menit sebanyak 4 kali/hari.
    Jangan mencoba memecahkan hordeolum, biarkan pecah sendiri.
    Krim antibiotik kadang digunakan untuk hordeolum yang berulang atau menetap (yang disebabkan oleh bakteri).
    Hordeolum interna adalah hordeolum yang terbentuk pada kelenjar yang lebih dalam. Gejalanya lebih berat dan jarang pecah sendiri, karena itu biasanya dokter akan menyayatnya supaya nanah keluar.

    PENCEGAHAN

    Selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata.
    Bersihkan minyak yang berlebihan di tepi kelopak mata secara perlahan.

    • waluyo Balas

      @Kastam, Biaya Operasinya kira – kira berapa pak… Dan dan di Rumah sakit mana.. terima kasih

  6. Melani Balas

    Anak sy 2th bintit di dlm kelopak mata atas hmpr 1bln. Stlh di kompres bbrp kl pecah. Tp stlh pecah dibwh bekas benjolan keluar spt daging menggantung di mata. Kira2 apa ya? Apakah bs segera hilang? Mohon masukannya. Tks.

    • Kastam Balas

      @Melani,
      Sebaiknya di bawa ke dokter aja yaaa bu apalgi masih 2 tahun. Kemungkinan ada bintit lagi, khan bintit juga semacam benjolan, setelah diperiksa dokter akan ketahuan pastinya. Saya kurang paham kondisinya.

      tapi melihat kondisi yang pertama, dimana setelah dikompres pecah maka akan sembuh, atau coba di lakukan lagi kompres, jika masih ada segera ke dokter aja.
      🙂

  7. female Balas

    Mata saya jg begitu tp udah di sayat sama dokter dan dikeluarkan nanah nya + diksh obat salep luka n antibiotik.
    Tapi koq sekarang muncul lg yah ??
    gmn donk..ms harus bolak balik ke dokter..
    1 mata aja bisa sampai 300 rb an.
    gmn supaya ga muncul lg bintit ini ??
    gmn cara menanganinya ?

    thx

  8. hendra Balas

    saya sering sekali bintitan….. bahkan ganti ganti. kadang mata kiri kadang kanan…
    saya gak pede bgt…. gmn ya cara paling ampuh agar gak kambuh lagi……..?

    • Kastam PenulisBalas

      @hendra,
      PENGOBATAN

      Hordeolum bisa diobati dengan kompres hangat selama 10 menit sebanyak 4 kali/hari.
      Jangan mencoba memecahkan hordeolum, biarkan pecah sendiri.
      Krim antibiotik kadang digunakan untuk hordeolum yang berulang atau menetap (yang disebabkan oleh bakteri).
      Hordeolum interna adalah hordeolum yang terbentuk pada kelenjar yang lebih dalam. Gejalanya lebih berat dan jarang pecah sendiri, karena itu biasanya dokter akan menyayatnya supaya nanah keluar.

      PENCEGAHAN

      Selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata.
      Bersihkan minyak yang berlebihan di tepi kelopak mata secara perlahan.

  9. Octav Balas

    mau tanya, buku tentang hordeolum apa ya yang bagus, kebetulan saya sedang ada tugas tentang hordeolum eksternum.. terima kasih atas bantuannya..

  10. Kastam PenulisBalas

    waduh maaf yaaa… saya tidak tahu persisnya.. coba cari nama di FB yaitu FERDIRIVA HAMZAH.. nah add Beliau. Beliau dokter mata yang online trus… nah , tanya beliau yaaa

  11. hendratno Balas

    saya bintitan dagh hampir 2 thn tpi koq g hilang2 ya….tapi bintitan ini g ngeganggu fungsi penglihatan saya……….apakah masih bisa sembuh…tolong kasih saran…

    • Kastam PenulisBalas

      ini sama dengan mas hendra… emang orangnya sama kok yaaa… cuman beda lama bintitannya aja.. jadi mana yang bener hehehe. coba ke dokter aja yaa kok lama banget yaaa

  12. Kastam PenulisBalas

    jika berkedip sakit biasanya ada benda asing di antara kelopak mata atas… atau ada benjolan di dalamnya, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata yaaa. Tks

  13. bilqis Balas

    pak saya mau tanya klo makan telor sama ikan laut mata saya kok jd bintitan ya,itu kenapa?maksih

  14. Kastam Balas

    @bilqis:
    Masak sih…. kalau karena faktor makanan itu namanya alergi… jadi pencegahannya yaaa tidak makan itu. wauw kasihan yaaa gak makan telur ama ikan laut, padahal ikan laut itu bagus banget loh…

  15. rify Balas

    saya mau nanya saya udah merasakan bintit sekitar sebulan rasanya gatel.kira2 saya memakai salep apa??untuk mengecilkan bintit dan memecahkan bintit tersebut tolong nama salapnya apa??tx

  16. Kastam RO PenulisBalas

    Ma’af disamping tidak tahu obatnya, saya juga tidak boleh atau tidak berwenang membrikan resepnya.

    Sebaiknya anda ke dokter mata yaaaa… ma’af.
    Tks

  17. Kastam Balas

    @Linni:
    Melihat ulasan di atas maka:
    PENYEBAB

    Hordeolum adalah infeksi akut pada kelenjar minyak di dalam kelopak mata yang disebabkan oleh bakteri dari kulit (biasanya disebabkan oleh bakteri stafilokokus).
    Hordeolum sama dengan jerawat pada kulit.
    Hordeolum kadang timbul bersamaan dengan atau sesudah blefaritis.
    Hordeolum bisa timbul secara berulang.

    atau maksud pertanyaanya efek ke makanan atau makanan bisa menjadikan hordeolum..? agak bingung aku kwatir kebalik maksudnya.

  18. sugiarti shofariyah Balas

    trims infonya kebetulan saya sdh 3 hari ini timbilan ada abses dan terasa sakit sekali kemarin baru periksa ke dokter umum diberi salep & obat insyaallah saya setelah ini saya akan coba kompres air hangat mohon doanya biar cepet sembuh amin…trims

    • Kastam RO PenulisBalas

      @Sugiarti:
      Yaaa , semoga lekas sembuh yaaaa.. kompres air hangat dan usahakan selalu bersih di daerah mata.

  19. Lely Aprillia Balas

    Suami saya mengalami ciri2 seperti diatas dan saya baru tahu setelah buka web ini..Pernah di bawa berobat ke dokter spesialis mata dan dikatakan bahwa ada virus dan diberi salep dan obat tetes. kejadian itu sejak tahun 2007.tidak ada perubahan karena selalu berkelanjutan sampai sekarang.Apakah ada hubungannya dengan alergi makanan seperti telur.
    Sekian dan terima kasih.

    • Kastam Balas

      @Lely Aprillia,
      Bisa jadi karena ini juga mirif ama bisul.
      namun khan penyebabnya infeksi karena bakteri maka hilangkan penyebabnya saja.

      • Lely Aprillia Balas

        @Kastam,

        Makan Telur sudah di berhentikan tapi masih juga sering kambuh. bukan hanya mata kiri , mata kanan nya pun tertular juga. Terkadang dibawa kelopak mata dan mata bagian bawa..Hal ini sangat mengganggu apalagi pekerjaan Suami saja Design Pabrik. yang mengharuskan beliau Melototi Komputer nya. Apakah ada hal lain yang harus dilakukan.Segala makanan yang berhubungan dengan telur sudah diberhentikan. ataukah ada hubungan nya dengan penyumbatan darah. karena suami saya termasuk Gemuk. Tinggi 169 Berat 65.

        Terima kasih Bpk Kastam.

  20. sharah Balas

    pak saya enggak kuat sama bintilan di kelopak mata saja ada yang bilang kompres pakai air garam tapi ada yang bilang pakai air hangat terus yang mana dong

  21. waluyo Balas

    Biaya Untuk operasi bintitan kira – kira berapa.Di Jakarta rumah sakit mana yang bagus tetapi tidak terlalu mahal. Kemarin saya periksa di Rumah Sakit Muhammadiyah kok saya tanya biaya operasinya mahal yaa.. 3,5 sampai 4,5 juta… Mohon bantuannya ..

  22. afandi Balas

    bagi temen-temen yang mengalami hordeolum. cepetlah segera ke dokter mata. selagi belum terlambat. coz, untuk hordeolum internal yang belum akut. tadi saya baru periksa, alhamdulillah tak sampai dua ratusan ribu…. mending mengobati dini. daripada di tunggu sampai operasi….

  23. aji Balas

    cra pnyembuhan bintitan selain dkompres pke air hngat gmn dok?????????????? tlong blasanny dok

  24. rizky Balas

    bang sya punya penyakit bintil tapi sy pecahkan sndiri nanahnya .
    tapi dy tidak mau pecah ..
    saat saya biarkan sndiri dy pecah tapi tetap kembung merah di sekitar klopak mata ..
    lalu sya pegang2 terasa ada daging ddlamny ..
    menurut bapak bagaimana cara sya harus menghilangkanny?

  25. susan Balas

    Saya mengalami pembengkakan dikelopak mata bawah dan seperti muncul jerawat kekuningan itu ada dua, itu kenapa ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *