Optik online Konsultasi Online 6 – Optik Online

Konsultasi Online 6

Konsultasi Online dengan Kastam,ROHi, Pengunjung setia blog www.optikonline.info …. apa khabar… semoga anda semua dalam keadaan sehat walafiat tak kurang suatu apa. Amin. Lihat foto saya, kayaknya mau ceramah yaaa… atau konsultasi di mesjid gitu.. he he he… (cita-cita : mode on)

Melihat data terakhir mengenai halaman konsultasi yang ke-4 sudah mencapai 123 komentar dan seperti biasanya, maka jika sudah ada percakapan lebih dari 100 saya mesti buatkan halaman baru agar anda semua tidak usah menggulung layar monitor anda jauh ke bawah, walaupun untuk design saat ini untuk komentar sudah bisa di potong sehingga tidak ditampilkan semuanya, namun untuk menjaga keutuhan percakapan baiknya saya buatkan halaman baru.

Untuk anda yang ingin komentar, saran atau bertanya, saya sarankan anda melihat dahulu topik yang akan anda tanyakan apakah sudah ada di blog ini atau belum, dengan cara…:

[adsenseyu1]

  • Melihat artikel atau kategori dengan di tab samping kanan
  • Mencari topik yang anda cari di kotak pencarian yang ada di kanan atas
  • usahakan bertanya pada topik yang sesuai dengan topiknya, kecuali tidak ada di blog ini, maka di halaman komentar bawah adalah tempatnya
  • Jangan lupa lihat dan baca dahulu komentar oengunjung lain di setiap topik yang anda minati
  • Jangan lupa lihat dan baca di halaman Konsultasi 1
  • Jangan lupa lihat dan baca di halaman Konsultasi 2
  • Jangan lupa lihat dan baca di halaman Konsultasi 3
  • Jangan lupa lihat dan baca di halaman Konsultasi 4
  • Jangan lupa lihat dan baca di halaman Konsultasi 5

Nah, semoga anda tidak membuang waktu berharga anda,.. dan jangan lupa sedikit bantuan anda sangat berarti buat saya, caranya…? Baca di bawah halaman ini. 🙂

[adsenseyu1]

115 thoughts on “Konsultasi Online 6

  1. as/.,.,?gmn cra yng mempunyai penyakit katarak apakah bsa d bantu dngan optic,
    yang pnya pnykit gula ?trm as/.?

  2. @Ade:
    pertanyaannya kurang jelas tuh pak.

    kalau ada katarak pilihan terbaik yaa operasi katarak. Namun kalau ada gula mesti dilihat berpaa dlu gulanya… diturunkan dulu, ntar kalau dah stabil abru di operasi.
    Sebaiknya ke dokter dulu aja untuk tahu persisnya gimana.

  3. dokter saya mau tanya/…

    saya kemarin sakit 1bulan dengan rincian :
    2 minggu di R.S dan Sisanya Dirumah…

    nah ini ada yang saya alami :
    kenapa mata saya tidak merasa enak dalam melihat ????
    apakan ada obat yang disarankan oleh dokter..agar mata saya kembali ???? karena saya sedang minum Vitamin A kalau bisa kasih saya nama vitamin lain yang lebih bagus…

  4. dokter saya mau tanya

    saya kelas 3 SMA,saya menderita penyakit mata silinder 3..terus saya jarang pake kacamata.Itu pun klo mau belajar aja..dan saya jarang kontrol ke dokter mata

    sekarang mata saya jadi kecil dan merah apa itu dampak dari penyakit silinder saya dok ?
    dan bagaimana cara menjaga mata saya agar silinder saya tidak bertambah ?

  5. @Albert:
    Ma’af saya bukan dokter.
    sebaiknya anda periksa ke dokter, d periksa dulu matanya… vitamin A tidak semestinya menyembuhkan karena itu hanya sebagai kebutuhan untuk stabil, tapi kalau sudah sakit yaaa coba cek dulu… biar ketahuan penyebabnya.

    @Ajeng:
    Saya bukan dokter yaaaa… hehehehehe
    Mata cylinder tidak menimbulkan mata merah dan kecil, karena umumnya cylinder itu terjadi jika kelengkungan kornea antara meredian yang saling tegak lurus tidak sama.
    Tantunya sebaiknya anda pakai kacamata, sehingga penglihatan anda akan lebih baik. Dengan memakai kacamata tentunya penglihatan anda tidak ada paksaan ketika melihat dan itu lebih baik.

    • @surya :marah , itu pasti karena kau main ama lonthe :maho
      najis kau :najis
      pasti kau kena sifilis. mati aja kau :batabig

  6. mas
    saya azzam..
    saya sudah menderita kelainan mata ..
    yaitu juling……atau kata dokter strabismus..
    saya pingin nanya apakah habis operasi ada efek samping ya??

    • @Azzam…
      operasi juling tentunya…

      karena selama ini anda melihat bergantian satu mata atau mungkin hanya satu mata saja terus
      dan nanti setelah di operasi jadi lurus dan ingin menggunakan kedua mata maka perlu latihan, akan terasa
      pusing dan aneh… namun tetep berlatih nantinya lama lama bisa stereo….

  7. Ass.
    pak saya mau tanya …
    selama ini saya pikir mata anak saya hanya jereng saja sebelah, namun setelah saya teliti dengan menggunakan senter kecil pada mata yang juling tersebut mengalami kerusakan bahkan pada samping kanan kiri lensa mata anak saya ada seperti cairan bening lalu pada tengah(daerah hitam kecil) seperti mulai berganti bening. dan saat ini katanya sudah tidak bisa melihat lagi… saya ingin tanyakan, apakah buta anak saya bisa dibilang permanen atau masih bisa disembuhkan, apakah penyebab penyakit pada mata anak saya tersebut pak?.
    salam
    yusuf maulana

    • @Yusuf:
      melihat uraian bapak kalau memang benar adanya saya kira segera ke dokter mata untuk di periksa lebih intensif pak.
      Saya tidak bisa menjawab kondisi ini, karena sudah sangat spesifik.
      Maaf

  8. pak apa ada caranya menyembuhkan penderita deutan sedang atau deuteranomalia sedang???

    • @Gardea: Biasanya ukuran softlens cyl minimal -0.75 .
      Saya dah bahas mengenai astigmat atau cylinder di blog ini… yuk di search aja yaaa…

  9. Assalamualaikum, pak saya pria berusia 26 th. mata saya minus 4.5. dan menggunakan kaca mata. saya ingin tanya kenapa ketika melihat lurus semuanya jelas, tetapi ketika melihat/melirik kesamping menjadi buram padahal saya sudah memeriksa mata saya dan minusnya tepat. sebagai info tambahan mata kanan saya ada silindernya -050. atas jawabanya saya ucapkan banyak terima kasih.

    • @Aditya:

      ketika melihat lurus semuanya jelas, tetapi ketika melihat/melirik kesamping menjadi buram padahal saya sudah memeriksa mata saya dan minusnya tepat

      Artinya kondisinya adalah saat pakai kacamata khan… ya iya lah… kalau nggak pakai pasti buram semua.

      Begini, ini yang di namakan abberasi, lensa tertentu atau kwalitas kurang bagus atau lensa dengan design spheris bisa saja mempunya abberasi tinggi, dimana posisi lurus pas fokus jelas tajam, namun di daerah pinggir buram, ini akan kelihatan saat kita melirik ke atas atau ke samping.

      Solusinya cari lensa yang dengan design Aspheric, tanyakan pada optik anda… sekarang dah banyak.
      Disamping lebih tipis juga bisa minimal atau hilangkan abberasi itu.

  10. asalamu`alaikum pak,sayamau tanya,saya adalah pengidap buta warna yang kurang pada warna merah dan hijau!!!apakah ada lensa/kaca mata yang dapat memperjelas penglihatan warna saya???trus bagusan mana antara lensa dengan kaca mata??dan apakah buta warna saya dapat sembuh kalau saya setiap hari menggunakan lensa/kaca mata??dan yang terakhir berapa kira kira harga lensa dan kaca mata??

  11. @arif:
    Untuk buta warna sampai sekarang saya belum tahu ada obatnya atau belum, tapi sepertinya tidak ada obatnya, itu adalah dari kondisi bawaan.

    Jadi juga tidak ada kacamata atau lensa kontak yang di gunakan untuk koreksi itu, otomatis harganya saya juga tidak tahu, karena tidak ada.
    🙂

  12. Pak kastam saya sedang berminat untuk ganti lensa kacamata saya dengan transition lens atau Photochromic lenses.
    saya mau tanya untuk merek Photochromic lenses yg bagus apa yah pak? dan kelebihan masing – masing dari brand nya.
    Dan apakah ada Photochromic lenses yg melindungi dari radiasi monitor laptop/komputer juga?
    Mohon petunjuk.
    Terimakasih atas jawabannya..

    • @febri:
      Maaf yaaa… saking sibuknya dan komputer saya sedang hang jadi baru bisa jawab…
      saya jawab di halaman lensa photochromic yaaa…

  13. pak, mata saya itu kalau melihat agak buram, kepala saya sering pusing,badan jg terasa lemah…

    ada gak ya pak hubungannya sama sakit mata ?.
    apa yang harus saya lakukan ?…

    terima kasih sebelumnya…

    • @ricky,
      Pertama yang jelas.. matanya buram.
      maka langkahnya periksa aja ke Optik atau dokter mata, karena dengan penglihatan buram maka ada pekerjaan otot mata yang extra dan menjadikan pusing… baru nanti akan tahu diagnosanya yaaa…
      silakan ke dokter dulu
      :tkp

  14. pak kastam, saat naik motor di malam hari, saya suka ga kelihatan jalan kalau ada cahaya lampu kendaraan lain di arah yang berlawanan, biarpun lampu kendaraan tersebut tidak mode jarak jauh. apakah mata saya normal atau perlu diobati?

    • @nursanty,
      Kondisi ini bisa di bilang normal bisia juga tidak.
      umumnya memang dengan lampu berpapasan itu silau.

      Sepertinya tidak ada obatnya, kalau mau pakai kacamata walaupun nol.
      Dengan lensa jenis polarized.
      Dia anti glare, silau dan sejenisnya.

  15. Selamat pagi …

    Saya baru saja melakukan pengecekan mata dan memperoleh hasil VODS = 20/50. Kalau pakai bahasa awam, hasil itu apa ya ? Trus, apakah ada impact buruk dari hasil tersebut ? Jika ya, bagaimana cara mengatasi atau mengobatinya ?

    Satu lagi, mengenai hasil diatas, berapa sih hasil normalnya ?

    Terima kasih.

    • @Arfi,
      kalau di sebut VODS, itu berarti tajam penglihatan setelah di koreksi.

      target seorang di katakan normal 20/20 dan kalaupun ada ukuran kacamata maka harapan baiknya adalah VODS: 20/20 dan kalau bisa AVOD dan AVOS = 20/20 maka ini artinya normal tanpa koreksi.
      Kalau dengan koreksi saja (VODS=20/50) itu kemungkinan ada masalah di matanya, bisa jadi mata males dsb.
      Kalau memang AVODS nya lebih besar lagi misal 20/400 maka anda saat ini perlu kacamata sehingga bisa melihat dengan visus 20/50 dan itu kurang sekitar 4 baris dari teks periksa mata.
      Coba baca mengenai tajam penglihatan di blog ini

  16. siang pak kastam, bisa bantu rekomendasikan ke saya rumah sakit yg baik utk operasi katarak pada penderita anak balita dengan biaya yg terjangkau?
    terima kasih

  17. Dokter, mata sebelah kiri saya seperti ada yg rambut/bulu mata/serabut hitam seperti sehelai rambut gantung didlm mata kalo saya melihat cahaya terang & warna putih. Tp kl melihat warna2/apapun (huruf,org, dll) saya msh jelas. Itu knp ya Dok? krn kondisi mata saya normal alias tdk pake kacamata. Saya sdh pakai obat tetes mata tp ga ngaruh jg. Mhn jawabannya ya dok, sekian & thx bt jwbnnya ya 🙂

  18. Hallo, Mas mau tanya….ada sepupu saya matanya kalau melihat kedepan dan kebawah ada dua bayangan tapi kalo kesamping dan ke atas tidak…sudah di periksa kedokter untuk mata katanya tidak bermasalah..apakah Bapak punya pengalaman untuk Penyakit seperti ini? Penyakit apakah ini? Terima kasih

        • @octovia,

          kalau bayangan d maskud kayak awan atau sejenisnya bisa jadi ada kekeruhan lensa, namun tidak menyeluruh, misal hanya di bagian tertentu.

          Saya rasa coba periksa ke dokter mata yang lain lagi untuk second opini yaaa..

  19. selamt sore,saya didiagnosa butawarna parsial,bagai mana cara mengobatinya?apa di jogja ada,

  20. saya mau tanya harga mesin faset yg semi auto sama yang auto yang harganya terjangkau tapi kwalitasnya agak bagus,Trims.

  21. Pak,mata saya sebelah kanan bagian putihnya seperti ada bengkak nanahnya. ini sudah sebulan lebih. kadang2 mata saya berwarna merah. saya sudah ke rumah sakit, diberi tetes mata tobroson (yg pertama) dan yang kedua vernacel. tapi belum ada perkembangan. mata saya kenapa ya pak?
    trimakasih

    • @pakarmulyo,
      Tentu berdampak buruk bagi si pemakai.
      Ibarat ornag normal pakai kacamata ukuran…

      Mata akan di paksa mengikuti arah sinar dari lensa yang di pakai.
      yang seharusnya sudah normal pas di retina bisa jadi klewat atau kurang.

    • @lisa,
      pilih frame plastik, yang rimnya tebal dan cari transitions dengan index lebih tinggi dari CR39, misal Airwear atau mungkin ada index yang lebih tinggi juga dengan design Aspheric, agar lebih tipis.
      Tks

  22. pak, saya mau tanya, gimana caranya supaya saya tdk pake kacamata lgi.. tapi, saya skrng menderita penyakit rabun jauh .. gimana pak caranya agar saya tidak pake kacamata lgi..

  23. ASSLAMUALAIKUM .mata saya yg kanan sering berwana merah,dan sedikit ada bintik putihnya di tepi bola mata yg hitam,juag di sekeitar bintik putih tadi ada kaya macam serabut akar memerah selalu.kena si lau cahaya/terik mata hari tambah merah dan sring ber air.terimakasi.UMUR SAYA 34 TH.

  24. ASSLAMUALAIKUM .mata saya yg kanan sering berwana merah,dan sedikit ada bintik putihnya di tepi bola mata yg hitam,juGA di sekitar bintik putih tadi ada kaya macam serabut akar memerah selalu.kena si lau cahaya/terik mata hari tambah merah dan sring ber air.terimakasi.UMUR SAYA 34 TH.BAGAI CARA BEROBAT SAYA,DAN KENAPA INI

  25. saya penderita mata juling n miopi gravior…
    skrng z minus 10..
    ada sulusi ndk untuk membuat mata z stabil kembali..
    krn z kemarin ke dokter hx dianjurkan untuk memakai kacamata..
    mohon bantuannnya

  26. mas,saya mau tanya,knp kalau orng da terbiasa pakek flatop trs mau pakek progresif kok kesulitan???

    • @heppy,
      Yaaa sebenarnya tidak semuanya…

      Inti masalahnya adalah dengan flattop, daerah baca jelas terlihat di mana posisinya, sehingga untuk membaca arahnya enak atau gampang.
      Dengan progressive daerah baca tidak jelas posisinya.

      Daerah sedang di Flattop tidak ada, sedang progressive ada, begitu juga daerah pinggirnya.

      untuk perlu adaptasi atau latihan dahulu untuk bisa menyesuaikan dengan lingkup baru.

      • @Kastam, kryptok kan daerah bacanya jg kelihatan tp katanya,adaptasinya lebih sulit pakek flatop….tu knp y mas????

        • @heppy,
          walaupun ada batasnya… kryptok lompatan bayangannya lebih halus, untuk CR flattop pasti ada tonjolannya di depannya… coba di raba, untuk glass, dia di beri lensa dengan index lebih tinggi…
          dst…

  27. Permisi dok, saya mau tanya, suatu ketika pada mata kanan saya tiba2 mengalami strabismus. Hal ini saya ketahui dg mencari informasi di internet.

    Sebelumnya, saat saya bermain game di NDS, tiba2 di mata kanan saya, saya melihat ada bulatan yg menyamarkan penglihatan, bulatan itu berbentuk donat, dimana pada bagian tengahnya saya bisa melihat dg jelas, tapi di bagian tepinya terlihat warna putih sehingga saya kesulitan utk melihat di tepinya.

    Dua hal yg terjadi di mata kanan saya terjadi dalam waktu yg cukup dekat dg di awali terlebih dahulu adanya bulatan putih, setelah itu, saya merasa mata kiri saya lebih dominan utk melihat (bulatan yg terlihat di mata kanan kurang nampak, tapi saat saya menutup mata kiri saya, saya melihat dg jelas adanya bulatan putih saat melihat dg mata kanan. Dan dari situlah saya merasa, kok tiba2 klo saya melihat fokus/konsentrasi dg kedua mata, tiba2 kornea mata kanan saya lari ke atas kanan. Saya pun mencari tahu hal ini di internet dan saya pun akhirnya tahu kalau mata kanan saya mengalami strabismus jenisnya Hipertropia.

    Saya ingin tanya, bagaimanakah cara mengobati mata kanan saya itu dok? Mohon maaf jika saya menulisnya terlalu panjang dan agak membingungkan.

    • @anang,
      langkah pertama, anda mesti periksa dulu, apakah diagnosanya bener strabismus Hypertropia.

      Selanjutnya jika apa kata dokter dan resepnya untuk di penuhi.

      Jika ada diplopia atau double penglihatan karena ingin bersatunya penglihatan kanan dan kiri maka akan di berikan resep Prisma dan itu nantinya akan berupa kacamata.

      Atau akan di lihat dl dari cerita bapak yang ada bulatan donat itu, indikasinya akan di lihat di retina bapak.

      Jadi sebaiknya anda segera periksa ke dokter mata dl yaaa.
      :tkp

  28. Pak castam.sy periksa orang anak umur 11 tahun r/l=-025 cyd -025 add +100 selain uk itu dia tdk bisa ngelihat .mohon penjelasanya pak.karena ini pertama kali saya lihat.

    • @Saroha,
      Ada apa anak umur 11 tahun ber ADD padahal ukurannya kecil.
      Selama ini tidak pernah pak, kecuali [unya minus tinggi dan untuk myopic control ada ADD dan besar sekitar +3.00.

      Sepertinya ada masalah dengan daya akomodasinya…, sebaiknya rujuk ke dokter pak.

  29. Assalamalaikum pak Kastam.

    Saya seminggu ini sudah 2 kali merasa penglihatan saya terganggu. yaitu pandangan saya agak kabur dan di tengah2 seperti ada fatamorgana yang bergerak-gerak. Ada apa dengan mata saya ini pak? Kalau penyakit, apa namanya?

    Terima kasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum.
    Syamsudin

    • @syamsudin,
      jika ada benda terbang, kayak lalat, cacing atau nyamuk atau bentuk lain, bisa hitam atau abu abu maka itu floaters.
      Silakan baca di blog ini mengenai floaters, di search aja.
      tks

  30. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Terima kasih pak telah memperhatikan pertanyaan saya tgl. 13 Desember kemarin. Pak Kastam, setelah saya baca topik tentang floaters, ternyata gejalanya hampir sama hanya warnanya tidak HITAM. Tetapi terang menyilaukan mata dan bergerak seperti fatamorgana.
    Jika saya bisa ambilkan contoh seperti kita menyetir mobil sehabis hujan. Sisa air hujan yang ada di kaca depan disinari lampu mobil lain dari depan. Disamping silau, juga sisa air tersebut membiaskan cahaya dan bergerak-gerak.
    Efeknya perut menjadi mual dan kepala rasanya pusing.

    Mohon penjelasannya pak. Terima kasih
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    • @syamsudin,
      Wah sepertinya saya kurang paham, namun demikian floaters sendiri tidak harus hitam, bisa abu abu atau putih.
      Kalau sangat mengganggu sebaiknya segera ke dokter.
      🙂

  31. Selamat Sore Pa Kastam, mau konsul pa, begini…istri saya mengidap hipertensi, tiba2 mata sebelah kanan penglihatannya kabur tidak jelas, karena sedang mengandung…akhirnya dokter mengambil keputusan untuk di sesar, Alhamdulilah keduanya selamat, pasca operasi penglihatan istri saya masih kabur dan sering sakit kepala…..menurut pa kastam, apakah istri saya bisa kembali seperti semula…..? mohon saran dan bantuannya…trims …salam

    • @Yep Efendi,
      Hypertensi, kemudian diabetes atau gula tinggi bisa mempengaruhi kondisi penglihatan (refraksi) mata.

      Untuk mencegah hal yang tidak di inginkan saya pikir segera ke dokter mata dlu untukpastikan ada apa di matanya.
      🙂

  32. Pak, saya mw tanya… kl mata minus bisa bener2 hilang ga minusnya? trz.. ada web yg diajukan bapak itu benar2 bisa mengobati minus? komposisinya ap aj? gmn saya bisa mendapatkannya?

    terimkasih ya pak…

    • @ade adena,
      dengan lasik bisa benr-benar hilang.

      Web saya ajukan apa yaaa… kok lupa saya,
      Komposisi dll saya lupa maaf

  33. pagi dokter.
    saya mau tanya?
    1. berapa minus tertinggi kaca mata?
    2. kalo di lasik apa bagus. terus kalo lasik biasanya bisa tahan berapa lama? saya baru berumur 26 tahun tapi kaca mata saya sudah mencapai minus 13.
    3. menurut dokter apa solusi yang terbagus untuk saya?
    4. Apa ada obat untuk turunin minus di mata saya?

    Terima kasih ada info yang diberikan.

    • @edi,
      Istilahnya yaa gak ada minus tertinggi, selama masih bisa di buat oleh lab, dan frame kuat serta mau pakai pasiennya (otomatis tebel banget)

      Lasik bagus, sampai 20 tahun ini stabil hasilnya.
      -13.00 lasik, jika kornea tidak cukup tebelnya maka ada pilihan misal phakic iol atau RLE

      Secara medis tidak ada, namun dipasaran banyak, coba cari tahu dl ke faktanya.

  34. slmt pagi/siang/sore/mlm
    q diana 22 thn
    mo tnya,q udh lama bgt pke softlens,q udah ikutin saran cara pemakaian dan perawatan softlens,trs senin tgl 13des kmrn ru j dari dokter mata,kata dokter q kena kurang oksigen yg nyerang kornea,q emg curiga bgt pas tw digaris kornea q kaya ada selaput yg mengganjal n kering rasanya tp msh diatas lum smpe bawah korneanya,kata dokter q diwajibin tidak memakai softlens untuk 1 minggu dulu,selepas pengobatan baru boleh memakai lg,tp q msh bingung n rada2 takut j pakai softlens lg,tp klo pke kacamata rasanya bikin pusing n ribet aja
    yg q mo tanyain ;
    1.apa hipoxia bisa cepat disembuhkan?
    2.supaya tidak terkena hipoxia lg sewaktu pakai softlens bagaimana caranya?
    3.produk softlens yg bagus biasanya apa?
    4.apa hipoxia bisa menyebabkan gejala penyakit mata lain?misalnya katarak/kanker *-*?
    5.pemakaian softlens yg baik,maksimal berapa jam tiap harinya yah?q suka pakai tiap hari bahkan bisa dari pagi pe mlm (cuma pas mau tidur aja q lepas)?
    6.cairan yg tepat untuk softlens itu apa?
    7.bagaimana agar minus pada mata tidak bertambah?
    8.obat vernacel bisa untuk dipakai pada saat memakai softlens tidak?

    oya ada lagi, q dikasih obat namanya sofradex dan vernacel,
    kalau vernacel itu bisa untuk tetes mata waktu pemakaian
    softlens tidak yah?

    Mohon jawabannya?
    terimakasih
    Diana
    terimakasih

  35. saya perempuan berumur 21 dan sudah satu satun saya bekerja sebagai operator komputer. Belakangan saya menderita penyakit mata, mata saya hari ke hari semakin gatal apalagi kalau malam hari kadang saya tidak bisa tidur dibuatnya. tapi anehnya meskipun gatal mata saya tidak memerah ataupun membengkak hanya kelopan mata dan ujung/pangkal mata saya terasa sangat-sangat gatal seperti digigit semut sehingga kadang2 saya kucek, kasih air hangat, ato pakai obat mata meskipun itu tidak menghilangkan rasa gatalnya.

    • @ratna,
      mengucek mata secara keras kurang baik, bisa membuat kornea anda lecet dan malah menimbulkan masalah baru.
      Saya rasa sebaiknya segera ke dokter, nanti akan di beri obat tetes untuk menghilangkan penyebab gatalnya itu, bisa jadi ada tumbuh semacam bakteri atau yang lainnya.

  36. pak,saya penderita juling.. Saat ni berumur 22thn. Saat msh ank2,sy tdk bgitu merasakn keanehan mata sy,namun ktika sy smkin dwasa,sy smkin tdk mampu memperthnkn mata sy agr nampak normal,krn sy lelah melakukan’a. Mata kiri sy yg juling itu slalu lari kearah kiri pak,membuatnya tdk simetris dgn yg kanan. Oh iy,sy sdh periksa k’dr specialis mata,beliau blg dgn kcmata akn tdk terliht kalo mata sy juling,akhrny sy pke kcmta resep dr trsbt, kanan cyl 0,5 dan kiri cyl 1 pak. Bgaimana tanggapan bpk? Apkh mata sy dpt dinormalkan kmbli? Krn saat ni sy srg mrasa pusing2,jd trganggu sj. Bgaimana cranya? Kalo lensa prisma itu bs sy gunakan tdk? Trmksh. Maaf kalau membingungkn.

  37. Asalamu’alaikum Wr. Wb.

    Pak Kastam yang terhormat,

    Saya menderita minus sejak SD dan saat ini telah berusia 43 tahun, Minus terus bertambah sekarang 17 dan 18. Saat ini saya merasa penurunan penglihatan yang lebih cepat di 1 tahun tekahir. Melihat garis lurus seperti berbelok. Saya ingin sembuh dari derita ini, untuk menikmati sisa hidup ini. Masih mungkinkah diobati atau operasi ? dan bagaiman tingkat keberhasilannya, serta perkiraan biaya ? Terus terang bukan saya tidak menghadapi resiko terburuk, Namun pertimbangan saya anak saya masih ke klas 3 SMA dan terkecil 16 bulan, yang menjadi tanggung jawab saya. Mungkinkah ada asuransinya saat tindakan pengobatan ? Terimakasih atas perkenan menbalasnya

    Hormat saya

    Musthofa

    • @Musthofa,
      Wa’alaikum salam.

      Dengan kondisi minus seperti itu memang sungguh berat, kacamata berat mungkin anda pakai lensa kontak.

      Masalah bisa diobati atau tidak, beruntung anda saat ini masih ada operasi yang paling tidak walaupun tidak membuat anda misal 100% normal, paling tidak ada minus dikitlah sekitar 1-2 D.
      Kalau operasi Lasik saya kira tidak bisa habis, mengingat tebal kornea anda pastinya tidak cukup untuk menghabiskan minus 18 an, dan kalaupun cukup maka jumlah kornea yang harus di buang akan tebal sekali.
      Alternatif saat ini adalah di lakukan RLE, saya sudah bahas di blog ini mengenai RLE, silakan di search aja.
      Alternatif lain adalah Phakic IOL, sepertinya saya juga sudah bahas di sini, silakan di search juga.

      Semoga ada jalan untuk menikmati kwalitas hidup dari sisi penglihatan lebih baik.
      Amin,
      Wsl.

  38. Pak castam,kalau baru lulus ARO wisuda Sudah bisa diberi tanggung jawab sebagai RO di optik atau masih ada surat izin praktek dari akademiknya.dan 1 RO prosedurnya bisa menanggungjawapi berapa optik?mohon penjelasanya pak

    • @Saroha,
      Walaupun baru lulus sudah bisa, tentunya keahliannya harus ada, tidak hanya secara akademik tapi juga secara manajerial, namanya juga penanggung jawab.

      Syarat SIRO = Surat Ijin RO akan di keluarkan ketika lulus kuliah, dan SIK=Surat Ijin Kerja akan di buat ketika akan/sudah bekerja di instansi tersebut.

      Mestinya 1 RO bertanggung jawab untuk 1 Optik, karena ijazahnya cuman satu, walaupun bisa difotocopy semaunya.
      Tks

  39. pak kastam RO yang terhormat.saya akan mengajukan sedikit pertanyaan ke bapak langsung aja ya begini pak saya seorang penderia mata minus saya mengunakan kacamata yang sebelumnya sebelah kiri 2.75 dan kanan 2.25 dan setelah setahun saya pakai kini minus saya bertambah sebelah kiri 3.75 dan yang kanan 3.25 saya sangat tersiksa denan keadan ini saya takut min saya makin tinggi.
    nah pertanyaan saya apakah mata saya bisa sembuh seperti normal lagi ?(tanpa operasi)
    peranyaan ke dua bagai mana saya mencegah supaya minus di mata saya tidak naik terus?
    oh ya pak usia saya 28 tahun.
    sebelum nya terimakasih atas jawabanya

  40. saya ingin bertanya tentang apa yang saya alami, begini pak mata saya alhamdulillah masih normal. tidak ada kendala untuk melihat jarak dekat / jauh. nah yg saya ingin saya tanyakan adalah di bagian mata saya yang hitam itu, di pinggirnya terdapat lingkaran putih.. itu sebenarnya apa? dan bisakah di hilangkan. terimakasih bantuan bapak akan sangat berguna bagi saya

    • Ngukur PDnya lensa (mungkin yang dimaksud DVnya Lensa terpasang) titik dulu marker enggrave yang ada di lensanya, dua titik di sisi luar dan dalam, setelah itu taruh di MALL lensa Progressive merk itu, kemudian titik pada Fiiting cross nya, nah ukur lensa satunya juga dan jarak keduanya itu DVnya

      • itulah akibatnya bila mereka yang tidak memahami hukum ini terus melenting dan tidak cuba memahami terlebih dahulu peaapnlikasign hukum tersebut..

  41. Selamat pagi pak Kastam.
    Umur saya 16 thn, saya mulai menggunakan softlense dari sejak umur 15 thn dengan minus 0(normal). Sempat tidak saya pakai beberapa bulan. Tapi karena sekarang mata saya minus satu saya pun mencoba menggunakan softlens kembali. Dari sejak pertama saya menggunakan softlens sampai sekarang saya selalu merasa ada yang mengganjal pada bola mata bagian bawah saya. Saya pun telah mencoba berbagai produk softlens yang berbeda dengan diameter yang berbeda pula dan hasilnya pun masih tetap mengganjal. Setiap meggerakan bola mata lurus, kiri, kanan, dan atas seperti buram dan mengganjal dibagian bawah mata. bahkan ketika mengedip pun masih terasa ada yang mengganjal. Pertanyaannya adalah apa saya memang tidak bisa menggunakan softlens? Atau karena ukuran bola mata saya yang kekecilan??
    Mohon solusinya. Jika saya paksakan memakai softlens apa tidak akan berakubat buruk untuk mata saya?
    Terima kasih=))))

    • @Shopi:
      Setiap mata mempunyai kelengkungan yang berbeda, sehingga lensa kontakpun juga di sediakan bermacam kelengkungan sehingga pas untuk di pakai.

      Sebagai langkah awal, sebaiknya anda datang ke optik dan akan di periksa semuanya termasuk, kelengkungan kornea , lebar kornea anda serta akan di lakukan fitting atau uji trial dulu dan akan di lakukan pengamatan terhadap fitting itu.
      Jika di nyatakan OK dan layak maka jenis lensa kontak itu yang akan nyaman di pakai.

      Jadi sebaiknya tidak asal membeli lensa kontak, mesti di lakukan uji coba atau fitting oleh praktisi (RO) di optik terlebih dahulu.

  42. Selamat sore pak, anak saya usia 23 th dan sekarang mempunyai masalah minus yg besar yaitu kanan -11 silinder 1 dan yg kiri – 11 silinder 0.50 axis yg os 170 derajat, jarak antara pupil 65 mm (pemeriksaan terakhir juli 2011). Aktifitas sehari-hari adalah sebagai tenaga tehnik Informatika. Untuk aktifitasnya kadang ia memakai kontak lensa dan kaca mata secara bergantian. Yang saya ingin tanyakan :
    1. Apakah ada cara pengobatan yang relatif murah untuk menurunkan minus matanya tsb ? (karena biaya operasi terlalu tinggi)
    2. Dengan aktifitas kesehariannya spt tsb diatas apakah tidak berbahaya bagi perkembangan matanya ? (krn hrs melihat komputer setiap hari)
    3. Apakah minus yg tinggi dpt menyebabkan kebutaan apabila penderita terbentur atau jatuh. (karena dokter sebelumnya mengatakan seperti itu).
    4. Apabila melahirkan apakah harus dicaesar ?
    5. Bola mata anak saya sangat besar, apakah akan bertambah besar untuk kedepannya ?
    6. Mohon nasehatnya agar mata anak saya sehat minimal lebih baik dari sekarang.

    Saya sangat berharap dapat nasehat, saran dan informasi dari bapak untuk kesembuhan anak saya, untuk itu saya tunggu balasannya.

    Terima kasih.

    • Terima kasih pak Cahya atas kunjungan dan komentnya:
      namun sebelumnya mohon maaf, karena bapak sudah ke dokter mata dan itu seharusnya yang lebih kompeten, karena saya hanya seorang RO.
      Tapi baik, akan saya sampaikan yang saya tahu dan tentunya nasehat atau saran ini tidak boleh ditelan mentah mentah, sebaiknya konsul dokter mata lebih baik.

      1. Apakah ada cara pengobatan yang relatif murah untuk menurunkan minus matanya tsb ? (karena biaya operasi terlalu tinggi)
      >> Untuk menurunkan atau mengurangi bahkan menghilangkan memang kemungkinan bisa pak, namun benar kata bapak itu mesti operasi dan mahal 9relatif sih). Sebenarnya ada pilihan lain seperti operasi RLE, namun kembali usia masih muda akan kurang baik, karena setelah itu keluhan lihat dekat jadi masalah. Dan untuk operasi RLE ini bisa di lakukan saat ada baksos katarak misalnya hanya dengan SKTM (maaf jika mau dengan SKTM), kalau baik sih dengan phakic IOL namun biaya masih mahal dan tidak ada baksos.

      2. Dengan aktifitas kesehariannya spt tsb diatas apakah tidak berbahaya bagi perkembangan matanya ? (krn hrs melihat komputer setiap hari)
      >> Pekerjaan apalagi komputer oriented lumayan memicu perkembangan mata, dengan usia segitu umumnya relatif sudah mulai stabil, tapi bisa juga masiih berubah sampai misal umur 30 tahun, walaupun umumnya umur 20 tahun sudah stabil. karena kondisi minus tinggi ini umumnya perkembangannya berarti sangat cepat dari awalnya.

      3. Apakah minus yg tinggi dpt menyebabkan kebutaan apabila penderita terbentur atau jatuh. (karena dokter sebelumnya mengatakan seperti itu).
      >> Minus tinggi umumnya karena bola mata yang panjang, dan oleh karenanya retina yang ada di bagian belakanng cenderung tipis, ibarat balon, ketika di tiup membesar atau panjang maka akan tipis, nah kebutaan bisa terjadi ketika ada retina yang lepas atau ablasio retina (bisa di search di blog ini untuk topik ini), berangkat dari kondisi itulah maka ketika ada benturan keras akan bisa membuat trauma itu membuat lepasnya retina dan bisa mengalami kebutaan.

      4. Apabila melahirkan apakah harus dicaesar ?
      >> Seperti penjelasan nomer 3, ketika kondiisi retina seperti itu maka mengejan keras “bisa jadi” kerah situ, namun informasi yang saya terima dari Dr.Riva saat ikut seminar di Singapore menyatakan bahwa TIDAK ada ALASAN harus Caesar untuk minus tinggi sekalipun, namun cek retina dahulu lebih baik dan minta advise ahli retina jika mau melahirkan.

      5. Bola mata anak saya sangat besar, apakah akan bertambah besar untuk kedepannya ?
      >>> Seperti juga penjelasan no 3, bola mata panjang sehingga minus tinggi, tentu tergantung perkembangan masing masing, tapi tidak serta merta akan tambah terus menerus…

      6. Mohon nasehatnya agar mata anak saya sehat minimal lebih baik dari sekarang.
      >>> Coba usahakan dipertimbangkan operasi RLE, dengan Baksos agar dapat gratis atau ke RSUD agar dapat biaya murah misal sekitar 4.5 jutaan per mata. Saya kira bisa mulai nabung. Mengenai kelemahan RLE perlu di perhatikan yaitu kesulitan saat baca dekat, karena lensa mata di ambil dan di ganti dengan IOL dan tidak bisa berakomodasi.

      Demikian pak, semoga berkenan…

  43. Hallo, saya mau tanya…

    saya baru pakai kacamata (lagi) karena awal nya ukuran minus dan cyl. nya masih dibawah 1.

    setelah kurang lebih 2 tahun, pandangan saya ‘tidak jelas’ dan saya ukur kembali ternyata ukuran mata saya menjadi:
    kiri: -2,5 cyl -1,5 (130o)
    kanan: -2 (tanpa cyl)

    hasil nya ( bahkan ketika pemeriksaan menggunakan lensa untuk periksa mata:. khususnya mata kiri .: ) saya merasa pusing ketika melirik / berjalan / menoleh.

    dokter bilang: karena ukuran mata kiri dan kanan silinder nya berbeda jadi terasa pusing.
    sehingga dia menurunkan resepnya masing2 menjadi:
    kiri: -2.25 cyl -1.25 (130o)
    kanan: -1.75

    ..:: saat ini kaca mata sudah dibuat, memang untuk pandangan jarak jauh dan menengah sangat jelas / tajam, boleh dibilang sangat pas.

    ..:: tapi untuk pandangan jarak dekat / baca koran / monitor komputer, terasa ‘terlalu tajam / hitam’ bahkan cenderung ‘terlalu kurus’ tulisan nya.

    ..:: ketika berjalan / bepergian / kegiatan sehari-hari yang tidak membutuhkan daya pandang yang tinggi, saya tak menggunakan kaca mata karena pusing, saya menggunakanya ketika berada di kelas untuk melihat jarak menengah saja atau ketika saya benar2 membutuhkan daya pandang ‘tinggi’ seperti berkendara.

    pertanyaan nya: mengapa demikikan? apakah sudah benar penjelasan dokter tersebut??

    mohon bantuannya…

    • @Pak Udin,
      Kalau boleh tahu berapa usia anda?
      Saya lihat perubahan ukuran dari sebelumnya memang lumayan tinggi dan ini tentunya apalagi baru pakai kacamata (lagi) akan ada penolakan yang hebat, sehingga terlihat sangat tajam, karena lama merasa buram…

      Intinya kacamata itu nyaman, jika harus diberikan bertahap sehingga sampai batas normal bisa saja. Namun dokter punya pertimbangan juga bahwa di takutkan adanya mata malas jika tidak segera di koreksi.

      jadi jika kacamata sekarang masih dalam taraf nyaman itu ok saja, ketika sudah mengganggu maka perlu di evaluasi resepnya.

  44. pak castam .saya punya pasien klo sore pandanganya seperti ada kabut,siang dan pagi hari nggak,saya periksa tidak katarak, usia 54 tahun,tapi kepalanya sering sakit di belakang kenapa yah pak

    • ada khan istilah rabun senja…

      Rabun senja atau rabun ayam (nyctalopia) adalah sebuah penyakit mata yang menyebabkan penderitanya kesulitan melihat jika kekurangan sumber cahaya. Penyakit ini bisa disebabkan karena luka, malnutrisi (kekurangan vitamin A) atau sejak lahir.

      ATAU ..

      Coba kirim ke dokter, bisa jadi kataraknya tipis atau pada posisi tertentu.

      • doc saya mau tanya apa artinya ketika pemeriksaan mata tetulis
        od 30/40 os 30/40

        terima kasih

        • yang umum dipakai adalah 20/….., jadi apa yang dimaksud adlah OD : 20/40 ; OS : 20/40…?
          Jika iya maka, artinya:

          Sekiranya yang dimaksud adalah OD 20/40 sama juga u OS artinya kondisi mata kanan dan kiri sama maka artinya adlah.

          Si Pasien itu bisa membaca target pada snellen chat (deretan notasi/angka/huruf untuk pemeriksaan tajam penglihatan) pada notasi target tersebut pada jarak 20 feet (jarak periksa dengan target snellen) SEDANGKAN orang NORMAL bisa membacanya dengan jelas pada jarak 40 feet.

          Kesimpulannya si Pasien perlu koreksi ringan sampai sedang untuk bisa mencapai 20/20 sebagai notasi tajam penglihatan yang NORMAL.

  45. Selamat siang, Pak. Saya terkadang suka mengalami masalah pada urat/nadi/otot (tidak tau yang mana) di bagian bawah mata kanan saya. Terkadang urat tersebut kedut2an, rasanya seperti denyut nadi. Terkadang menghilang, terkadang berkedut2 kembali. Apakah hal tersebut membahayakan?

  46. pak,.. saya ada keluhan sedikit,.. penglihatan saya normal hanya saja sedikit bergoyang(seperti naik kapal laut)dan itu cukup mengganggu dan saya sering sakit kepala sebelah hanya di beberapa sisi,.. misalnya kiri depan,dan itu sudah berlangsung dari saya kelas 3 smp,.. skarang saya sudah kelas 2 sma ,.. ibu saya sempat menyuruh saya periksa mata,.. tapi saya enggan karema penglihatan saya masih jelas dan tidak berbayang hanya serasa bergoyang/ bergelombang saja ,,dan warna putih mata saya agak sedikit kusam … trimakasi sebelum.a 😀

  47. mas mau nanya nih saya mau bikin kacamata silinder mas
    ukuran frame nya brapa ya mas sam mau tanya kan kalo lensa silinder tebal itu bisa ditipisin gak ya , tolong bantuan nya mas seblum nya maksih

    • untuk membuat kacamata dengan ukuran lensa silindris tidak tergantung ukuran frame harus berapa.
      Silahkan pilih saja bingkai yang sesuai dengan wajah anda.
      mengenai tebal tipis lensa cylinder, tidak jauh beda dengan lensa spheris – biasa, kadang dengan axis horisontal maka bisa menjadikan tebal pinggir lensa menjadi lebih tipis

  48. Asslmkm pak Kastam (RO), umur saya 45th dan sudah hampir 10th pake kacamata dan berganti2 ukuran (lensa). Saat ini saya sdg mau coba utk memakai lensa progresif, KIRI: Sph= -1.0, Cyl= -0.50, Ax= 105; KANAN: Sph= -0.75, Cyl= -0.50, Ax= 75; Add= +1.50; PD jauh= 66, PD dekat= 64. Pertanyaan saya adlh apakah bisa si RO membuatkan spek lensa progresif saya tsb dg melihat resep tsb diatas tanpa saya harus datang & diperiksa lagi oleh RO-nya di Optik? Hal ini sy tanyakan karena maraknya penjualan Kacamata + Lensa nya yg dilakukan secara Online. Tks before, Wassalam

    • Untuk pesan lensa progressive standar bisa, namun ketika mau dipasangkan perlu kehadiran pasien, karena tinggi fokus perlu di ukur untuk pemasangan lensa tersebut, dimana belum didapatkan di resep yang di tulis.

      termasuk jarak pupil monokuler atau jarak PD tiap mata.

  49. Ass Pak. Aku minta bantuannya nih buat toko online optik ku yg baru buka. aku mau nanya contoh broadcast yg kir2 menarik gimana ya pak?makasih

  50. Sy bli lensa prog prodivo sunsensors dr polycore shrg 1.250.000,stlh kcmta sy trima sy cek lg pns2’y hr lensa sejuk & adem tp lensa knn ad gores jd dklaimkn di ganti stlh dcoba sgt jauh beda,tyt sy dberi lnsa shrg 700rb an dklaimkn lg sdh agk mnding agk redup wl g ky lensa awal
    Yg ingin sy tanyakn bgmn cr untuk mengetahui kl lensa it bnr2 sesuai dg pesann awal sy

    • Tentunya mesti datang ke optik yang menjual jenis lensa itu.
      Biasanya ada tanda tanda khusus di dalamnya untuk jenis lensa progressive tertentu.

  51. Hallo pak selamat pagi…
    Pak saya mau tanya nih. 4 hari yg lalu sy periksa mata. Hasil d pemeriksaan R/ Sph :-4.00 Cyl : 1.00, Ax:171. L/ Sph:-0.50, cyl: -1.00. ax: 3.
    Nah kemudian sy d recomend pake kacamata, akhirnya sy beli kaca mata n setelah jadi sy mendapatkan kartu dg catatan. R/ Sph -100, Cly -025 Ax 171. L/ Sph -075. Cly -050, Ax 3.
    Yg mau sy tanyakan dr catatan akhir yg d kartu itu menunjukkan apa dok ?
    Apakah itu termasuk minus yg tergolong rendah atau sedang ?
    Tp setelah sy pake kaca mata terasa nyaman, jernih n ga pusing atau berbayang. Tp kadang sy coba lepas pasang kok trnyata lebih enak ga pake (terasa enteng) walaupun penglihatan berbayang tidak fokus. Itu normal ga pak ?

    • Mengacu pada data terakhir, maka kategori ukuran ringan.
      Bagi pemula rasa seperti itu memang biasa, nanti akan bisa beradaptasi, silahkan dibandingnkan kejelasan dan kebutuhan penglihatan antara pakai kacamata dengan tanpa kacamata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *