Lensa Polycarbonate

Dengan semakin majunya teknologi sekarang ini, manusia selalu berpikir dan berpikir untuk menhasilkan karyanya demi kemajuan dan kenyamana hidup sesama manusia lainnya.

Dalam bidang perkacamataan khususnya dalam bidang lensa, ada lensa yang mempunyai performa sangat bagus, tentu dalam hal ini di tilik dari segi bahan, di mana hampir semua produsen lensa di dunia ini sekarang menggunaknnya.

Lensa itu adalah lensa jenis Polycarbonate. Banyak sekali keunggulan yang di tawarkan lensa jenis ini antara lain:

  1. Lensa ini lebih ringan dan lebih tipis dari lensa plastik yang standart.
  2. Bisa mengeblok sinar Ultra Violet, anti UV
  3. Bahkan sampai 10 kali lipat lebih kuat dari lensa standart, tahan baret.

Dari beberapa keunggulan itulah mak lensa ini awalnya di buat untuk lensa pada anak-anak, lensa untuk olahragawan dan untuk faktor keamanan.

Sejarah polycarbonate sendiri sudah di kembangkan sejak tahun 1970 an dan digunakan pada awak ruang angkasa sebagai helmet, juga sebagai kaca di yang sangat tahan benturan, namun baru pada tahun 1980 an di lempar ke pasaran sebagai lensa untuk kacamata.

Lensa ini sekarang jadi pilihan untuk kaacmata anak-anak, sport dan pengaman atau safety, dan sangat cocok untuk kacamata dengan bingkai rimless atau tanpa bingkai atau bor-boran.

Lensa Polycarbonate di buat dengan cara injection moulding, yaitu material itu di masukkan di dalam cetakan dan dan dengan pemanasan maka lensa itu akan menyebar membentuk cetakan itu, dengan tekaan yang tinggi dan kemudian di dinginkan untuk untuk menjadi material lensa dengan hitungan beberapa menit saja.

Untuk UV protection-nya, lensa polycarbonate itu dari bahannya, jadi tidak perlu UV blok dari semacam coating, karena udah dari bahannya sendiri, otomatis nggak akan habis atau ngothok dan sebagainya.

Untuk lebih menjaga kejernihan permukaannya bisa juga di beri coating misal hardcoard dan multicoating untuk anti refleksi.

Anda mau lensa dari polycarbonate, yang ada di pasaran misalnya dengan merk Airwear dari Essilor, silakan tanyakan di optik langganan anda.

Semoga membantu…

0 Komentar

  1. Memet Balas

    Ikutan nih, apa ada lensa polarized berbahan polycarbonat ? Merk apa ? Kalo pesan dimana ? Thanx ‘

  2. Kastam PenulisBalas

    Sepertinya sampai sekarang saya belum dengar mas.
    Kalo yang poly aja di essilor
    Kalo yang polarized produk Policore ama optindo…
    Untuk mendapatkannya coba mampir ke optik terdekat deh…
    🙂

  3. N0V! Balas

    Saya sudah pernah memakai softlens selama 1 thn lebih. akan tetapi, sudah hampir 1 thn saya mengalami masalah dalam pemakaian softlens. Saya mengalami masalah sewaktu memakai softlens lebih dari 2 atau 3 jam gitu, maka sewaktu saya melihat ke lampu maka saya akan melihat biasan pelangi di sekitar lampu tersebut. Apakah penyebab nya ? Apakah bisa menyebabkan kekeringan airmata dari efek memakai softlens ? Solusi apa terbaik buat saya ? sekaran saya sedang memakai kacamata minus 550
    TQ

  4. Kastam Balas

    @ g3nk_24 :
    Di optik besar semua ada kok.
    Mau pesan lewat saya juga bisa, chatting aja yaa…

    @Nov!:
    Kondisi seperti itu bisa jadi karena lensa kontaknya yang kurang bagus saat produksinya.
    Lensa kontak itu sebenarnya agar bias stabil baik fisik maupun fungsinya maka harus ada air mata yang cukup, jika tidak maka akan banyak sekali efek sampingnya, salah satu juga bisa yang anda alami itu, selain itu akan munculnya hypoksia dan akhirnya mata jadi merah karena oksigen dalam darah di kirim ke kornea melaluipembuluh darah.
    Pakailah disposible, rajin mencuci dan ganti secara teratur dengan lensa kontak baru

  5. Kastam Balas

    @ Gilar:
    Silakan kontak alamat Lensa Optindo berikut:
    Astron Optindo Industries, PT
    Kantor : Jl. Petak Baru No. 58, Roa malaka, Jakarta Barat, Telp : 021- 690.9929
    Pabrik : Jl. Mesjid Nurul Huda No. 23, Cengkareng, Jakarta Barat

  6. anggoro Balas

    halo mas, ta’ tambain dikit ya. Sekarang sudah ada pesaing polycarb. Monomernya bernama Trivex, dibuat oleh PPG (biangnya bikin lensa opthalmik) tahun 2001. Indeks bias 1.53, Abbe val 45, daya regang 61 kgf, specific grav. 1.11. Bandingin sama polycarb (urutan parameter spt di atas): 1.58; 29; 44 kgf; spec.grav gak beda jauh. Di pasaran dijual dg nama phoenix dan trilogy. Ok d segitu dulu mas, saya laper nih. Tq

    • Kastam PenulisBalas

      @anggoro,
      Mas, aku perlu artikel lengkapnya tuh di info produk.
      Boleh dong dibuatin dan di kirim ke email ntar aku posting dengan judul sendiri. Dan sumbernya dari sampeyan aku cantumkan.
      Di tunggu yaaa.. 🙂

  7. Rachmat Balas

    wah bagus mas infonya, tapi saya mau tanya nih mas, kacamata dengan bahan Polycarbonate ini apa bisa juga untuk menahan radiasi dari komputer?

    • Kastam PenulisBalas

      @Rachmat,
      Menurut produk knowledgenya, bahan poly sudah ada anti radiasi komputernya mas.
      Jadi bisa…

  8. Fat's Balas

    Mas, mau tanya tempat grosir lensa kacamata progresif dong, siapa tau ada referensi.

    • Kastam RO PenulisBalas

      @Fat:
      Banyak toh mas…
      Essilor, Hoya, Policore, Domba mas yang paling umum distok dari domba mas, coba hubungi Pak Ridho di 0818804440

  9. handayani uci Balas

    Mau tau lbh byk lg tentang lensa polycarbonte, ada refrensj bukunya gak pak, cari bukunya dmn ya pak? Tksh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *