Mengenal Diri Sendiri dalam Konteks Umat Muslim

Karena hari Jum’at ini saya libur, saya sholat Jum’at di dekat rumah di masjid Al Murtadho.

IslamSebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, “Barang siapa yang mengenal dirinya maka akan mengenal Tuhannya”.

Bagaimana cara mengenal diri kita?


Ada 5 cara agar kita bisa mengenal diri kita, yaitu:

  1. Aqidah harus selamat, saat ini banyak sekali orang atau media apapun yang banyak sekali ingin mencoba mengganti aqidah kita, misal, di koran atau majalah yg ada ramalan bintangnya, ada aries, libra, gemini dan sebagainya, misal pada minggu ini, kesehatan bagus, keuangan tidak bermasalah, namun hati-hati ada bahaya yang mengancam rumah tangga anda. Nah, orang yang tadinya cuman iseng-iseng membaca jadinya ragu bimbang dan tanpa di sadari percaya dengan diubahnya perilakunya yang berhubungan dengan keluarga, terlepas membawa dampak yang bagus atau tidak, yang pasti aqidah sudah dirusak karena sudah percaya pada ramalan, dan mengesampingkan Tuhannya. Perlu diketahui bahwa ada 5 kunci ghaib yang hanya ALLAH yang tahu, yaitu:
    • Kapan terjadinya kiamat hanya ALLAH yang tahu, jadi kalo ada yang bilang tahun sekian bulan sekian tanggal dan jam sekian akan kiamat, maka sebaiknya orang itu “ngaji” dulu.
    • Allah yang menentukan suatu tempat itu hujan atau tidak, jadi bukan pawang hujan. Jadi kalo pas ada pawang dan ternyata tidak hujan maka itu memang kehendak Allah untuk tidak turun hujan.
    • Allah tahu apa yang ada di dalam kandungan, memang kemajuan teknologi bisa melihat janin yang di dalam kandungan, misal laki atau perempuan, meskipun kadang juga salah, tapi apakah nanti itu akan lahir normal pada kaki, tangan, hidung, telinga dan sebagainya, hanya Allah yang tahu, karena sesungguhya manusia itu memang di beri ilmu atau pengetahuan tapi hanya sedikit.
    • Manusia tidak tahu apa yang akan di lakukan besok, jadi kalo di televisi ada madam sahara, mama lorent ato siapa saja itu, bahwasanya dia sendiri tidak tahu apa yang akan dia lakukan keesokan harinya. Jadi hanya Allah yang tahu apa yang akan dilakukan besok hari.
    • Setiap orang tidak tahu, di bumi bagian mana dia akan meninggal dan di kuburkan. Karena kita juga tidak tahu kapan kita meninggal. Hal ini hanya Allah yang tahu.
  2. Mencari ahli ibadah, ada satu pertanyaan yang kita coba kita tanyakan pada diri kita yaitu:”Sudah nyamankah kita melakukan ibadah?”, kalo kita belum merasa nyaman, ato merasa terganggu kalo kita melaksanakan ibadah maka ada sifat munafik dalam diri kita. Inti ibadah kita kita itu adalah shabar dan sholat.
  3. Kokoh akhlak kita, banyak alim ulama yang tidak mempunyai akhlak yang baik sehingga banyak orang yang pinter tapi akhlaknya tidak baik.
  4. Luas Wawasannya, Baca kitab cuman satu saja sudah berlagak benar sendiri, sehingga menyalahkan orang lain yang punya pendapat beda dengan dia. Janganlah hal yang bersifat khilafiyah itu di ributkan.
  5. Bisa bermanfaat untuk umat yang lain, ini udah ada di posting yang dahulu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *