Poni Rambut Menyebabkan Mata Cylinder atau Astigmat?

Inilah pertanyaan yang ada di answer yahoo Indonesia, yang kemarin sempat saya kunjungi. Kadang-kadang juga kita merasa bagaimana gitu, melihat fenomena di dunia ini. Maksud saya memang ada sedikit banyak hubungan, knapa poni rambut kok sampai bisa menyebabkan mata cylinder.

Poni RambutTapi yang pasti orang sampai terjadi cylinder (mungkin saya luruskan dulu yaaa, cylinder itu jenis ukuran lensanya dan orangnya di sebut astigmatisma atau astigmatism), itu bukan karena poni yang seliweran.

Coba kita telaah, knapa kita menderita astigmat. Astigmat adalah suatu keadaan dimana mata tidak bisa memfokuskan sinar yang datang tepat di retina melainkan biasnya jatuh membentuk garis fokus dan 2 fokus.

Nah, ini bedanya kalo orang minus atau myopia, itu jatuhnya sinar setelah di biaskan jadi satu fokus namun tidak di retina, kalo astigmatism itu jatuhnya membentuk garis fokus, jadi bukan titik lagi. Garis fokus itu bisa 5 variasi:

  1. Satu di retina satu di depan retina ( Myopia astigmat simplek)
  2. Satu di retina satu di belakang retina (Hypermetropia astigmat simplek)
  3. Dua-duanya di depan retina ( Myopia Astigmat kompositus)
  4. Dua-duanya di belakang retina (Hypermetropia Astigmat Kompositus)
  5. Satu di depan retina dan satunya di belakang retina ( Astigmatisma Mixtus)

Semua itu penyebabnya adalah kelengkungan kornea yang tidak rata antara meredian yang saling tegak lurus. Bisa juga kelengkungan kornea rata, namun posisi lensa tidak lurus, Tapi penyebab yang paling banyak adalah karena kornea yang tidak rata.

Nah, apa hubungannya pono yang berseliweran itu?, kemungkinan kecil sih, ada gangguan dalam melihat, bagaimanapun coba kita bayangkan kalo ada poni yang seliweran khan kita melihatnya terganggu.

Betul, tidak?

www.chandraguptasalon.com/

7 Komentar

  1. Pieh Balas

    Sbnrny cylinder tu sejenis penyakit pa???
    Apakah pendrita cylinder akan mnyebabkan kebutaan???

  2. Kastam PenulisBalas

    U/ Pieh:
    Cylinder itu bukan penyakit, tepatnya adalah jenis lensa menurut ukurannya.
    nah, kalo orang yang menderita di sebut astigmatism, koreksinya lensa Cylinder.
    Astigmatisme jenis kelainan refraksi yang di sebabkan (pada umumnya) kelengkungan kornea yang tidak rata antara meredian yang saling tegak lurus.
    Dan untuk sampai dikatakan buta secara medis TIDAK ada, hanya dengan karena orang punya cylinder atau aastigmatisme tersebut, coba llihat di Astigmatisme

  3. nay Balas

    bener ga sich cylinder ga bisa berkurang/hilang? waktu thn 2007 saya periksa mata cyl 0.5 axis 30, min 0.5, tapi sekarang periksa lagi cylindernya hilang, apa dulu ada kesalahan saat periksa? tapi knp saya suka pusing ya?

    • Kastam PenulisBalas

      @nay,
      Cylinder itu penyebab utamanya adalah adanya perbedaan kelengkungan antara kedua meredian yang saling tegak lurus, nah dalam perkembangannya mata itu bergerak memanjang ke depan misalnya, maka jika bergeraknya serempak dan sehingga perbedaan antara keduanya sama, maka cylindernya akan tetep ada.

      Namun jika ternyata yang awalnya yang agak rata, terus jadi melengkung maka akan menjadi rata dan akibatnya cylindernya hilang.

      Lain dari pada itu bisa jadi resep pertama kurang tepat atau bisa jadi resep sekarang kurang tepat.

      Kalau masih ada pusing itu juga salah satu keluhan orang yang mempunyai cylinder ringan misalnya -0.25 atau -0.50.

      Coba cek ulang di tempat lain untuk memastikannya.

    • Kastam PenulisBalas

      Cross cylinder itu sebuah lensa yang mempunyai 2 kekuatan dengan besar sama tapi tanda power beda yaitu + dan – yang terletak pada meredian yang saling tegak lurus.

      Fungsi sementara dalam proses refraksi untuk mencari nilai axis dan power cylinder dalam pemeriksaan astigmat dengan teknik CC.

      Juga untuk pemeriksaan untuk baca dengan teknik Cross Grid untuk mengetahui kebutuhan plus bacanya.
      Ada yang mau nambahin…? silakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *