Prisma Opthalmik

Jenis lensa ini memang tidak begitu populer, artinya selama ini banyak orang kenal lensa itu yaaa minus plus dan cylinder. namun bagi sebagian kecil orang atau pasien juga sangat kenal dengan istilah ini.

Apa itu lensa Prisma?

Lensa PrismaLensa Prisma adalah bentuk lensa di mana terdapat puncak/bagian yang tipis (apex) dan bagian yang tebal/dasar (base) yang dengan perbedaan bentuknya itu bisa memindahkan bayangan, dimana nilai 1 prisma itu berarti akan memindahkan bayangan sejauh 1 cm dari objek yang berjarak 1 meter.

Arah tebal atau Base itu secara umum ada 4 yaitu:

  1. BU (Base Up), tebal lensanya ada di atas
  2. BD (Base Down), tebal lensanya ada di bawah
  3. BI (Base In), tebal lensanya ada di dalam atau nasal/hidung
  4. BO (Base Out), tebal lensanya ada di luar/temporal/arah telinga

Untuk kondisi tertentu lensa Prisma tidak diresepkan seperti di atas, melainkan dengan arah derajat, 2 prisma 45 derajat, ini karena posisi phorianya tidak pada sumbu horizontal ataupun vertikal melainkan oblique.

Siapa yang harus pakai Prisma?

Lensa prisma di resepkan pada penderita phoria yaitu orang yang mengalami diplopia atau penglihatan double/ganda dengan kacamatanya baik normal maupun dengan ukuran myopia, hypermetropia dan astigmatnya, jadi prisma bisa diresepkan sekaligus. orang juling atau strabismus untuk yang phoria, tapi kalo udah tropia dan masih kecil juga bisa. Dan kalo julingnya berat serta masih usia anak baiknya di operasi aja, dengan menyeimbangkan otot-otot bola matanya.

Umumnya pemberian prisma melalui beberapa tes, yang mungkin kalo artikelnya dah siap akan saya posting juga, yaitu di bagi sama rata untuk kedua mata, karena umumnya diplopia itu karena dua mata yang melihat, atau jika pasien itu di tutup satu mata dia tidak diplopia atau double dengan base ayng sama untuk arah horizontal dan arah base yang berbeda kalau arah vertikal.

Demikian semoga bermanfaat

43 Komentar

  1. anggoro Balas

    …(mudah2an gak bosen y mas). Terus terang materi prisma ophtalmik dr dulu sdh jd favorit sy, apalagi aplikasinya buat binocular vision. Trims, postingannya menarik mas! Tp ada satu hal yg perlu saya garis bawahi di sini(ceeille..agk serius nih). Soal judul “Lensa Prisma” menurut saya (maaf mas) kurang tepat gitu. Istilah prisma mohon dibedakan dengan definisi lensa, sebab syarat mutlak sebuah lensa ophtalmik adalah “dia” harus punya titik fokus; sedangkan prisma? Gambaran umum sebuah lensa ophthalmik adlh gabungan dari sejumlah prisma yang saling bertemu (apex vs apex– >concave lens atw base vs base–>convex lens)sedemikian rupa hingga terbentuk sebuah lensa yang mempunyai titik fokus. Di beberapa literatur yg sy baca mereka (penulis)cenderung menggunakan istilah ‘ophthalmic prism’atw ‘prism’ saja sbg penjelasannya. Klau padanan bhs qta mungkin jd ‘prisma opthalmik’ y,(kira2 gt mas). tq

    • Kastam PenulisBalas

      @anggoro,
      Oh gitu yaaa, ini kayaknya juga salah kaprak kali yaaa, suka di sebut lensa yang ada prismanya… jadinya kayak lensa prisma…
      Boleh saya revisi yaaa…

  2. chic Balas

    saya ingin mengenal ttg PRISMA lebih jauh. Kapan artikelnya dilengkapi? terimakasih

  3. Kastam PenulisBalas

    Lensa Prisma adalah bentuk lensa di mana terdapat puncak/bagian yang tipis (apex) dan bagian yang tebal/dasar (base) yang dengan perbedaan bentuknya itu bisa memindahkan bayangan, dimana nilai 1 prisma itu berarti akan memindahkan bayangan sejauh 1 cm dari objek yang berjarak 1 meter. itu cara kerjanya… kalau real nya, jika seseorang mengalami diplopia (double) pada penglihatan setelah berkacamata maka dengan di berikan lensa ini dengan tujuan untuk menyatukan atau menggeser bayangan yang ada menjadi satu.

  4. Mardi Balas

    Saya juling pak, kira2 kacamata prisma itu brapa harganya?
    Dan dmn bisa d dapat?
    Trims

  5. Gunawan Wibisana Balas

    Dear Pak Kastam,

    Senang saya membaca tulisan Bapak tentang lensa prisma.
    Mohon info di mana saya bisa beli lensa prisma untuk anak saya?
    Anak laki-laki saya juling isotropia (umur 2.5 tahun).

    Thanks,
    Gunawan WIbisana

    • Kastam Balas

      @pak, Gunawan,
      Terima kasih atas kunjungannya.
      Prisma ophthalmik bisa id beli di optik mana saja pak, silahkan bapak ke optik dan berikan resepnya.
      nanti pihak optik atau labnya akan memproses dan membuatkan sesuai resep bapak.

      Jadi lensanya perlu di pesan itu saja, biasanya ada biaya tambahan dri ukuran biasa dan itu tidak mahal kok.

      Terima kasih dan saya ingin mendengar bapak sudah mendapatkan lensa yang dimaksud.
      terima kasih

  6. akbar Balas

    saya berumur 18thn,mata kiri saya juling ke arah kiri…
    apkah bisa di terapi dengan kacamata prisma…
    apkah diwajibkn utk operasi…
    mohon jwbn nya…

  7. Chandra Balas

    pak, tolong di share dong cara pemeriksaan prisma…

    makasih pak…

  8. Ulil A Balas

    Siang dok, saya pria umur 24 tahun, mata kiri saya juling kearah dalam, kemarin saya berniat operasi strabismus, tetapi dokter menyatakan bahwa operasi tersebut bisa dilakukan, namun keadaan mata berangsur akan kembali lagi (juling) dikarenakan ada permasalahaa pada mata tersebut (virus kucing). Yang saya ingin tanyakan, apa bisa saya menggunakan lensa prisma hanya untuk kosmetik di mata kiri saya agar penglihatan mata kiri saya sama dengan mata kanan ?

  9. Rifai Balas

    Pak, saya ingin memesan kacamata prisma di bapak. Sekalian konsultasi, cara nya bagaimana? Mungkin ada kontak yg bisa di hubungi pak..

    • Kastam RO PenulisBalas

      Apakah sudah ada resepnya… jika sudah bisa di proses,
      Jika beluom maka perlu pemeriksaan terlebih dahulu.

      Tks

      • Andi Balas

        Waktu periksa mata di Rs dikota saya. Saya ga diresepin kacamata dg lensa prisma pak. Itu gimana pak? Harus periksa ulang. Saya exo sejak umur 11 thn

        • Kastam PenulisBalas

          Tidak semua pasien diperiksa prisma, sekiranya tidak ada indikasi atau keluhan yang mengarah ke sana.
          tks

        • Kastam PenulisBalas

          sudah pasti exo yaaa… mestinya sih diperiksa…
          silahkan periksa ulang …

    • Kastam PenulisBalas

      Tergantung ukurannya dan jenis lensanya… karena prisma ophthalmik bisa jadi tidak berdiri sendiri

    • Kastam PenulisBalas

      tergantung lensa utamanya juga.
      karena prisma itu tambahan proses saja

  10. Sapto adji Balas

    Pak, kira2 harga kacamata prisma itu berapa? Saya penderita exo

    • Kastam PenulisBalas

      Prisam ophthalmic itu tidak begitu mahal, artinya tidak jauh dengan lensa tanpa prisma.

  11. Eri Yanto Balas

    Saya juling pak, kira2 kacamata prisma itu brapa harganya?
    Di Riau ada gak jualnya ?

  12. Iroh Balas

    Slamat sore pak Kastam

    Pak, mata kiri saya juling sblah kiri mnghdap ke arah dalam gtu , kira”bsa ga sya pake kcmata prisma ? Trs hrga kacamatanya brpa yaa pak ? Mohon di jawab yaa pak ,, trimakasih 😊

    • Kastam PenulisBalas

      silahkan periksakan dahulu dan setelah ada resepnya baru di buatkan.
      Tidak beda jauh untuk prism opthalmik

  13. Zulfa Makromah Balas

    pa lapang pandang mata saya menyempit untuk ke 2 bola mata di sebelah kanan. jd apabila mata saya fokus ke depan yg di sebelah kanan tak terlihat. apakah pakai kaca mata prisma bisa membantu pa agar melihat menjadi jelas kembali. boleh saya minta kontak bapak. terima kasih

    • Kastam PenulisBalas

      Prisma ophthalmik untuk membantu ketika ada penglihatan menjadi ganda, tapi kalau untuk lapang pandang sempit, itu biasanya karena ada glaukoma atau tekanan bola mata yang tinggi.
      Sebaiknya periksakan dahulu ke dokter mata.

      No saya : 081585009643

  14. Kim Lee Balas

    Pak untuk priksa mata starbismus bisa gk iya pak.. sekalian bikin kaca mata y..Dan daerah mana?? terimakasih

  15. kasmanto Balas

    Bagaimana cara pemeriksaannya, untuk mendapatkan kekuatan dioptimalkan prismanya dan juga arah base nya..
    Terima kasih

  16. Fena Balas

    Pak saya baru beli kacamata prisma, lensa nya itu sama kayak kacamata biasa ya? Soal nya ga ada perubahan baik pakai atau tdak

    • Kastam PenulisBalas

      Secara sekilas prisma sama saja dengan lensa biasa, hanya kalau ukuran prisma nya besar agak tampak tebal tipisnya antara satu dan lainnya. Efek pemakaian prism bukan jelas terang tapi double atau tidak

  17. rblack Balas

    Salam Pa Kastam, saya mau tanya ada pasien resepnya R PL prisma 6 out L 4 down. setelah dibuat yang (R) jadi tebal di pinggir luar, yang (L) tebal di bagian bawah. ada solusi lain tidak supaya kosmetikya bagus (tidak terlalu tebal)

    • Kastam PenulisBalas

      Itulah Prisma sesuai basisnya, disitulah tempat tebalnya.

  18. Ivan Kurniawan Balas

    Pak, saya operasi strabismus setahun lalu dan sekarang masih sisa sedikit. Terakhir cek sisa 3 prisma. Yang saya mau tanyakan, kalau saya bikin kacamata prisma, itu bakal bantu look dari depan ga ya pak? Kalau saya liat jauh keliatan banget juling lagi. Kalau pakai kacamata prisma bisa normal ga ya look nya dari depan? *Bukan ke diplopianya tapi ke look improvement nya pak. Terima kasih pak.

    • Kastam PenulisBalas

      Sebenarnya, sebelum kacamata di buat bisa di uji cobakan dan bisa di lihat bagaimana hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *