Optik online Penyakit Mata – Optik Online

Penyakit Mata

Mengenal dan memahami sedikit tentang penyakit mata. Anda bisa melihat melihat langsung sesuai dengan Nama Penyakit Mata tersebut dengan melihat link sesuai abjad berikut:

A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | V | W | X | Y | Z

409 thoughts on “Penyakit Mata

    • @Lusi:
      Jika dari di dapat sejak lahir (bola mata tidak terbentuk atau tidak terbentuk sempurna) dapat di sebut AnOpthalmia

      Kalau misal pada kasus trauma mata yang menyebabkan rusaknya atau hancurnya bola mata sehingga bola mata tidak berfungsi kembali, secara medis harus dilakukan pengangkatan bola mata maka tindakan tersebut di sebut Enukleasi Bulbi/Eviceracio Bulbi.

      Manajemnnya akan di beri bola mata palsu atau protesa mata.
      Source: Dr. Heru Mahendrata Singgih, SP.M.

  1. merasa sangat terbantu dengan artikel-artikel yang dimuat…good job..

  2. mas, ajarin donk gimana cara keluarin lensa dari frame nylon tanpa melukai nylonnya? saya bisa ngeluarin lensanya tetapi jadi ada bekas cungkilan di nylonnya..saya mencungkil menggunakan tool yang mirip pedang dalam olahraga anggar, ukurannya sebesar obeng kecil.makasih banyak ya mas..

  3. waduh, maaf mas, salah kategori, saya malah nanya tentang pencopotan lensa di bagian penyakit mata..maap seribu maap..

  4. @ Supriyanto:
    Iya nih, masak tanya penyetelan kok di penyakit mata. Mungkin di konsultasi lebih masuk atau enyetelan sendiri. tapi gak papa yaaa lain kali sesuai yaaa biar search engine friendly juga.

    Untuk melepas nylor sebenarnya sangat gampang lihat di postingnya yaa di sini

  5. Dear dokter, saya bermasalah dengan mata yakni mata merah yang jarang sekali terlihat jernih. Apakah saya kekurangan nutrisi? Apakah itu adalah akibat dari gangguan hati atau ginjal, mengingat beberapa relasi memberikan dugaan seperti itu. Hingga saat ini saya belum berani mengkonsumsi suplemen di pasar bebas sebab belum ada rekomendasi medis dari dokter. Kecuali saya berusaha mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari. Trims dari saya.

  6. @ Harri:
    Pertama perlu di ketahui saya bukan dokter, tapi RO lihat di about me.
    Setiap ada tanda atau gejala dalam bagian tubuh kita memang tidak jarang ada hubungan dengan organ yang lain. Tapi yang mungkin terjadi jika mata merah itu adalah seperti konjungtivitis atau mata merah. Sekarang perlu di lihat dulu seberapa merahnya dan untuk memastikan tentunya harus ke dokter mata dulu. Bisa jadi hanya ada radang pada konjungtivitis dan kalau itu maka bisa di sembuhkan dengan obat tetes dsb.
    jadi tolong periksa dulu, yaaa…

  7. saya mau tanya mengenai mata merah.. mata pacar saya sering kali memerah.. itu terjadi hanya sebelah mata saja.. kalau kiri yang merah yang kanan tidak merah dan sebaliknya.. itu sering kali terjadi.. awalnya sedikit gatal.. selama ini dia memakai obat tetes mata dan sesekali menggunakan rebusan air sirih.. bagaimana pendapat bapak mengenai hal ini…? saya sangat khawatir.. saya tunggu kabarnya dan terima kasih sebelumnya

  8. Kondisi mata yang kadang merah kanan saja atau kiri saja secara khusus tidak ada, maksudnya tidak ada kekhususan.
    Untuk kondisi pacarnya, itu bisa jadi karena lingkungan, bisa debu atau ac atau benda luar yang menyebabkan iritasi.

    Mesti di lihat apakah meahnya itu disertai kotoran/belekan atau tidak, kalo tidak maka bisajadi hanya karena kering atau ada rangsangan benda asing/luar saja. Maka mungkin hanya perlu air mata buatan (tetes).

    kalo ada belekan maka perlu obat untuk infeksinya dan perlu antibiotikanya, sarannya mestike dokter mata

  9. Kabur penglihatan yang di maksud apa yaa?
    Jika karena kelaianan refraksi maka perlu alat bantu seperti kacamata, lensa kontak atau bahkan lasik.
    Jika kabur karena katarak maka yaa operasi katarak,
    jika kabur karena kondisi fisik atau organ mata yang lain maka harus di cari dulu penyebabnya
    begitu
    πŸ™‚

  10. dok mau tanya dong, penyakit mata yang ciri-cirinya
    ada bayangan seperti larva cacing yang ngikutin mata saat melihat
    itu sakit apa ya dok?
    penyembuhannya gimana dok?
    makasih banyak….

  11. Pertama Ma’af saya bukan dokter.
    Saya adalah RO, lihat di about me.
    Keluhan itu di namakan floaters, silakan cari di blog ini sudah saya bahas, cari aja dengan ketik floaters di pencarian di atas.
    πŸ™‚

  12. Allo, maap, saya numpang tanya…
    hari ini, tante saya baru aja pulang dari klinik mata di kota solo, tante cek mata dari 4 dokter mata(termasuk cek gula darah,dll) katanya belum diketahui pasti apa penyakitnya, tante saya dikasih obat dan diberitahu kalo operasi tu biayanya antara 30-50 juta tapi belum tentu sembuh karena masih sangat mungkin ada lagi walapun sudah dioperasi. Keluhannya tante saya : di matanya seperti ada sarang laba-labanya, benang-benang putih halus, kadang matanya terasa sangat terang, tapi kadang juga gelap. yang terserang cuma mata kanan…
    NB : dokter ke 4 bilang ngga boleh baca, nulis, dan ngga boleh banyak pikiran.

    yang mau saya tanyakan, ada yang tau ngga penyakitnya tu apa? solusinya gimana?
    thanks
    warm regards,
    madja

  13. hallo mas,kita wanty dan laela.
    kita tuh calon RO dari bandung dan sekarang sudah memasuki semester 5
    mau tanya nih, mas bisa memberi gambaran seputar KTI RO tidak?
    soalnya kita angkatan pertama di kampus kita. jadi kita blm punya referensi.

  14. Waduh…
    Saya sempet kaget nih, soalnya Wanty itu nama istri saya (wanti) ha ha ha, kirain lagi bercanda….
    Kalo untuk buat KTI dan anda adalah yang pertama malah jauh lebih enak, karena tidak di anggap nyontek senior. Betul nggak?

    Topik yang enak adalah yang ada di sekitar kita, kalo harus pakai database maka baiknya mulai sekarang datang ke optik atau rumah sakit.
    Misal tentang Berapa persen penderita myopia tinggi pada usia sekolah, nah ntar dari database itu bisa beri kesimpulan.
    Pengantarnya yaa tentang mata, bagaimana mata melihat, kelainan pada mata, terus bahas myopia secara detail, mulai penyebabnya, jenis myopia dan cara rehabilitasinya. dst….

    Kalo saya dulu ambil judul Pengaruh kelainan otot-otot mata pada penderita strabismus yang di dapat (acquire). Tapi karena penderita stabismus sedikit yaaa jadinya hanya teori aja, bagaimana otot-otot bekerja dan permasalahannya jika tidak normal.

    Gimana, ada bayangan…

  15. salam buat istrinya aja ia mas…… kan namanya sama hehehe
    BTW lulusan RO mana?

    waduh mas, masih BLANK ney hahaha
    rencananya kita mau ngambil tema lensa kontak atau low vision. observasi nya paling ya ke anak2 SMA.( untuk lnsa kntak). soalnya biasanya anak2 SMA bnyak yang pke lnsa kntak tp mreka ga tau kntra indikasinya. gmana mas?
    atau mau skalian nyumbang ide buat judul?hehehe psti dtrima kok sarannya.

  16. Terima kasih atas salamnya ke istriku.

    Saya lulusan AROS (Surabaya) ada kok di about, baca aja.
    Temanya lensa kontak bagus juga, boleh tuh…., tapi masih luas kan, mau ambil sisi mananya? misal pengaruh lensa kontak pada kesehatan mata, atau lensa kontak jadi pilihan, atau pengetahuan pemakai lensa kontak terhadap penanganannya, dsb….

    Sukses yaa…

  17. sore mas……………….
    tw g, saya kan dah mulai praktek drmahskit. duh pusiiiiiiiiiiiiiiing bgt.
    banyak kasus bgt. mana tuan rmah pd galak2 jg.hehehe
    eia, mw tanya klo legitimasi profesi RO apaan sey mas?

  18. mata kiri saya tiba2 ada bayangan bulat berwarna agak gelap disebelah bawah dan dibandingkan dgn sebelah kanan terangnya sedikit lebih redup.
    saya memakai lensa progresive dgn cilinder 3 dan minus 2 sehingga jika melihat ditempat terang terasa pegel pd otot mata kiri tsb.
    sdh saya periksa ke poly mata di sebuah rumah sakit dan dokter mengatakan salah satu syaraf yg mempengaruhi retina membengkak.
    mohon penjelasan apakah berbahaya dan bgm menanggulanginya.
    terima kasih.

  19. Kalo tidak di periksa sih banyak sekali penyebab atau faktornya.
    namun jika ada bayangan hitam yang terlihat umumnya itu adalah floaters dan kalo memang floaters tidak masalah.
    Namun jika ada masalah dengan retina maka tanda atau gejalanya juga ada yang seperti itu, misal terlihat benda hitam juga dan ciri itu biasanya seperti adanya retina detachment atau ada daerah retina yang kurang kuat atau tipis, karena adanya tarikan.
    nah, baiknya cari second opinion atau pastikan ke dokter retina aja maksudnya dokter mata sub spesialis retina.
    Semoga bisa di ketahui lebih dini, sehingga bisa di tanggulangi dan di antisipasi
    πŸ™‚

  20. Mungkin yang di maksud itu adalah descemetocele,
    Dimana terjadi penipisan pada membrant descement pada kornea yang bisa berakibat pada perporasi pada kornea. Ini akibat adanya tekanan dari COA.
    Mohon koreksi kalo salah.

  21. mas Kastam,saya mau tanya.sudah 2 hari ini ke dua mata saya merah sekali.
    Tetapi kedua bola mata terlihat normal dan penglihatan saya jg tidak ada gangguan.saat ini saya hanya memakai visine.setelah memakai visine mata saya mengeluarkan lendir2 hijau (lumayan banyak). ini untuk yang kedua kalinya saya mengalami sakit yg serupa.apa nama penyakit yang saya alami ini? dan apa obatnya?
    terima kasih

  22. Mata merah itu bisa masuk penyakit konjungtivitis, yaitu adanya infeksi atau radang pada konjungtiva, dan efek yang ada bisa mengeluarkan kotoran mata. Jika kondisi mata yang lain dan penglihatan tidak ada masalah maka tidak usah kawatir.
    Untuk obat tentu mesti di resepin dokter yaaa… paling tidak harus ada antibiotiknya dan obat mata merahnya.
    Visine hanya untuk iritasi ringan…, jika masih berlanjut sebaiknya ke dokter yaaa..

  23. dok……
    koq mta sya kdg2 srg kluar melknya sih,,,,,,,,
    pdhl sya sdh pkai kcmata lho

  24. Maksud melk itu belekan yaa…
    Umumnya belekan itu karena adanya konjungtivitis silakan cari di blog ini dah aku bahas.
    Intinya adanya radang pada konjungtivitis atau selaput lendir mata kita, bisa karena bakteri atau virus, silakan periksa ke dokter masta jika sakitnya berlanjut… kayak iklan obat yaaaa. Jika ada konjungtivitis maka akan di beri obatnya ntar. πŸ™‚

  25. dok, saya mau konsultasi nich…..
    bibir mata bagian bawah selalu bengkak seperti bintitan, tapi dari bagian luar, bukan seperti bintitan biasa, apakah penyakit mata saya, dan itu terjadi kalau saya kurang tidur dan terlalu lama di depan komputer (1 malam suntuk)……mohon penccerahannya….

  26. hallo mas,aku mo tanya neh aku kan sehari hari keseringan berangkat kerja pake motor,belakangan ini aku baru sadar kalo mataku kotor n keruh bgt.bagaimana ya mas caranya biar mataku ini bersih apa perlu pake obat tetes?klo boleh nama obat tetesnya apa?tapi klo aku diemin berbahaya gak?tq

  27. @ Kurnia Hasan:
    Memang karena lingkungan termasuk debu di jalan bikin mata kotor, bahayanya yaa iritasi ringan sampai berat, untuk masalh kotor dan kemungkinan yang akan ada ada menjadi timbunan dan kalau ada bakat pterigium maka hal ini akan lebih cepat sekali.
    Untuk membersihkan dulu ada apa yang di kenal dengan bor water, tapi sekarang tidak ada lagi, namun sebeanrnya dengan obat tetes mata semacam cenfresh, atau hialid atau obat tetes air mata buatan itu juga bisam disamping agar kototran bisa keluar, juga membuat mata lebih segar

  28. waktu dulu kanan mata saya terkena lidi
    jadinya sampe skrg mata kanan tidak berfungsi/tidak melihat
    apa masih bisa disembuhkan??

    • @fani andriany,
      Kalau udah kena trauma benda dan kornea rusak maka kemungkinan besar tidak bisa, kecuali cangkok kornea kalau ada, dan juga mesti dilihat seberapa dalamnya luka itu dan sudah seberapa parahnya keadaanya.
      Kalau masih tipis kemungkinan masih bisa di tolong.

  29. saya mau nanya……
    mata sebelah kanan udah satu tahun lebih kabur jadi gak jelas malihat,
    sebenarnya bukan kabur tapi seperti ada yang nutupi jadi pandangan saya tuh gelap..
    namun hanya di tengah nya saja,,
    bagian samping dapt melihat cahaya sedikit….
    tolong gimana ngtasi nya?
    kata dokter itu syaraf, saya udah berobat sana sini untuk menyembuhkan nya

    • @ade,
      Pak Ade, Kalau udah periksa ke dokter di bilang syaraf yaaa gimana lagi, namun mungkin untuk second opinion bisa ke dokter mata yang lain lagi untuk mastikan. Jika diagnosanya sama, maka saran dari dokter aja sebaiknya anda lakukan.
      Apakah anda pernah trauma, misal terkena benda pas di tengah kornea anda?

  30. MATA SAYA SEBELAH KIRI SEPERTI ADA BINTIK HITAM MELAYANG – LAYANG DAN KANAN JUGA TAPI GAK SEPERTI YANG KIRI

  31. Pak, tolong sy. 4 hari lalu ketika bangun pagi mata sy tiba-tiba merah dan perih. kelopak bengkak. setelah ke dr (di manokwari tdk ada dr. mata pak). ktnya hanya trauma. memang 2 hari sbelumnya mata sy terkena cairan bumbu. sekarang di pinggir bola mata masih ada bekas merah. walau sudah pake kloramixin dan vit b mata kanan sy msh kabur, dan berbayang terutama kalo bendanya jauh. Kalo dekat mendingan. apa mata sy masih bs normal lg?

      • Saat ini sy sudah di jayapura, sy sudah di periksa oleh dr. mata. memang kata dokter kiri normal, kanan ada silinder walau tidak besar. tp walau di tes pake kacamata memang semakin fokus tp byangannya selalu ada. kondisi syaraf, tekanan bola mata dan lainnya normal, jd dokter tdk kasih obat, katanya tunggu 3 hari kedepan. pertanyaan sy apakah ketidak seimbangan mata bisa membuat pandangan serasa terhalang? oh iya kalo bangun pagi sy kondisinya tidak separah siang ato sore, mohon petunjuknya

        • @ANDI,
          Kalau ada perbedaan ukuran atau kelaian refraksi kanan dan kiri biasanya yang ada adalah tidak nyaman melihat, pusing, dan sakit kepala.

          Maka solusinya yaa diberikan kacamata…, kadang cylinder kecil malah membuat kepala pusing.

          Kalau mengenai pandangan yang terasa terhalang, saya belum tahu apa penyebabnya, coba juga tunggu hasil kontrol ulang ulang yang tiga hari itu.
          Terima kasih.

  32. selain dengan menggunakan kacamata,apakah penderita miopi masih bisa ditolong???????
    jawab yach pliiiiiiiiisssssssss!!!!!!!!

  33. Mz kustam,salh satu mata bapak saya ( usia 40an) ada lingkaran agak putih tepat di tengah bola mata hitamnya. hingga agak kabur klo untk melihat.Tapi g terasa gatal.Ini jenis penyakit apa y? Trmksh utk jawabannya..

    • @lilik,
      Nama saya kAstam yaaa… he he he .
      Kalau putih di tengah persis dan bukan di korneanya kemungkinannya adalah katarak, karena sebenarnya itu adalah lensa di dalam yang keruh, dan memang melihatnya jadi kabur dan juga memang tidak gatal.

      Kalau putihnya di korneanya maka itu mesti dilihat dulu, persisinya seperti apa, bisa jadi arcus snellis, atau ada jaringan kornea yang rusak dan memang kalau ditengah akan berakibat buram atau terganggu penglihatannya.

      Saya pikir periksa aja, sekali ke dokter mata juga akan ketahuan apa itu.

      πŸ™‚

  34. Baru seminggu ini di bola mata saya (sebelah kiri) spt ada ketempelen sesuatu…yg bikin pandanngan mata saya seolah terhalangi. sy sdh coba pake semacam cairan pembersih mata tp ga ilang2…apa yg hrs sy lakukan…trims

    • @Evi,
      Anda umur berapa yaaa…, kalau hanya kotoran tentu di siram bisa hilang, namun kalau kondisinya ada di dalam bola mata mesti diperiksa dulu.
      Sebaiknya ke dokter mata dulu yaaa….

      Kalau umur udah tua maka bisa jadi itu ada hubungannya…
      Yang pasti periksa saja yaaa.

  35. Mas ,

    sy pengguna lensa kontak . Yang sy ingin tanyakan , kemarin mata sy sebelah kiri ujungnya terasa sakit . Tidak ada bintitan , asalnya merah gatal tapi uda pake obat tetes mata mata merahnya sembuh tapi sakit ujung matanya blm sembuh .

    Itu kira2 calon bintitan atau infeksi dr lensa kontak ya ??

    makasih , Mas

    • @Andina,
      Jika anda pemakai lensa kontak, tolong periksa lensa kontaknya, apakah ada yang rusak misal gompel atau robek kecil atau gimana, kalau yaaa.. maka itu penyebabnya. hentikan pemakaian lensa kontak dan obati…, untuk pastinya periksa ke dokter kalau memang masih terasa sakit.
      Tanda mata merah atau terasa perih dan mengganjal itu adalaha biasanya terjadi pada pemakai lensa kontak yang rusak.
      πŸ™‚

  36. kakak saya,34,laki2,matanya ada masalah. pertama dia merasa kunang2,lalu tidak lama penglihatannya terganggu oleh garis berwarna abu2 dan berbentuk seperti garis. tapi bukan garis lurus melainkan bergelombang. kira2 jenis penyakitnya apa ya mas? thanks ya mas

    • @efi,
      Melihat keluhan seperti itu bisa masuk kategori floaters atau benda terbang yang ada di depan kita yang kalau kita mau tangkap tidak ada.
      Bahasan lengkap sudah ada di blog ini silakan cari di kotak pencari di atas dengan ketikan ‘floaters’

      Jika yakin seperti itu keluhannya sebaiknya segera ke dokter untuk tindak lanjut, karena jika ada minus tinggi maka ada hubungan dengan retina juga apalgi disertai seperti melihat kilat.

      Semoga membantu πŸ™‚

  37. kak,saya jenny umur 13 th.
    pada mata saya ada sedikit masalah.
    kadang2 kalau melihat orang ato baca dari jauh agak sedikit pusing pada bagian pelipis.
    saya pernah memeriksakan ke dokter,katanya mata saya kanan terkena cylinder 2
    dan kiri cylinder 1 1/2 .
    penyakit cylinder itu apa lebih parah dari ( – ato + ) ????…
    truz gimana cara nyembuinnya apa harus pake kaca mata ????…
    trims kak

    • @jenny,
      Kalau udah periksa dan didiagnosa ada astigmatisme dengan koreksi cylinder maka sebaiknya yaaa di berikan kacamata.
      Sebenarnya boleh dibilang hampir sama saja, antara – atau + , hanya pada kondisi mata kita aja. Sebagai gambaranya sebenarnya udah saya bahasa di blog ini semua.
      Minus (myopia) itu karena umumnya bola mata yang lebih panjang dari normal, sehingga sinar fokus di depan retina atau tidak sampai di retina, sebaliknya plus.
      Nah, kalau astigmatism atau cylinder itu karena adanya perebdaan kelengkungan kornea antara meredian yang saling tegak lurus, sehingga fokusnya tidak menjadi satu titik melainkan membentuk GARIS FOKUS, efeknya melihat jadi berbayang.

      Semua kelainan itu alat bantunya adalah kacamata atau lensa kontak dan kalau mau dihilangkan yaaa di lasik.
      πŸ™‚

  38. kAk enakan pake lensa ato kacamata ya ????
    tyuz cylinder itu bahaya gak kalau nggak diobati secepatnya????
    thanks ya kak atas informasinya

    • @jenny,
      Dua-duanya ada plus minusnya, kacamata tidak usah ribet merawat tapi untuk kosmetik kadang lensa kontak lebih baik, kecuali anda lebih kelihatan cantik (misal) kalau pakai kacamata. yang pasti mesti pakai alat bantu itu.
      Cylinder itu sama halnya dengan orang minus atau plus, hanya merupakan kelainan refraksi jadi bukan penyakit dan bahayanya hanya akan terasa buram atau sakit kepala, pening dll. Begitu pakai alat bantu atau di lasik maka semua akan selesai.
      Tidak usah takut yaaa… banyak khan di sekitar anda yang pakai kacamata…? coba deh tanya pada mereka ,bagaimana perasaannya..!

      • @Kastam, ya kak makasih atas bantuan nya
        kpn2 aq kbrin lagi hasil nya,aq pake linsa aj deh biar ga’ ribet
        thanks ya kak atas semua saran2nya

        • @jenny,
          sama-sama, sering kunjungi blog ini yaaa, jangan lupa berlangganan, jika ada artikel baru maka akan terkirim ke email anda otomatis.
          πŸ™‚

  39. allow.. mw tanya dungs.
    sudah 1 minggu ini mata kanan saya pas ditengah seperti ada yg menghalangi penglihatan (bayangan hitam) membuat sekitar penglihatan menjadi melengkung2.. jika melihat fokus didepan tidak bs karena terhalang bayangan hitam itu, tp pinggir2nya msh bs lihat walau jadi blur & melengkung2.
    penyakit mata apa yg sy alami/ solusinya apa yaa.. mohon batuan

    • @Dewi,
      Kalau bayangan hitam itu bergerak maka bisa jadi itu adalah floaters dan biasanya bisa hitam atau putih dan berbentuk garis bisa lurus atau melengkung.

      Kalau memang floaters silakan ke dokter mata, nanti bisa di kasih obat yaaa…

      namun demikian jika bukan itu hanya bisa dengan pemeriksaan oleh dokter mata terhadap kondisi kornea anda sampai pada keadaan retina anda, apakah baik-baik saja atau ada masalah. Dan begitu ketemu dokter dan di periksa maka akan di ketahui penyebabnya…
      πŸ™‚

  40. mu nanya dounk..
    aku ketularan kk kena penyakit mata.
    keluhannya mata belekan, bengkak, merah, bola mata kerasa sakit..
    lama gk yh sakit kya gni??
    obatnya apah?
    trus da pantangan gk
    makasih yh…

    • @andin,
      Kalau merah seperti itu bisa jadi lama kalau gak diobati, obatnya bisa cendocytrol atau polydex.
      Pantangannya yaaa hidup bersih aja…, pakai kacamata hitam lebih baik untuk menjaga menular dengan yang lain.

  41. MERDEKA…..
    usia 24 tahun
    begini aku mau tanyaa aku mengalami mata kabur selama hampir 6 tahun (mata kanan saja)
    kalau d lihat pada mata ada seperti awan tidak beraturan ada awan yang tebal pas d tengah maya.
    awalnya seperti sakitmata tapi pas sembuh gak kembali normal malah kabur!dan selama 6 tahun baru 2 kali kambuh lagi sakit mata pada mata yangsama. pas sakit yang terahir mata malah jadi lebih kabur karena “awan”nya menebal dan bertambah d beberapa tempat. jadi saya seperti melihat klo mata d tetesi air(objek yang dilihat agak berpendar)

    beberapa dokter yang saya datangi bilang klo itu tdk bisa sembuh kecuali cangkok slaput…

    kira2 ini penyakit apa ya?? apa benar tidak bisa d sembuhkan?

    • @deta, sewaktu kamu sakit mata, kemungkinan telah terjadi jaringan parut di kornea mu. Kornea itu jaringan transparan yang terletak di bagian terdepan bola mata kamu yang terdiri dari beberapa lapisan. jika lapisan ketiga sudah terganggu, maka transparannya hilang pada proses penyembuhan yang timbul adalah jaringan parut.

      kalo hal itu terjadi, memang tidak bisa disembuhkan dengan obat2an. solusinya adalah cangkok kornea.

      semoga membantu.

      • @dr.Riva, klo d surabaya bisa cangkok kornea dimana ya? kira2 biaya nya berapa ya??
        waduh bakalan seumur hidup begini dong T.T

    • @deta,
      Itu sudah di jawab Dr. Riva, SPM. beliau adalah dokter dimana saya kerja juga.

      Tks yaaa dok…
      Dan semoga bisa membantu πŸ™‚

  42. Mas, mw naNya neh, umur Q 19 thn, udah 3 blan neh dskitar klopak mata aku sering bngkak, dsertai dgan gatal, bysa 3 hari bngkak lalu smbu stlah it bngkak lagi, kira2 apa yah pnyebabnya? Mohon solusinxa

    • @Kiky,
      bengkah biasanya ada radang, pastinya harus di periksa dulu.
      Silakan ke dokter mata yaaaa.
      πŸ™‚

  43. saya 21 smnjk smp gigi dpn patah mo d cbut tpi msh kuat tkut kna urat syaraf.na keluhanku mata saya merah truz sperti bngun tdur.prnh k dokter tpi smua pnglhatan ga da masalah d suruh coba pki obat tetes cendol tpi ga jga reda.smpai skrg urat mata saya trlihat jelas merah pngliatan si terang.apa da hbungan dngn gigikah ini?apa yg hrus d lakukan?thanks

    • @latif,
      Mesti dilihat dulu mas…, sebaiknya k dokter gigi lagi yang lain, untuk second opini…, kalau hubungan dengan gigi depan rasanya gak ada.
      πŸ™‚

    • @haRRy,
      Katarak secara medis hanya bisa di operasi.

      Ada kok bahasan operasi katarak silakan di search yaaa

  44. efek sampingnya menggunakan softlens apa aja sih? mulai dri yang sepele ampe yg plg bahaya yaa. trz kira-kira merk apa yg bagus tpi harga terjangkau? pantangannya saat memakai softlens apa aja?
    tlg dikomentari!

    • @gringer,
      hampir semua pertanyaan anda sudah ada dalam artikel blog ini, silakan cari di kategori lensa kontak aja atau search dengan kata kunci lensa kontak.

      Yang pasti jika perawatan dan jam pemakain sesuai anjuran tidak ada masalah, asalah kondisi mata tidak ada kontra indikasi memakai lensa kontak.

      Untuk merk saya tidak bisa sebut, namun untuk kesehatan pilihlah jenis dispossable jangan yang konvensional atau tahunan.

  45. saya mau tanya penyakit mata pterigium itu ,obat tetes mata apa yang dianjurkan? dan apakah pterigium itu bisa berbahaya?thx before

    • @mercy,
      Pterigium bisa di katakan bahaya jika terus berlanjut ke tengah dan menutup kornea, jika sampai ke tengah pupil yaaa nantinya nggak bisa lihat.

      Untuk obat sebaiknya ke dokter mata saja yaaa

  46. saya mau nanya.
    mata saya yg sebelah kanan kalo di buat melihat seperti ada cahaya yang memancar knapa ya itu?
    makasih

    • @tusy,
      apakah seperti halo begitu, apakah anda minus tinggi atau normal.
      Kalau minus tinggi waspadai retina anda.
      Jika normal bisa jadi di kornea ada semacam luka sehingga penglihatannya kurang fokus dan membias.
      Sebaiknya periksa ke dokter jika kelihatanyaa mulai mengganggu.

  47. mau tanya ni…udah 2 tahun ini di mata sebelah kiri saya kadang2 suka timbul bayangan hitam di tengah bola mata.namun cuma rata2 2 detik.setelah itu menhilang..dan sering muncul kembali..kalo pas saya capek ataw stress frekuensi munculnya bayangan hitam tersebut semakin sering.itu gejala apa ya??dan bagaimana mengatasinya??atau cuma anemia saja?tapi yang terserang hanya mata kiri…
    mohon jawabannya.terima kasih

  48. saya mau tanya,

    3 hari belakangan ini bola mata saya sering terasa sakit sampai membuat sakit kepala, saya memakai kacamata minus ada silindernya yg sebelah kanan. apa karena minus saya bertambah atau ada penyebab lain? terima kasih…

    • @Ario,
      Banyak faktornya mas… bisa jadi ukuran yang tidak sesuai lagi, atau ada faktor lain misal tekanan bola mata tinggi. tentu harus di periksa dulu.
      Langkah pertama datang ke optik periksakan apakah kacamatanya masih relevan.
      Jika masih lanjut ke dokter mata untuk melihat kondisi mata secara keseluruhan.
      πŸ™‚

  49. saya mau tanya…
    saya punya saudara usia 20 tahun, 1 tahun kemarin dia nabrak bahasa jawanya ketatap pintu rumah.setelah diperiksakan dan dirongten tidak ada apa2nya alias normal-normal saja tapi ternyata matanya menjadi buta, tapi masih bisa melihat benda seperti tiang dan tembok untuk yang lain tidak terlihat.dia sudah menjalani pengobatan dan habis 10juta tapi tidak ada hasilnya.secra fisik mata terlihat normal seperti biasa dan tidak sakit.sebaiknya bangaimana?
    terus penggunaan obat tetes mata herbal OTEM dan THN itu gmn?terimakasih

    • @sulis,
      menurut tracker saya anda tinggal di Semarang Jawa tengah.
      Coba datang ke Rumah sakit mata di sana, misal di SUltan agung atau ke Jakarta aja…

      Kemungkinan yang ada bisa jadi ada masalah di saraf, juga bisa jadi di retinanya. jadi mesti dilakukan funduskopi dulu dan itu tidak mahal kok.
      Setelah itu baru dilakukan tindakan yang tepat. Untuk THS herbal saya kurang tahu persis.

  50. Saya mw tanya . .,

    saya brusia 23thn ,,.skitar 5 hari yg lalu, saya mngalami kcelakaan brmotor . ., dr kclakaan itu saya mndapat luka sobekan kecil di bagian plipis mata kiri saya . .munkin akibat bnturan.., skitar 1 atw 2 hari dr kjadian tsb mata kiri saya merah ttp tidak sluruh, hnya kurang dr sbagian nya . .TP SMPAI SKRANG SAYA BLUM MRASAKAN GNGGUAN PNGLIHATAN . .

    yg ingin saya tnyakan , ,.ada apa dgn mata kiri saya ..??
    PA PNYEBAB MERAH PADA MATA SAYA ITU . .?

    • @Radius,
      Seharusnya memang melihat dulu kondisi matanya.
      Namun dari cerita anda, bisa jadi ada trauma di mata anda.
      Merah itu karena ada bleeding atau pendarahan di pembuluh darah yang biasanya ada di konjungtiva atau sub konjungtiva.
      Tentu kondisinyatergantung keadaanya… jika parah sebaiknya segera diobati, namun jika masih berada di bagian pinggir tentu tidak masalah, dan akan bermasalah jika trauma itu juga mengeani kornea anda.

      Untuk itu jika belum hilang juga segera periksa ke dokter mata yaa

    • @erik,
      Kalau dari sisi pemeriksa:
      Jika sudah mature/mateng atau benar katarak maka daerah pupil kita yang biasanya kelihatan hitam di tengah persis akan kelihatan putih kayak susu.

      Kalau dari sisi pasiennya:
      Akan merasa melihat kabur kayak ada asap dan sangat mengganggu baik jauuh maupun dekat.

      Penyebab utama adlah usia tua dan karena sinar ultra violet, makanya Indonesia sebagai negara yang mendapatkan sinar matahari banyak akan kabagian efek ini. Juga bisa karena ada diabetes juga bisa jadi karena trauma/kecelakaan
      dll
      Ada yang mau nambahkan..?

  51. tanks pak…
    ni sudah diperiksakan dan kata bu dokter itu akibat trauma dan pupilnya dah pucat.trus saya tanya dokternya jawabanya kurang memuaskan.kira2 klo udah kena saraf mata itu ada harapan untuk sembuh tidak ya dok? karena ni malah disuruh periksa dijogjakarta.operasi?ato terapi obat?terapi vitamin?terimakasih

    • @sulis,
      Yaaa tentu tergantung seberapa parahnya yaaa…. Kalau di Jakarta sih banyak yang ahli yaaa misal di jakarta Eye center dan KMN, coba browsing webnya dan mungkin ada konsultasi onlinenya.. paling tidak ada gambaran.. solanya saya bukan dokter, saya hanya refraksionis optisien.

  52. say , mau tanya , sudah 2 minggu ini ibu saya sakit mata , gejalanya mata terasa panas , gatal , dan nyaeri di sekitar mata , namunsetelah di raba ternyata ada benjolon di bagian dalamnya , ini penyakit apa ya apakah kanker ,,dan gimana solusinya , trim,,,,,,,,,

    • @kyky,
      benjolannya di mana yaaa, kalau ada di kelopak maka itu sejenis bintitan namun di dalam… coba dikompress dulu…

      Jika tidak sembuh yaa segera di bawa ke dokter mata yaaa… untuk penangan lebih lanjut.

  53. Mas saya mau tanya,

    Sudah 5 hari ini mata saya, kanan-kiri, terasa gatal luar biasa, disertai perih & sakit di bagian pangkalnya (kantung air mata), sudah saya obati dangan rohto & insto tp blum sembuh juga, tetapi mata saya tidak merah atau belekan. Hnya shbs bangun tidur memang ada kotoran tp tidak banyak, gejala apakah ini, obat apa yang cocok ya…

    Terima kasih….

    • @Fitria Irawati,
      gatal bisa karena udara sekitar sehingga juga mengakibatkan adanya secret atau kotoran…

      Kalau obat sebenarnya gak boleh resepin, ha ha itu khan tugas dan wewenang dokter , jadi ma’af sebaiknya ke dokter yaa.. baiknya berikan antibiotik juga.

  54. Mas temen saya cewek usia 20tahun matanya yang kiri mengalami pendarahan di sisi kiri bawah iris. kejadiannya dia baru tau pas bangun tidur pagi2, malamnya seh dia gag ngelakuin apa2 ato abis terkena apa2 matanya. cukup lebar juga seh mas berdarahnya. uda dibawa ke dokter dan dikasih obat tetes apa gt saya lupa -kalo gag salah crovit apa cravut gt-. Dokternya bilang akan sembuh setelah 10 hari, namun uda 10 hari ne ternyata masih ada darahnya mas.

    nah pertanyaan saya,
    *itu namanya penyakit apa?
    *dari info saya mengapa penyakit itu bisa terjadi? secara dia tidak terkena benda tumpul pada matanya
    *obatnya apa dan butuh berapa lama agar kembali normal?
    *apakah ada hubungannya dengan diabetes atau jantung??

    terimakasih mas atas perhatiaanya, saya menunggu jawaban dari mas.

    • @Angel,
      Sepertinya saya tidak cukup tahu untuk kasus ini, ma’af yaa sebaiknya coba anda konsul ke http://konsulmata.com itu blog milik Dr.Riva, Sp.M . beliau dokter di tempat saya bekerja, siapa tahu ada penjelasnya yaaa…

  55. Saya mau tanya
    Knapa ya bola mata yg warna hitam anak saya kok kalau melihat gak searah? Yg kiri dipinggir, yg kanan ditengah?

    • @Mm,
      Kalau memang kondisinya seperti itu maka ada kemungkinan mengalami strabismus. Silakan cari di kotak pencarian di kanan atas dengan keyword ‘strabismus’

      Anak ibu umur berapa..? lebih baik segera bawa ke dokter mata.

    • @Mm,
      melihat kondisi seperti itu kemungkinan besar adalah mengalami strabismus.
      Coba cari artikel di sini mengenai strabismus di kotak pencarian diatas.

      Dan sebaiknya segera ke dokter mata, kalau memang masih anak-anak.

  56. Saya mau tanya
    Kenapa ya mata kiri saya ujungnya sakit? kalau berkedip juga sakit. umur saya 14 tahun

  57. mata kiri sebelah kanan saya da putih keruh dan sedikit menutup bola mata n sering keluar air, penyakit apa tu mas coz aq sering di depane komputer n tv, trims

    • @nala,
      berarti ada dekat hidung mengarah ke kornea yaaa… itu umumnya pterigium…
      coba search topik pterigium yaaa dah di bahas kok

  58. umur saya 24 th, mata saya bermasalah, pandangan mata sebelah kiri saya seperti buram seperti melihat dari balik gelas berisi air teh,, bahkan fokus atau titik tengah mata saya sangat terasa gelap,,, ini dikarenakan saya pernah mendengarkan ringtone hp yang sangat keras dari telinga kiri saya,, sehingga mata saya waktu itu gelap,, nah dari situlah bermula,, tolong jelaskan itu apa yaa? aku belum periksa ke dokter… trima kasih

    • @hendri,
      Kalau ada perubahan mendadak dan terasa gelap atau istilahnya ada “pencuri penglihatan” maka bisa jadi itu glaukoma.

      Glaukoma itu terjadi karena adanya tekanan bola mata yang meninggi dan sangat tinggi.

      Namun demikian sebaiknya sekali anda pergi ke dokter mata, karena nanti akan di cek tekanan bola mata anda, nah jika ternyata tekanannya normal maka bisa hal lain… itu wewenang dokter yang mendiagnosa… jadi harus di periksa dahulu.
      πŸ™‚

  59. umur saya 15 tahun, saya mengalami kelainan pada mata saya.. akhir2 ini dimata saya tepatnya diretina selalu muncul bayangan saat saya melihat benda kalau terlalu dipaksakan melihat saat mata sudah lelah..

    tolong jelaskan ada apa dengan mata saya ini?
    dan bagaimana cara saya mencegahnya? saya tidak mau kalau mata saya bermasalah…

    makasih..

    • @marsha,
      Anda kok sudah tahu kalau di retina anda muncul bayangan..?

      Umumnya kalau terasa ada bayangan misal hitam, abu-abu, bisa diam atau terasa bergerak itu gejala floaters…. itu penyebabnya ada di vitreous dan juga bisa mengarah ke retina.

      Yaaa kalau demikian halnya sebaiknya ke dokter mata dulu, biar bisa di pastikan apa penyebabnya. Dan tentu kita semua tidak mau mata kita bermasalah.
      :bingung :bingung:

  60. ada cara tidak pak, bgaimana cara mencegah atau mengurangi keanehan pada mata saya yang biasanya setiap mata saya lelah muncul bayangan ? apa yag harus saya lakukan?

    • @marsha,
      Sepertinya saya tidak cukup tahu untuk itu. Yaa kalau untuk mencegah yang pasti jangan lelah yaa…
      :cendol

  61. saya ingin menanyakan bru2 ini saya meliaht ke cermin ttg mata saya.. lalu saya lihat di samping bola mata saya tersebut ada lingkaran seperti ke kuning2an…

    saya takut apa yg terjadi di mata saya tersebut…

    kira2 mata saya tersebut knpa ya???
    dan apa penyebabnya sampai begitu ????

    • @ayu,
      Sepertinya kalau tidak di lihat langsung, kwatirnya salah sebut apa itu, jadi sebaiknya kalau memang mengganggu sebaiknya ke dokter aja yaa

  62. anak saya umur 4 thn, tiba2 di bagian putih mata sebelah kanan dekat dengan bola mata hitam terdapat titik merah seperti noda kecil.
    kenapa yach dengan mata anak saya dan apakah berbahaya ?

    • @ivan,
      yang pasti bisa jadi ada pendarahan di sub konjungtiva tapi lebih baiknya segera di bawa ke dokter

  63. mas..umur saya 22 thn..
    mata kiri saya itu merah ky iritasi gt..ad bintitan na..tp cman 1..trs klo mata kiri saya gerakin ksana ksini..ky ad yg nganjel..ap itu krn bintitan na?
    saya ud akit mata ini 7 hri..saya uda pake salep mata cap ikan cina…trs ud pake salep mata garamicin,klo ga salah y…trs ud berobat kdoketr jg n dkasih obat..tp ga ad perubahan sama sekali..
    perih n gatel itu kadang2 y..ga sering bngt..pandangan jg ga burem..bae2 aj..cman klopak na sedikit bengkak saja..

    • @kyo,
      ganjelnya bisa karena bititannya mas.
      Sebaiknya ke dokter mata lagi untuk pemberian obat yang lain. Mungkin dengan obat yang pertama tidak cocok.
      Bintitan memang tidak membuat mata buram, tapi kalau ada merah dan kadang membuat tidak nyaman bisa menurunkan tajam penglihatan.

  64. pak mau nanya nih, kalo mata berair terus pandangan jd agak kabur tu gejala apa ya?
    thanks

    • @hendras,
      Pastinya kurang tahu mas… sebaiknya segera periksa ke dokter aja yaaa… mesti dilihat kondisinya…., biasanya ada iritasi kalau terasa keluar air mata dan kalau pandangan jadi kabur… mungkin ada masalah di kornea… jika tambah memburuk sebaiknya jangan ditunda ke dokternya.
      :tkp

  65. Yth.Babeh (mas Kastam)

    Eko mau numpang nanya…
    di kedua mataku tepatnya bagian kornea dari limbus ke arah pupil,ada semacam lingkaran berwarna abu2
    Awalnya sih tidak seberapa kelihatan tapi lama2 warna abu2nya kalau di perhatikan semakin jelas dan melebar ke arah pupil
    penglihatan sih tidak terganggu
    kenapa ya ‘beh…? apa bisa di beningin lagi..?

    • @Eko Salim,
      kalau nggak salah itu arkus… , umumnya sih itu kalau udah orang tua… kahan eko sering lihat khan kalaui pasien kita yang 50 tahuna gitu.. dan gak papa kok kooo, umumnya hanya di bagian tepi aja… jadinya memang tidak mengganggu penglihatan.

      Tapi kalau sempet yaaa datang ke dokter aja… khan di ganti ama Jamsostek he hee… untuk pastiin aja…
      he he
      he he

      :tkp

      • @babeh Kastam,

        Walah….. berarti penuaan dini ya beh…
        penyebabnya kira2 apa ya…
        n bisa bening lagi gak beh

        • @Eko Salim,
          Yaaa nggak juga… khan baru 24 tahun he he he e..
          Bisa jadi ada arah kolesterol tinggi, coba iseng cek kolesterol..
          dan kayaknya gak bisa bening lagi… tapi nggak ke tengah kok.. cuman warnanya aja akan meningkat jadi keruh… dan gak akan mengganggu penglihatan karena hanya melingkar dipinggir.

  66. akhir2 ini, mata saya sangat sering sekali kabur, itu membuat saya terhenti sejenak dalam beraktifitas.. selain itu, saya sering pusing setelah melihat cahaya yang terlalu terang dan terlalu lama berada di tempat yang gelap.. setelah itu benda yg berada di depan saya seperti bergoyang dan terkadang tidak jelas/burek.. ada apa sebenarnya dengan indra saya yg satu ini? bisa bantu saya …………………………… ????

    • @agrizt,
      Terus terang saya tidak tahu persisnya mas… tapi jika ini terus berlanjut sebaiknya segera ke dokter mata.
      Ma’af…

  67. saya mau Tanya..

    saYA berkerja sebagai operator warnet..
    dan setiap hari saya hanya memandangi monitor komputer trsbut..

    dan yang mau saya tanyakan
    knp akhir-akhir ini kpala saya pusing bagitu melihat monitor komputer hanya beberapa menit.
    dan mata saya sering mengeluarkan air ..

    apakah dampak dlm hal ini
    dan bagaimana cara mengatasinya..

    itu saja yg saya mau tanyakan

    terimakasih…

    • @ipoel,
      Sudah rahasia umum, jika setiap saat memandangi monitor tanpa ganti yang lain, maka mata mengalami kelelahan dan keteganggan hebat ‘ eye strain’ yaaa mulai sekarang buat setiap 2 jam anda melihat luar atau melihat jauh sekitar 10 menit.

      Untuk mengatasi lainnya adalah dengan menggunakan lensa anti fatique, coba baca di topik lensa anti fatique… sudah ada kok di blog ini, dan baca juga komentarnya.
      :tkp

  68. Mas umur saya 25 tahun..
    Saya mau nanya.. Knp ya mata kiri saya abiz kemasukan cairan pembersih wajah trus dicuci deh, tapi koq sampai mlm n hari2 selanjutx mata saya jadi kiri saya jadi kabur2 gitu..

    Ada lg mas.. di mata saya tepat di putihnya ada bintitan warna putih jg trus ada pembuluh darah yang berhubungan dgn bintitan itu ke samping.. itu adanya di kedua mata saya.. Itu apa ya???? trus bahaya ga buat mata saya???? Mohon penjelasannya..

    Trimakasih sebelumnya mas.. Tuhan Berkati…

    • @catherina,
      Kalau kena cairan yang juga bisa jadi adalah ada bahan kimia itu bisa saja kena iritasi atas bahan kimia itu. Yaaa sebaiknya di sembuhkan iritasinya, apalagi ada keluhan buram, khawatirnya korneanya jadi bermasalah.

      Sebelum kelamaan sebaiknya ke dokter mata aja dan diobati.
      Klau bintitan dan ada pembuluh darah mesti diperiksa juga, gak bisa di kira-kira itu apa… yaaa.
      ma’af..

  69. mata kanan saya bagian pinggir arah ke hidung ada lemak bewarna putih tapi kalau kena angin bewarna kemerahan.Saya takut nanti bisa menutup bagian hitamnya juga dan menyebabkan buta.Bagaimanakah mengobatinya tampa operasi?

  70. saya mau tanya pak kastam kenapa ya …anak saya baru lahir mata nya daerah pupil nya lain tidak seperti daerah pupil kita yang biasanya kelihatan hitam tapi anak saya warna nya biru di tengah persis kelihatan putih kayak susu. yang sebalah kiri sedangkan yang kanan normal…gimana cara mengatasinya ya….

  71. Mas mau tanya…
    Mata kanan dan kiri saya itu minus 5,5…
    sekitar setahun lalu, saat bangun tidur setelah begadang mengerjakan tugas kuliah, pada mata kiri saya terasa ada ‘bayangan cairan’ yg menghalangi pandangan, ibarat kita melihat sesuatu dari dalam air…lama kelamaan ‘bayangan cairan’ itu maikn lebar dan mengganggu aktivitas saya…sehingga sekarang mata kiri saya menjadi sedikit jereng ke arah kiri karena tidak bisa lagi memfokuskan kedua bola mata bersamaan…kira2 mata saya mengalami gangguan apa ya???
    saya belum pernah periksa keluhan ini ke dokter mata, karena tidak ada biaya dan takut mahal (teman saya habis 1 juta buat cek mata komplit di BEC Bandung)….Mohon Bantuannya…!!!Terima Kasih…

    • @Ricky S,
      Sebenarnya periksa itu gak sampai satu juta dulu mas…

      Kalau gak di periksa yaaa tidak tahu, mungkin ada maslaah di cairan ‘aquos humor’ di dalam mata anda… jadi sebaiknya cek dulu, ntar bilang ama dokternya jika di tawarkan untuk cek kelanjutannya gak ada biaya, jadi minta diagnosa sementara aja dulu, misalnya di fundus dulu, di tempatku paling cuman 300 rbu udah di fundus, artinya di lihat bagian dalam matanya… memang jika ditemukan hal lain akan di rujuk ke tempat yang sub spesialis lagi dan ada biaya lagi, tapi paling tidak anda sudah tahu arah kondisi mata anda bagaimana?
      Buruan yaaa.. sebelum berlarut…2x

  72. saya pernah mngalami benturan d’mata lumyan sngat keras!! uda lama pas saya kecil,,.sampe2 biru semua
    ,dan efek sekarang lingkaran mata saya hitam dan mudah lelah klu trkena byk chaya…
    saya takut…klu mata ini ada pembekuan darah d’dalam…
    bagaimana cara mengatasinya?

    • @anissa,
      Yang pasti periksakan ke dokter, nanti akan bisa di lihat sampai ke bagian paling dalam misalnya retina, apakah ada masalah atau tidak. Sehingga anda tidak usah kwatir lagi jika sudah diketahui sekarang.

      Biaya nggak mahal kok…

  73. Asslam, mas Kastam saya mau tanya..kemarin saya periksa mata ke Dokter, setelah dicek mata kanan saya ternyata blm bisa diukur dan diketahui mata kanan saya tu sakit apa??
    Keluhan mata kanan sya buat melihat tu berkabut dan seperti melihat benang atau rambut bergerak.. Menurut Pak Dokter mata kanan saya itu terkena inveksi.
    Yang saya tanyakan menurut Mas Kastam mata kanan saya itu kenapa dan apakah bisa diobati bisa melihat normal lagi?? Trims.. Wassalam.

  74. Mas Kastam, Teman saya tidak bisa lihat kekiri dan kekanan (bisa lihat kecuali menengok), tapi bisa lihat pandangan lurus ke depan saja. kira2 kenapa ya?

  75. @sukono: Kalau keluhan seperti itu umumnya adalah floaters… silahkan cari di blog ini. Biasanya akan di berikan obat, namun saya tidak bisa menyebutkan di sini dan obat itu harus dengan resp dokter.

  76. @Najla: itu lapang pandangnya sempit hanya sentral… silahkan periksa di dokter mata nantinya akan di periksa lapang pandangnya dan di ketahui apa penyebabnya.

  77. wah… titiknya ada di mana yaaaa… kalau mengganggu yaa baiknya periksa dokter aja yaaa… kalau jarak jauh begini ntar di kira menerawang… khan gak bisa.
    πŸ™‚

  78. mas saya 24 thn
    pandangan mata kanan saya kaya ad syraf dan bintk2 yg melayang2
    10 tahun yg lalu mata kanan saya pernah tertusuk ujung bolpen tp itu pelan..
    yg saya tanyakan jenis penyakit apa itu dan pengobatannya bagaimana?apakah bisa sembuh total..

  79. @hendra: kondisi dimana terlihat bintik atau bayangan yang terbang bisa abu-abu atau hitam itu umumnya di sebut floaters… untuk bahasanya ada di blog ini , silakan di search aja.
    Silakan periksa ke dokter untuk melihat bagian aquos humor anda lebih jauh dan biasanya akan di berikan obat tetes… umumny bisa hilang dan kadang juga denegan diacuhkan saja maka tidak mengganggu pnglihatan anda, kecuali jika anda punya minus tinggi maka perlu waspada dengan retina anda.

  80. ya, saya ada baca tentang floaters..ada kah floaters ini akan membawa kepada cancer?? saya berumur 17 thun dan telah membaca article bahawa floaters akan berlaku pada usia muda juga..saya tkut yang saya akan terkena cancer atau pnyakit lain yg disebabkan oleh floaters ini..saya menjaga mata saya, tidak pernah cedera sekali pun..tp knpa terdapat floters bila saya menggerakkan bola mata saya..apakah yang menyebabkan floaters ini..??

  81. floaters tidak mengarah cancer… floaters itu terjadi bisa umumnya ada sel matai atau mencairnya bagian aquos humor atau ada pengerutan di retina. Ada obat tetes yang bisa meredakannya… silakan datang ke dokter anda yaaa…

  82. ass,,pak Kastam..saya mau tanya
    ibu saya ada keluhan kedua matanya itu buram ,,
    waktu di periksa ke dokter katanya”lensa mata nya yang kena”
    karena matanya buram suka sakit,pusing ke kepala,
    apa bisa sembuh ga ya??

  83. @Emma: Wa’alaikum salam.
    Terima kasih sudah di add FBnya.

    Jika kena masalah mata dan usia (mungkin udah 50 tahun ketas) dengan keluahan buram itu umumnya kena di lensa yaitu katarak. Katarak hampir dipastikan bisa disembuhkan dengan operasi.
    Jika sudah ada keluhan pusing dan sebagainya dikawatirkan kataraknya sudah sangat matang dan bisa ada komplikasi ke tekanan bola matanya. Dan kalau sampai komplikasi bisa berakibat kekbutaan.

    Untuk itu segera periksakan ke dokter mata.. anda di Bandung khan, bisa ke cicendo tuh rumah sakit khusus mata. Agar dapat penanganan secepatnya.

  84. ass, pak Kastam .
    Ibu saya baru 42 thn.pertamanya dari penyakit Diabetes pengaruhnya ke mata,,tapi sekarang diabetnya sudah sembuh,,tapi mata nya makin buram,,

  85. ohhh sebelumnya kena diabet yaaa…. memang diabet bisa kena ke mata, sebaiknya mesti cek retina juga yaaa… kalau misal di jakarta bisa ke rscm di situ ada foto retina dan evaluasi hasilnya, sehingga bisa melihat apakah ada masalah di retina atau tidak. Termasuk ada katarak yang disebabkan dari diabet itu. Dengan periksa di dokter mata juga akan ketahuan kok apakah lensa nya kena katarak atau tidak… buruan yaaa d ajak ke dokter mata.

  86. assalamu alaikum. maaf aku mau tanya juga dong. istriku umurnya 25 tahun. di bola mata kiri yang putihnya melentung sebesar jerawat. tapi tidak terasa sakit, entah sejak kapan itu muncul, tapi baru ketahuan belajangan ini. kira2 itu penyakit apa ya pa? terus bisa diobati ga? trima kasih

  87. coba baca di blog ini mengenai pinguekula… apakah seperti itu… jika ada radang maka sebaiknya ke dokter aja.

    • Saya jawab di sini aja yaaa… bintitannya posisinya dimana , tapi kalau dah lama gak hilang yaaa di operasi kecil aja… atau mungkin bukan bintitan… kali.. baiknya sih periksakan aja, sekali periksa ntar juga dah tahu apa itu

  88. pak mau tanya apakah ada penyakit mata yang namanya Regium?
    ciri – cirinya :ada selaput putih yang menutupi biji mata yang berwarna hitam dan sekarang sudah setengah nutupnya, apa nama untuk penyakit ini kalo bukan regium ya pak? lalu berapa biaya operasinya dan dampaknya jika dibiarkan begitu saja ? apakah akan menular ke mata yang lain.
    thanks.

  89. askum,sy mau tanya,mengenai mata anak saya GILANG,..ditengah bola matanya
    ada seperti lensa kamera yang bisa membesar kalau melihat gelap,
    dan mengecil kalau melihat sinar….
    apa nama penyakit ini karena baru ini sya lihat???
    apa penyebabnya???
    dan cara penyembuhannya???
    mohon maaf karena saya banyak tanya,karena saya khawatir dengan kondisinya,,,,
    saya ucapkan terima kasih yg sebesar besarnya..

    • Wa’alaikum salam Zonari:

      Yang anda lihat itu kalau tidak salah adalah PUPIL dan setiap orang normal punya.
      Pupil akan menjadi kecil ketika ada banyak sinar dan akan menjadi besar ketika kurang sinar.
      Jadi apa yang terjadi pada Gilang itu hal normal dan wajar.. dan setiap orang begitu, walaupun ukuran pupil itu besarnya masing-masing orang beda.

      Dari pengamatan saya paling kecil saya temukan sekitar 4 mm dan dalam keadaan gelap bisa mencapai 8.50 mm
      Jadi jangan kwatir.. terima kasih

  90. @Riky: kalau kondisinya seperti itu namanya Pterigium, di blog ini ada kok bahasannya… search aja yaaa… dia tidak menular,mesti di operasi apalgi udah masuk ke daerah kornea (hitamnya) bisa mengganggu penglihatan.
    Biayanya relatif sekitar 1 jutaan , tergantung jenis operasinya.

  91. pak saya mau tanya, di kedua daerah kornea (hitamnya) koq terdapat warna cokelatnya ya pak, pertama2 sih sedikit tp lama kelamaan semakin mengelilingi kornea saya. apakah itu karena saya memakai softlens pak? apa itu dampak dari penggunaan softlens atau yang lain pak, mohon penjelasannya??

  92. Selamat malam Dok saya mau tanya.. sodara saya mata sebelah kanan dan kirinya bila melihat suatu objek..menjadi beda ukuran objek tersebut..kadang2 kanan lebih besar ato sebaliknya….itu penyakit mata apa,,?penyebanya knp…?n pengobatanya ato pencegahanya bagaimana…trimakasih dok….GBU

  93. @Berlian:
    Ma’af saya bukan dokter tapi RO.
    Kondisi tersebut pas pakai kacamata atau tanpa kacamata yaaa…
    Yang umum sih kalau pas kacamata dan itu terjadi satu mata saja, dan hal tersbut dikarenakan adanya perbedaan besar bayangan yang di terima otak kita karena ukuran kacamata yang bedanya banyak. Kalau kalau tanpa kacamata dan tidakpernah operasi katarak dengan di tanam IOL saya belum pernah tahu. Tks

  94. mat mlm mas kastam,sya mau tanya knapa mata sya yg sebelah kiri srg mengeluarkan air mata dan keluar’a tampa saya sadari,mohon bantuan’a nya mas,thanks…

  95. biasanya kalau serign keluar air mata itu ada rangsangan dari luar, misal ada bulu mata yang masuk dan sebagainya, dan agak aneh juga ini juga di alami oleh orang yang matanya kerign, karena kornea merasa kering maka mata di paksa untuk mengeluarkan air mata, untuk membasahi korneanya.

    Silakan periksakan ke dokter aja jika sudah menggannggu dan tidak normal.

  96. Pak Kastam..saya mata sebelah kiri saya ada bercak merah dan terasa nyeri,,kata teman saya yang pernah mengalami hal serupa itu disebabkan ada pembuludarah di mata yang pecah.Apakah berbahaya dok??

  97. @Ari:
    Yaa umumnya di sebut Konjungtiva bleeding, pembuluh darah pecah/pendarahan, dan itu pastinya di daerah putih dan tidak mengganggu penglihatan. Namun nantinya umumnya bisa hilang atau kalau mau pastikan yaa ke dokter mata yaa di periksa.

  98. pak, mata kanan saya kalo bwt mlht terasa buram seperti ada kabutny tipis, itu kenapa ya???
    dan setelah saya ke dokter mata, diagnosa nya adlh saraf mata nya, gk tau kenapa, kata dokter ini tdk bs sembuh, mohon penjelasan dan cara pengobatanya,
    trmksih

    • @Uya:
      Kalau memang sudah di diagnosa syarafnya yaa yaa begitulah pak.
      namun sebaiknya bapak periksa ke dokter mata lain untuk second opinion

  99. dok mau tanya temen saya tiga bulan ini matanya gak bisa melihat akibat kena adukan semen caranya gimana ya dok… sebelumnya terima kasih.

    • @budi utomo:
      3 bulan….?
      kok lama sekali mas… segera ke dokter… mesti diperiksa korneanya… kalau kornea rusak yaaa gak bisa lihat lagi, kecuali dengan pemeriksaan dahulu, siapa tahu ada donor kornea nantinya.
      Jadi bawa ke dokter mata dulu yaaa

  100. dok .. mataku mins ni .. aku sering make soft lens . tpi, dulu make softlens nya gag terlalu bersih .. skrg mata kanan ku kalo mke soft lens kelamaan bisa merah .. lalu kotoran mta nya sampe warna ijau gitu .. sampe lengket” .. kira” knapa yh dok? ap aku gag bole pake kontak lens lagi?? skrg slalu ku cuci bersih kok. tapi, sakit matanya ttap jah kek habis kejedot gitu dok .. di tunggu advice nya yah πŸ™‚ maksi dok πŸ˜€

    • @melyana:
      maaf saya bukan dokter..

      memang itu ulah dari pemakaian sebelumnya sebaiknya istirahat total pakai lensa kontak.
      Periksa mata ke dokter nanti di kasih obat dan antibiotik, kontrol beberapa kali dan pastikan kalau mau pakai lagi konsul dulu ama dokter.
      Jangan sampai kornea anda yang rusak.
      ok..?

  101. Mas saya mau nanya, di atas bola mata saya ada titik putih, dan itu terasa sakit, dan di sekitar titik putih itu memerah, jadi penglihatan saya agak buram..,

    saya sudah memakai obat tetes mata, memang mata merah nya sudah
    membaik.., tapi untuk titik putih nya belum juga menghilang.., kira2 itu penyakit apa yaH..,
    terima kasih

  102. mas, sy mau nanya, sudah 4 hari mata saya merah, terus makin hari makin bengkak,, awalnya skena debu, setelah saya lepas softlens gpp, trus 1 jam kemudian saya naek motor dan ternyata matanya sakit,, saya lgsung cuci ,,,tp masih sakit,, tanpa sengja saya kucek kucek trus di pencet pencet terus,, ternyata makin bengkak dan merah,,saya kompres pake aer hangat, ternyta makin parah,,,, saya odah pake obat tetes mata juga,,, tp tetep bengkak merah dan makah tambah sakit sampe ga bisa berkedip,,,, tlg bales yah,,, maksi mas,,,

  103. @titi:
    di atas bola mata itu di mana yaaa… apa di atasnya kornea atau di kelopaknya…
    saya belum bisa bayangkan…

    @Fitry:
    yaa mas kalau di kucek jadi bengkak dan bisa jadi merah itu kalau ebrlarut baiknya ke dokter, di ebri obat bisa… tapi mesti dokter yang resepin yaaa… hehehe.
    Istirahat lepas softlens, pakai kacamata saja.

  104. mas sy mau tanya kulit dibawah mata rasanya sy kucek tak lama kemudian putih mata menjadi berwarna merah hati tidak terasa sakit & tdk belekan sdh 1 hari ini bgmn agar mata sy kembali normal?
    terima kasih

    • @eni: itu berarti ada trauma dan ada konjugtiva bleeding… kalau bukan karena virus atau kuman, nanati juga bisa hilang sendiri, tapi jika berlanjut terus.. sebaiknya ke dokter yaaa

  105. mas, saya therapis anaknya pasien saya usia 10 thn skt mata sebelah .matanya merah berair ktanya da berobat ke doktr mata tp gda prubahan , warna matanya kuning

  106. kl penglihatan kadang2 seperti ada noda yang berjalan, dan biasanya mengikuti arah bola mata kita gerakkan,,,itu disebut apa? dan mengapa itu terjadi ya pak,,,thank atas info nya

    • @melly,
      Kondisi yang demikian disebut Floaters..
      Di blog ini udah pernah saya tulis.. silkan di search aja ‘floaters’ apa dan bagaimana ada di sana yaaa..
      :tkp

  107. mhn jawabannya……kal mau baca buku atau dpn monitor gk bisa lama (10 menit)….terasa pusing (lemas)dan kepala dekt mata samping kiri/kanan agak tegang…..trus dibola mata agak muncul urat2 kecil (samar2)……kira2 langkah apa yg hars ditempuh???trimakasih….

    • @yusuf,
      Sepertinya ada strain atau ketegangan pada mata anda, coba konsultasikan ke dokter mata, atau coba baca mengenai lensa Anti fatique… ada di blog ini, di search aja yaaa…

  108. gini mas,,mata saya tiba2 merah kedua nya..berair gitu..
    penyakir ini berasal dari kakak saya,,saya mau nanya,, nama penyakit ini apa?? dan bagaimana cara pengobatan na ??trimakasi,,^_^

    • @isra,
      kalau mata meah dan berair itu bisa jadi infeksi atau konjungtivitis… yaa ke dokter nanti di kasih obat yaa.
      :tkp

  109. saya sudah 6 taun memakai kacamata, dan sudah saya lepas kira-kira 1tahun yang lalu setelah operasi
    minus saya tidak terlalu banyak sebenarnya…
    dan akhir-akhir ini teman2 saya sering bilang pupil mata saya membesar dan warnanya lebih cokelat, sejak kecil memang saya tidak suka berada di tempat yang terang sampai usia saya 20 tahun, saya juga tetap tidak suka berada ditempat yang terang sampai-sampai korden kamar saya tidak pernah saya buka.
    saya membaca beberapa artikel mengenai kaitan antara membesarnya pupil dengan beberapa penyakit
    seperti terkena rabies pupil bisa membesar, tp saya tidak pernah kontak dengan anjing ataupun hewan yang lainnya
    pemakai obat-obatan, alhamdulilah saya bukan pemakai, dan semoga tidak akan pernah memakai obat-obatan terlarang.
    yang terakhir yang saya ketahui adalah diabetes pupil mata juga membesar, memang eyangti, bapak, dan ibu saya menderita diabetes dan itu merupakan genetik.

    perlu diketahui riwayat penyakit saya adalah batu ginjal pada saat saya smp tp suda sembuh. dan meskipun saya baru berusia 20 tahun saya menderita hipertensi.
    dan kelopak mata saya sering ada benjolan bintik kecil sekali berwarna kuning yang sangat keras, kebiasaan buruk saya sering tidak tidur lembur mengerjakan tugas setelah itu bintik seperti berubah menjadi radang memerah, kemudian perih, nyeri sampai 2-3hari. saya pernah memeriksakan mata saya sewaktu SMA karena radang tsb tapi kata dokternya itu hanya timbilan dan tidak perlu dikhawatirkan, dokter memberikan resep berupa salep dan obat2an,apakah hal tersebut juga penyebab membesarnya pupil mata say???

    mohon untuk diagnosanya bapak …
    terimakasih

  110. dok sy mau tanya,udh 2 minggu ini mata sblh kiri kl melihat ko ada bayangan (tdk berfungsi)n bila sy tutup mata sblh kanan n sebelah kiri sj yg melihat itu terlihat buram ya.sy udh periksa ke rmh sakit n dokter bilang itu di tubuh sy ada virus sehingga menyebabkan saraf mata saya terganggu.tapi dokter tdk bisa memastikan virus apa itu.tapi sampe skrg blm ada perubahan juga.
    pertanyaan saya:
    -apa penyebabnya mata sblh kiri sy bisa buram kl melihat?
    -bagaimana caranya penyembuhannya?
    -apakah penyakit ini bisa membut sy menjadi buta nantinya?
    -apakah ada pantangan dr makannan yg bisa mengurangi penyakit sy ini?

    thanx dok,..

    • @sela,
      Umur anda berapa…
      Buramnya mendadak atau perlahan, ada ukuran minus nggak dll.

      Sudahkah ke dokter mata… atau coba ke dokter mata yang lain untuk second opini..

  111. dok saya mau tanya udah 1 bulan ini syaraf mata saya berkedip tidak normal…
    stiap saat dan terasa berat hhga saya tidfak bisa berkonsentrasi.
    saya sangat tergangu sekali,, sebenarny penyakit apa yg sdang saya derita?

    saya mohon info’a…
    thank…

  112. pak,sy mohn solusinya..3 hri ni saya sakt mata.akbtnya sy juga tdk tw..tb2 mata sya merh trz bengkak d bagian pitihnya..ap ni mslh gawt dok….

    • @arindra,
      kalau ada merah dan bengkah bisa jadi itu konjungtivitis, maka sebaiknya di obati atau ke dokter mata untuk mendapatkan obat yang pas… kalau mau coba dulu xitrol boleh.

  113. salam. dok saya mohon penjlasan dan nasihat tuan dok.

    1. kenapa mata hitam saya ada tanda macam bulan sabit (putih kelabu) disebelah atas.
    2. terasa biji mata macam selaputnya kendur dan memang ada macam lendir jernih pada mata putih.
    3.mata saya sentiada rasa senak, kesat dan bola mata macam menegang dan akan rasa senak terutama bila suhu badan panas sedikit.
    4. saya pernah pergi jumpa dok. pakar, katanya mata kering, cuma pakai ubat titis saha. tapi saya jarang guna sebab leceh, sebab saya pakai cermin mata.
    5. minta
    6. umor saya sekarang 55 tahun. telah mingidap lebihkurang 10 tahun yang lalu. mula-mula mata rasa kelat/kesat macam orang tak cukup tidur dan silau bila memandang.

    sekian.
    t.k

    • @aishah,

      Sepertinya anda dari malaysia yaa..

      Jika usia udah tua, maka hal itu wajar. ada skotoma atau lingkaran putih di bagian pinggir hitam-hitamnya.
      itu tidak apa-apa.
      Mengenai mata terasa keset itu memang umumnya karena kering, dimana kalau udah umur itu produksi air mata berkurang dan kwalitasnya juga berkurang, sehingga yang menjadi keset, kadang perih dll.

      Saran dokter sudah benar yaitu di beri obat tetes air mata buatan atau artificial tears.. dan pelembab mata.
      Silakan cari di apotek di sana.

  114. mata saya tiba-tiba merah trus kaya ada yang mengganjal di bagian putihnya itu knpa ya dok???
    sebelumnya baik-baik saja…
    terima kasih….

    • @Esa,
      kalau merah terus bisa jadi ada konjungtivitis yaitu mata merah , bisa karena infeksi atau virus atau pengaruh lingkungan.
      Sebaiknya ke dokter aja yaaa

  115. tolong dibantu infonya ya.mata kiri aku 3 hari ini rasanya blur spt minusnya nambah drastis dlm waktu singkat.
    sebelumnya memang aku sempet pake softlens terlalu lama skitar 12 jam sampe mata nya ga nyaman,perih n merah.

    uda dibersihin pake y-rins tp tetep blur yg kiri (tp mata merahnya si akhirnya ilang)
    ini kira2 karena kelamaan pakai softlens atau ada sesuatu di softlens atau knapa ya?bahaya ga ya? πŸ™ serem soale kalo menyangkut mata..thx a lot untuk infonya,mas…

    skrg sementara ga brani pk softlens dl,tp matanya si uda ga merah lg.

    • @dena,
      Karena laa pakai lensa kontak bisa jadi mat akekurangan oksigen.
      Efeknya mata merah karena di kirim o2 dalam darah.

      Juga karena bisa jadi kering maka mata akankelihatan buram.

      Istirahat jangan pakai lensa kontak 2-3 hari.

      Periksa lensa kontak anda, masih bagus tidak.

      setelah semua ok, silaka pakai lagi.
      Jika sakit berlanjut silakan anda ke dokter yaa

  116. Sudah 3 bulan ini mata kiri saya terasa ngilu, kemeng rsnya jalan dr mata ke kepala. Bulan ke 2 saya periksa ke 4 dokter, 3 dokter bilang hasil mata normal, uk kacamata Δ’Βͺ berubah, sudah di MRI tidak ada apa2, cuma ada sedikit sinus yang kata dokter tidak berpengaruh dg problem mata yg sy alami. Ada 1 dokter yg bilang kalo air mata saya kurang. Di tes pertama kali yang kanan 15 ml,kiri cm 1,5 ml.dikasi obat tetes systani,1 mg kemudian kontrol lagi meningkat jadi 9 ml. Cuma sampai skr kok rasa ngilu tetap ada n sgt menganggu.apa ada penyakit lain. (Mata kanan sy terkena lazy eyes).sdgkan 3 dokter lainnya bilang mata sy normal. 3 lainnya tidak memeriksa air mata saya, meski sy sdh bilang air mata kurang krn umumnya di wanita dan usia tua.ada apa ini dok dg mata saya… Terima kasih banyak atas perhatiannya.

  117. MATA kanan saya minus 0.50,kiri 0.25..tp knpa mata kiri saya yg sallu perih n g enk.sprti ad yg ngejangggal n buat berat..sudah itu,,stiap d keadaan terang..mata saya jadi kabur.n jka gelap malah tidak..itu rabun apa ya?mohon penjelasan nya..trims

  118. dok mau tanya nich mata saya yang kiri agak kabur sedangkan yang kanan jelas.gmana cara nyembuhinya ya??

    makasih…

    • @nuim khaiyatch,
      periksa aja dulu, kaburnya karena apa, apa ada kelainan refraksi jadi mesti pakai kacamata, atau ada maslah dengan korneanya.

  119. pak mata kiri saya dulu buram seperti ada lendir setelah berobat sudah bisa melihat dengan jelas,namun pandangan mata saya seperti terhalang lendir tipis,kejadian ini sudah berlangsung 6 tahun.selama ini tidak ada gejala apa-apa.tapi apakah saya sudah sembuh total walau pandangan mata agak terhalang

    • @danto,
      kalau masih ada gejala seperti itu, tentunya belum sembuh total.
      karena sembuh atau normal maka pandangan bebas sebebas bebasnya tanpa ada kondisi lain yang berdampak negatif.
      Saya pikir anda mesti kontrol ulang ke dokter ya.

  120. Pak, kondisi mata saya bila di periksa selalu tidak mantap, ukuran berubah-rubah bahkan kadang disebutkan minus tetapi kadang bukan minus melainkan silinder, dengan ukuran yang bervariasi pula. Sepertinya tergantung kondisi mata apakah sedang lelah atau tidak. Selain itu, melihat dekat, sulit untuk melihat jauh dengan jelas (harus menunggu beberapa saat). Bagaimana cara mengatasinya? Saat ini tidak bisa pakai kacamata karena ukuran yang berubah-rubah tersebut.

  121. Mata saya kok kalau liat di ditempat yg terang seperti ada garis atau apa gethu melayang-layang,itU kenapa ya

  122. permisi dok,
    mata kiri saya terasa panas jk dibuat untuk melihat agak kabur

    gmn solusinya dok, maksh

  123. Dok mau tnya nich, knpa ya mata saya bsar sbelah..yank kanan aga nonjol ke depan terus kalo liat benda tajam suka ngilu-ngilu mata sbelah knan ny.. tapi mata yang kiri mah alhamdllah normal.. ap bisa dok mata yk kanan sya normal lgi sperti mta yank kiri.. cara menyembuhkan nya gmna ya dok tolong dong kasi petunjuk nya.?? sblum nya trmaksi bnyak dok..

  124. pak saya mo tanya, 3 hari yang lalu saya mulai sakit mata dengan keluhan mata memerah, di sekitar ujung dalam mata seperti ada yg mengganjal, terkadang gatal dan perih, penglihatan kabur, produksi kotoran mata byk (maaf : belekan), hari pertama mata terasa sakit saya ke dokter umum lalu diberi obat tetes mata GENTAMICIN 0,3% dan tablet CETIRIZINE tetapi keesokan harinya mata saya malah tambah membengkak dan merah sekali, kemudian ada teman saya yg menyarankan untuk memakai obat tetes mata CENDO XITROL,ternyata lumayan menghilangkan kemerahannya dan belekan sdh mulai berkurang, tetapi msh terasa ada yg mengganjal di ujung dalam mata,gatal dan perih yg mau saya tanyakan kok sampai hari ke 5 ini sakit mata saya blm jg sembuh ? apakah pemakaian CENDO XITROL dpt menyebabkan mata menjadi rusak krn yg saya baca di internet obat ini termasuk obat keras (golongan K), apakah ada obat yg lain menyangkut sakit mata saya ini ? Mohon saran nya pak, terima kasih

    • Yang pasti saya tidak ada kewenangan menyarankan obat, jadi mesti ke dokter.
      nanti minta antibiotiknya juga… atau kalaupun gak minta akan di kasih.
      pemakain xitrol yang saya dengar maksimal 3 hari.. jika masih berlanjut segera ke dokter…
      sepertinya kena konjungtivitis..
      tks

  125. dok mau tanya nich ? kemarin mata anak saya sebelah kiri disamping pupilnya, ada bintik merah kecil, itu kenapa ya dok, trus berbahaya ga dok….apakah bisa normal lagi? dan bagaimana cara penyembuhannya dok…….sebelumnya terima kasih banyak dok…

    • merah gimana yaaa…, di putihnya atau di hitamnya..
      kalau merah di konjungtiva itu subkonjungtiva bleeding…, tapi sebaiknya jika beberapa hari tidak hilang segera ke dokter.
      tks

  126. Selamat siang dok,
    Gini dok, pas sewaktu saya bangun tidur mata sebelah kiri saya burem tapi yang kanan tidak kira-kira kenapa dan bisa berdampak keras buat mata kiri saya atau tidak, trims πŸ˜€

    • Keras bagaimana yaa..
      kalau buramnya mendadak tlong periksa tekanan bola matanya.
      pastinya yaa ke dokter mata yaaa.
      tks

  127. mau tanya . kenapa pandangan mata saya terlihat ada bintik bintik kecil cahaya dan ada titik warna hitam

  128. dok, mau tanya mata saya mint 6 (kanan) dan silindris 5 (kiri)
    trus mata kanan saya seminggu lalu ada bayangan hitam di pojok kiri seperrti buta setengah. itu knapa ya dok?

  129. dok kenapa ya mata sebelah kiri saya selalu berair dari saya waktu masih kecil, kira kira penyebabnya apa ya dok?

    • Bisa jadi ada maslaah dengan sekresi atau pembuangan air matanya lacrimalnya atau bisa jadi ada bulu mata yang mengarah kedalam dsbg.
      sebaiknya segera periksa ke dokter mata yaaa..

  130. Slamat malam dok,
    Sudah 2 hari ini mata saya merah, setelah sya perhatikan ternyata dikelopak mata saya ada urat yang sdikit keluar dan terasa mengganjal.. Mohon solusi atas urat di kelopak mata sy ini dok.
    Salam

    • Kelopak mata bagian dalam atas bukan?
      Anda pakai lensa kontak tidak?
      Jika pakai, kemungkinan itu GPC, coba search di web ini dengan keyword : GPC atau Giant Papil Conjungtivitis.

      Tks

  131. Dok, saya punya masalah dengan saraf mata, diujung kelopak mata sering sekali terasa mules sehingga menyebabkan pusing ke kepala, disamping itu sering terasa galal. sering mengeluarkan semacam sinas disamping mata, pernah ke spesialis mata dikatakan tidak apa2, tapi saya yang merasakannya merasa terganggu dan tidak nyaman, ini bejalan sudah tahunan,mohon penjelasan dari dokter

    • maaf bu/mbak. saya bukan dokter dan ini kelihatannya mesti datang ke dokter mata.
      Coba second opini ke dokter lain yaaa.
      Tks

  132. dok aku mau tanya.,.

    umur saya 19 th ,kelopak mata saya sbelah kiri itu agak turun sebulan yg lalu sya mulai memakai kacamata minus 1/2.,dan sekarang mata saya sbelah kiri terasa kering disekitar mata terasa nyeri ,tiap bangun tidur mata sebelah kiri terasa berat untuk di buka.,..,

    msalah nya apa dok ?
    dan gimana mengatasinya ?
    mohon bantuannya

    • Jika kondisi kelopak mata menurun itu ptosis, otot kelopak mata mulai lemah.
      kelopak turun bisa membuat mata kurang sehat jika banyak daerah kornea tertutup.
      sebaiknya di periksakan dahulu jika semakin berkelanjutan keluhannya.

    • dok aku mau tanya?
      dibola mata saya ada tailalat itu bisa dioperasi apa tidak?

  133. dok, saya mau tanya…
    kedua mata saya selalu merah dan gatal, ini berlangsung sejak saya SD, dan sekarang saya telah kuliah, mata saya tetap sakit. Sekarang sakit yang saya rasakan malah bertambah, bola mata kanan saya terasa ngilu dan membuat kepala saya sakit. Setiap periksa mata dengan kartu snellen, mata saya masih normal. Dan ada beberapa gerakan reflek bola mata saya,yang membuat mata saya terasa lelah.
    saya sudah mencoba kebeberapa dkter,tp tdk ada prubahn.
    menurut dkter apa penyebabnya?bgmana pnanganan nya??

  134. dok, sy mw tanya. Mata sy minus 5,25 (kiri&kanan) sudah beberapa hari ini, mata sy yg kanan terasa berat dan sering kali buram. Masalahny apa yah? Trus gmana cr menanggulanginy?

    • kalau ada ukuran mata dalam arti ada minus atau myopia, kemudian buram, bisa jadi ukurannya sudah berubah.
      Kecuali mendadak atau ada penyebab lain.
      Sebaiknya segra periksakan mata anda ke optik atau dokter mata.

  135. sya mw tny dok
    da gariz/urat brwarna merah mbuat mta jd rabun n kdang psing itu d krana kn apa?

  136. dok mw tnya nh..
    tante sya mengalami sdkt gangguan mata nh..katanya tba2 suka ada sinar yg dtg di pnggir mata..itu knpa ya dok??
    trmksh πŸ˜€

  137. dok, bpk saya mengalami penderitbn mata sudah dari 5 tahun lalu,, matanya tdk bisa melihat dgn sempurna, setiap melihat benda ktanya buram tp kalo bnda/tulisan itu di dkatkan skiatar -/+10cm bnda/tuliasn terlihat lbih jelas,!
    Bapak saya sudah konsultasi sama dokter spesialis mata skitar 1 tahun lalu dan mencoba melakukan operasi tp sampe sekarang mata bpk sya tetap tdk bsa melihat bnda dgn jelas,, malahan mta bpk sya semakin parah!!
    Apakah mata bpk saya msih bsa di sembuhkan dok?

  138. siang mas,saya mau nanya?
    mata saya kok seperti ada nyamuknya,.
    kalau melihat di siang hari agak mengganggu,,tapi kalau malam hari nggak apa apa mas,..apakah ada hubungannya dengan penyakit gangguan pencernaan,..soalnya saya diagnosis dokter m
    engalami gangguan cerna yang buruk,.dan juga asam lambung,..
    ma kasih mas,..

  139. dok,saya mau tanya.
    Mata saya sakit disebelah kanan&kiri tempatnya dikelopak ,mata dan disertai pusing
    Dan penyakit itu datangnya tiba~tiba,
    Itu penyakit apa ya dok….???

    • @berliana:
      maaf saya bukan dokter,
      sebaiknya periksakan dulu, apalagi tiba tiba, sakit di situ adalah ketegangan otot mata, atau asthenopia, karena ada capek baca dll.
      Jadi periksakan aja dl yaaa

  140. Halo dok, Keluhan di mata sebelah kiri saya ada bintik-bintik hitamnya yang bergoyang-goyang.. itu kira-kira sakit apa? cara pengobatannya gimana? Tlng info nya yaa dokter.. Terimakasih

    • bintik hitam bergoyang itu apakah hasil pandangan anda?
      Jika iya coba anda search di blog ini mengenai “floaters” apakah gejalanya seperti itu?
      Tks

  141. Mata ada bintik-bintik hitam bergoyang-goyang..

    Halo dok, Keluhan di mata sebelah kiri saya ada bintik-bintik hitamnya yang bergoyang-goyang.. itu kira-kira sakit apa? cara pengobatannya gimana? Tlng info nya yaa dokter.. Terimakasih

  142. malam dok ..
    Saya mau nanya nih ..
    Nama saya yudie Umur 19th Pinggiran kornea(hitam mata) saya agak memutih dok ..
    Pertanyaannya ??
    1. apa nama penyakit mata saya ?
    2. Klo dibiarin apakah putih yang ada dipinggiran mata saya akan membesar dan mengakibatkan kebutaan ?
    3. Cara mengatasinya gimana ?

    Terimakasih dok ..

  143. Dok, saya seorang mahasiswa yang baru lulus kuliah. saya ingin sekali bekerja di perusahaan BUMN, tapi saya selalu gagal setiap tes wawancara terakhir karena mata saya yang sebelah kanan kelopaknya besar sebelah, yang akhirnya yang kanan mudah merah dan nyeri. mohon solusinya dok?

    • Silahkan datang ke dokter dan di periksa dulu, bisa jadi di lakukan operasi kelopak agar bisa sama. periksa aja dulu

  144. mau numpang tanya, mata kiri saya sering berair, apa penyebabnya? trims atas jawabannya.

    • sering berair, bisa jadi ada benda asing di mata, atau ada bulu mata yang masuk, atau malah bisa jadi mata kering. silahkan datang ke dokter untuk di periksa lebih lanjut

  145. Dok,ibu saya mengeluh mata sebelah kanannya tidak dapat melihat dengan jelas…apakah pengaruh dari posisi tidurnya?
    Atau ada penyakit lain…?tolong pencerahannya dok…terima kasih…

    • @Fajar, maaf saya bukan dokter yaa..
      Sebaiknya di periksakan… usia berapa Ibunya, jika sudah sekitar 55 tahun ke atas, umumnya ada katarak, tapi tetep lebih baik di periksakan dahulu. baru tahu apa penyakitnya.

  146. Halo dokter,
    saya punya keluhan. terkadang kepala saya pusing, pusing yang tak tertahan kan. selain itu, sakit kepala saya di ikuti dengan rasa mual, mata yang sakit dan memerah, memerah di bawah, kanan dan kiri. lalu hidung terasa tersumbat, badan melemah sehingga mengganggu aktivitas sehari”. saya pernah berkonsultasi ke dokter umum tentang keluhan ini. dokter hanya menyatakan kalau saya hanya dehidrasi sehingga membutuhkan asupan elektrolit dari luar. saya sudah mencoba melakukannya tapi butuh waktu hampir 2 minggu untuk kembali normal, tetapi penyakit ini sering terjadi yang mungkin karena kebiasaan saya yang terlalu lama duduk di depan komputer. teman saya mengatakan kalau saya terkena migrain hebat karena sakitnya yang tak tertahan kan. saya khawatir saya terkena kanker otak karena gejala-gejala nya hampir sama dengan apa yang saya rasakan

    • maaf, saya bukan dokter…
      usia berapa anda..?

      memang ada juga istilah asteniopia, yaitu sakit kepala karena kondisi orang yang perlu bantuan kacamata, namun semua bisa terjawab jika sudah di lakukan pemeriksaan. silahkan periksa saja dulu ke dokter mata.

  147. hi dok
    saya seorang mahasiswa baru
    waktu SMA saya sempat periksa tentang mata saya yang buram melihat tulisan jarak jauh dan ternyata hasil periksa tersebut saya terkena selinder ΒΌ.,
    kemarin saya coba kacamata baca dengan ukuran minus 1 dan saat saya pakai saya merasa lebih jelas.
    pertanyaannya baik kah untuk mata saya ? ? ?
    mohon dijawab ya pak
    Terimakasih

  148. assalamualaikum….pak saya mau tanya mata kanan saya kabur sebelah ,,sudah 1 minggu ini…apa bisa pulih seperti semula kaburnya nggak terlalu parah sich???tapi rasanya ngaak enak banget ..trims

  149. Assalamualaikum.
    pada bola mata saya yang putih, terdapat noda kuning. apa penyebabnya ? Dan bagaimana cara untuk menghilangkannya ?

  150. Swlamat siang,,, saya mau tanya seputar gangguan pada mata. dulu mata saya terdapat bintik hitam semacam air yg bergerak2 saat mata melihat. semakin lama bintik teesebut saya rasakan semakin bertambah. rencana mau saya periksakan ke dokter. apakah ada kemungkinan saya minus?? atau ada faktor lain yg menyebaban. terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

  151. Siang,,,maaf saya mau tanya kug mata kiri saya besar sebelah yah,,?
    kira” ittu knapa pak?
    apa ada penyebab atau penyakit khusus pada mata kiri saya?
    terima kasih

  152. asslkum dok?saya indah dok mau nanya lima thun yg lalu mata seblah kanan sy kemasukn lunsa mata,tp anehnya akhir”ini sy sring skit kepala seblah kanan,gak bgitu skit tp nyut”trus rasanya sampai keblakang leher,sy sgt tkut dgn oprasi dok,adakah cara lain untuk menyembuhkan penyakit mata sy dok,mohon solusinya’trim’s wasslm.

    • sebenarnya lensa mata tidak bisa masukke mata, yang ada paling keselip di belakang kelopak mata.
      namun demikian jika ada keluhan periksa aja, tidak harus operasi kok. Jangan takut

  153. Assalamualaikum dok, sy ocha dr ambon. Ada noda hitam di bola mata putih anak sy dan itu sdh ada sejak kecil. Apa noda itu berbahaya? Mohon penjelasannya dok..trimakasih bnyk. Wassalam

    • kayak apa yaa, bisa jadi timbunan lemak , sebaiknya periksa dokter aja, tapi yang pasti gak mengganggu penglihatan khan..? atau coba search di blog ini : Pterygium… apa tandanya seperti itu..?

  154. dok… mau tanya πŸ˜€

    kenapa di pupil mata saya ada warna coklat seperti luka yang pas di bundaran pupil… apa bahaya dok.
    saya kira itu akibat dari terkena minus.. tapi aku sudah liat temen* saya yang minus tetapi matanya tetep biasa seperti orang normal tidak seperti mata saya..

    mohon petunjuk.. makasih πŸ™‚

  155. dok mata saya bengkak,dan keluar terus air mata.
    knapa yah dok??

    makasihh

    • @herlan:

      Sebaiknya periksa ke dokter mata langsung, bengkak bisa jadi ada trauma atau ada iritasi atau ada radang pada mata. nanti akan di beri antibiotik dan anti implamasi. tks

  156. Aslm dok..
    sya mw tnya,,
    mata sya sblh kanan sering mengalami nyeri mata,,
    apakah ini berbahaya??
    terima kasih

  157. dok sya prnah cek mata trnyata kata dokter mata kanan sya minus 1/4 bgaimna cra mngatasinya selain operasi..?? sya mau dftr ke abri

  158. dok tes mata yang sering di lakukan kalo kita mau buat sim itu namanya tes mata jenis apa dok ?

    • Itu umumnya hanya pemeriksaan untuk AV atau ACIES VISUS, tanpa koreksi.
      Prosedurenya hanya membaca snellen chart dan dinilai sampai di mana bisa membaca tanpa koreksi kacamata. Tks

  159. Dok mata saya sebelah kanan saya blur.. Cuma menjangkau 50cm selebih nya blur… Tapi cuma yg kanan.. Kenapa itu dok? Bs sembuh atau tidak?

  160. Dok saya 24 tahun tinggi 169. Mata sebelah kanan saya blur.. Cuma menjangkau 50cm selebih nya blur… Tapi cuma yg kanan.. Kenapa itu dok? Bs sembuh atau tidak?

    • Sudah berapa lama itu..?
      Sebaiknya segera periksa, tanpa di periksa tidak akan bisa di ketahui apa yang sebenarnya terjadi.

      Tks

  161. dok, mata saya sebelah kanan tiba2 sakit saat di kerjap2 kan lebih sakit..
    itu kenapa dok ??

  162. Dok saya mau tanya
    Saya kalo habis duduk / tiduran itu bangun tapi pandangan menjadi gelap (semua hitam) itu kenapa ya?

    Thanks

    • Maaf, kebetulan disini, tidak ada dokter mata, saya pikir bisa langsung ke dokter mata yaaa… Bagaimana dengan Tensi Darah anda…? Atau tekanan bola mata anda..?

  163. dok, mata saya ada semacam bercak atau titik putih di pupil,,dan tu menyebabkan mata saya kabur, bahkan untuk jarak 1/2 meter pun saya tidak dapat melihat jelas tulisan-tulisan yg berukuran 12.
    kira-kira jenis penyakitnya apa?

  164. Dok mata saya suka melihat titik putih yang melayang trs mata sebelah kiri tiba2 hitam sesaat(tdk bisa lihat) mohon penjelasannya saya itu penyakit apa terima kasih…

  165. Dok knpa yah penglihatah saya agak gelap dan sering kunang.. Disertai dengan manastis. Sekian terima kasih di tunggu sarannya…

  166. Dok , saya punya sepupu yg bagian hitam matanya memutih . kata dokter mungkin dia terkena tumor . pertanyaan saya , menurut dokter sendiri ,dia terkena penyakit apa ? dan mungkin nggak matanya kembali seperti semula ?

    • di pinggir saja atau putih semua atau kelihatan di tengahnya saja yg putih..

      saya kira harus di periksakan ke dokter mata baru bisa ketahuan…

  167. halo, pak saya punya gangguan ni pak dimata saya itu ada titik hitam, trus saya harus gimana, apa ada obatnya. pak trims

  168. dok ada bintik putih seperti nanah di bagian dalam kelopak mata atas saya..
    kira2 bahaya tidak dok ??

  169. dok.. mata sebelah kanan saya ko buram yah?
    awalnya , mata saya merahudah 1 minggu. terus saya pergi ke dokter dan di beri obat tetes mata, udah pake 3 hari mata saya emang sembuh ga merah lagi tapi kok mata saya jadi burem yah ?

  170. Dok mau nanya mata saya sebelah kiri ada bintik hitam setiap mata saya bergerak ke kanan atau kiri trs mengikuti. Mau nanya itu penyakit apa?

  171. Saya mau tanya.mata sebelah kiri saya jika menengok selalu melihat dgn kabur. Tpi saat periksa dikatakan normal. Katanya hanya mata lelah. Apa memang bgtu?

  172. Dok mata saya kecil sebelah dok,dulux mataku gk kaya gini,awalx muncul bntilan lalu hagal,lama kelaan ,mataku mkn sakit dan kalau liat cahaya lmpu tw lma nonton mkn nyut2,ak udh kedoktr ,mata spesialis dy berikn ak obat tets dan minu,agak as perubahan tapi lama2 kambu lg,kadanh gatal.ak gk pede bngt mataku besar sebelah ap ad jln solisinx,sangt2 menganggu bngt gk konsen kerja.mhonsolisix dok mks.

    • Sebaiknya ke dokter lagi yaa, kalau menjadi kecil itu sih umumnya gak bisa di apa apain… tapi jangan berkecil hati, segera ke dokter mata lagi yaaa… biar ada penanganan segera

  173. dok saya mw tanya,,,di dlam bola mata hitam saya ada bercak putih,,itu apa dok?apa pertanda penyakit??saya takut dok,,trus mengobatinya gmn??
    terima kasih

    • Anda pakai lensa kontak atau tidak, jika iya kemungkinan karena lensa kontak yg kotor dan melukai kornea.
      Jika tidak, maka ada luka di kornea dan sebaiknya segera datang ke dokter mata untuk di periksa, sehingga nanti akan di berikan obatnya. tks

  174. dok mata sebelah kanan saya kok seperti ada yang gerak ya dan itu rasanya sakit banget kadang2 juga saking sakitnya mata saya serasa mau keluar, itu kenapa ya?
    mohon di jawab dok terimakasih

    • kalau anda merasa ada yang gerak gerak maka itu floaters… silahkan search di blog ini : floaters.
      Namun kalau sakit sekali, sebaiknya periksa dokter, nanti di periksa tekanan bola matanya, dikhawatirkan tinggi dan mengarah ke glaukoma… silahkan search juga apa itu glaukoma

  175. Dokter’di bundaran bola mata saya ada bintik putih kecil’ rasa πγΒͺ perih kalo kena angin,kalo berkedip pun juga terasa perih ,bila d’pejam kan terasa menjanggal kaya kelilipan gitu padahal bintik πγΒͺ kecil bgt dok’dan saya tidak memakai soft lens’mungkinkah ini bisa hilang gak ya dok tanpa operasi’terimakasih

  176. dok, dikelopak mata dan lingkaran area mata saya ada bintik-bintik coklat itu kenapa y ?
    mohon info.
    tks,

  177. penyakit yg saya derita proptosis pada mata dok,
    apakah dengan obat herbal penyakit ini bisa sembuh?

    • Sepertinya saya tidak bisa menjawab pasti karena saya tidak tahu persis dengan herbal, saya pikir ke dokter mata saja, mungkin perlu tindakan operasi.

    • Sebaiknya periksakan ke dokter mata saja,

      Oh yaaa, , ,sekali lagi saya bukan dokter, sepertinya tidak boleh memberi diagnosa jarak jauh gini, ntar kayak paranormal lagi, jadi periksakan saja yaaa ke dokter.

      • Dok mw tanya nih< ni mataku rasanya seperti lagi kelilipan! tapi setelah aq lihat gax ada benda yang masuk, mataku jadi merah gitu! rasanya sakit baget uda 3 hari gk sembuh sembuh . Gimana Dok??

        • maaf, saya bukan dokter, sebaiknya segera di periksakan ke dokter, karena bisa jadi kalau di lihat sendiri tidak bisa atau tidak ketahuan ada apa di dalam mata.

  178. maaf pak saya punya keluhan di mata
    kalau mata saya ditutup satu melihat normal
    demikian juga sebelahnya, akan tetapi
    kalau di buka dua2nya dan menunduk melihat
    benda berbayang, benda ada satu jadi dua
    itu penyakit apa ya temi kasih
    mohon bantuannya

  179. Dok, mata sebelah kanan saya tidak bisa melihat dengan jelas,dan kalau saya menangis tidak bisa mengeluarkan air mata, terasa pegal disekitar mata, saya sudah periksa dispesialis mata tapi katanya cuma luka sedikit ngak apa-apa tp sampai sekarang blm jg sembuh terhitung sudah 1 bln.

  180. Dok tiba- tiba mata saya bengkak di bagian kiri, trus ada benjolan semacan bitilan gtu,pli si benjolannya tu dket mata,,apa obatnya dok,,
    makasih,,

  181. Assalammualaikum. Dokter saya mau tanya, di bagian bola mata kanan atas ada benjolan kecil, tetapi tidak menimbulkan sakit ataupun perih. Tetapi benjolan kecil itu sudah hampir 1 bulan Dok. Apa penyeybabnya dan bagaimana cara mengobatinya dok ?

    Makasih Sebelumnya πŸ˜€

  182. Dok,saya mau tanya. Kalau dimata bagian hitam dibola mata saya itu ada lingkaran biru dipinggirnya. Itu memang wajar atau tidak ya dok?terimakasih.mohon jawabannya segera

    • Semua yang berubah dari kondisi normalnya tentu tidak wajar, namun ketika kita sudah berumur (tua) maka hal itu bisa jadi wajar.
      Kalau lingkaran biru atau abu abu di pinggir mata itu tidak mengganggu penglihatan, kadang ada hubungannya dengan kondisi umum badan misal diabetes, itu namanya arcus.
      silahkan periksa darah dan periksakan ke dokter mata yaa.
      btw saya bukan dokter.
      tks

  183. mata sebelah kanan di put ih – putih nya ada flek coklat. tadinya tidak ada . Saya periksa ke dokter mata katanya tidak berbahaya cuma a pigmentasi. kalo menghilangkan nya gimana ya? trimakasih

  184. dok saya mw tanya, umur saya 27 thn… sdh 2thn ini mata sy sering merah ,perih, berair. kadang sembuh sendiri tp sering jg kambuh lg, sy sdh periksa ke dokter kt’nya iritasi tp kok ngga ada perubahan mpe skrg. kl mata sdh merah, bawaanya menguap dan hidung mengeluarkan air trus dan jg di matanya ada selaput tipis yang mengelupas akibatnya mata terasa ada yang mengganjal. sdh dikasih obat tp ngga sembuh2….
    kira2 knp y Dok, trus solusi buat penyembuhannya bagaimana ??

  185. Dok suami saya sdh 3bln sakit mata tapi cma sembuh 1mggu trus udah kerja lagi skrg sqkit lagi kami udah bolak balik dokter mata dank skrg ke dokter saraf… karna otot matanya bengkak dan matanya merah dan slalu sakit sampe kepala sakitnya… ada yg blg iu boboca… tapi matanya melihat bagus…
    Solusinya bgm yah?

  186. dok, di mata saya sbelah kanan. dekat irisnya ada benjolan warna kuning seperti nanah dan sekitarnya warnanya merah
    .menurut saya ini rasanya sakit dok. kira2 sakit apa ya dok?

  187. dok saya mau tanya, di daerah lingkaran bola mata saya ada semacam bintil warna kuning.. itu knp ya dok? mksh

  188. mata sy kena minyak angin yg sebelah kanan, sehingga kalau melihat ada bayangan hitam menutupi setengah bag. mata. Pada saat ditetesin obat mata terlihat agak memudar flek hitamnya. Bagaimana penanggulangannya?

  189. Mata kiri saya sudah empat belas hari rasanya seperti habis bangun tidur, jadi seperti kurang jelas kalo melihat sesuatu (bercahaya ketika melihat sinar), kalau siang sudah semakin jelas lihatnya. Jenis penyakit apakah ini? boleh saya tau obatnya?
    sebelumnya aku nyetir mobil 16 jam siang s/d malam tidak pernah tidur….apakah karena pengaruh sinar lampu mobilnya ?
    umur saya 33 tahun
    Terima kasih untuk tanggapannya dok!! gbu

  190. Dok anak saya berumur 3 bulan di bagian mata yg hitam di tengah nya berwarna bening kaya kaca apakahbitu normal atau ada kelainan mohon jawabanya …!!

  191. dok, saya mau tanya kalau mata kita itu normal tapi dibagian yang putih dimata itu ada flek kuning kemerahan seperti kotor, itu apa dok?

  192. dokter kalo di bagian mata hitam kita di lingkari warna kuning, penyakit mata apa namanya?
    terimaksih πŸ™‚

  193. Permisi Dok.

    saya mau tanya..!
    Udah hmpir seminggu ini mata seblah kanan saya kalo melihat buram seprti berkabut.
    melihat kalender aja Seprti berbayang sekiranya masalah apa yah yg mata saya alami.

    dan saya mau tanya?
    apakah min itu menyerang satu per satu mata apakah lagsg ke dua mata..!

    • btw saya buukan dokter…

      sebaiknya segera periksakan ke dokter atau RO.
      umur berapa sampeyan..?
      kalau masih muda umumnya belum kena katarak, kalau sudah 50 tahun ke atas bisa jadi.

      Kalau buram karena myopia atau minus bisa sebelah bisa keduanya dan tidak ada hubungan seperti halnya menular, karena kelainan ini tidak menular.

      sebaiknya segera periksakan ke dokter atau optik dahulu yaaa.
      tks

  194. Pak, mata saya yang kanan tidak apa-apa, tapi yang kiri ada warna kuning kuning nya jadi terlihat matanya warnanya berbeda. ini kenapa ya?

  195. dok saya mau tanya sejak saya sering main laptop sekarang kedua mata saya setiap melihat benda selalu berbayang apalagi saat melihat bulan waktu malam bulan hampir menjadi 2

  196. Dok , Saya laki-laki baru berumur 13 tahun . Saya mau tanya waktu malam sabtu mata saya tidak apa-apa , Tapi waktu sabtu pagi pas saya bercermin tepat di mata di sebelah lensa mata saya ada warna merah . Dan tadi saya bercermin warna merah tersebut semakin besar , Kata ibu saya itu cuma bekas goresan yang tidak terasa oleh saya . Kira-kira itu kenapa ya dok ?

    Terimakasih Sebelumnya

  197. Ψ§Ψ³Ω„Ψ§Ω… ΨΉΩ„ΩŠΩƒΩ… ΩˆΨ±Ψ­Ω…Ψ© Ψ§Ω„Ω„Ω‡ وبر ΩƒΨ©..maaf dok saya mau bertanya ,saya mengajami mata yang merah dan ada bintik putih 1 di atas bola mata kenapa yahh,,?

  198. Mff dok saya mau nanya kenapa setiap saya pakek lensa mata saya yg berwarna putih itu menjadi warna merah dan di lingkaran bola mata saya juga berwarna merah

    Tolong beritahu saya secepatnya ya dok

    • artinya, bisa jadi anda tidak cocok dengan : produk yag di pakai, bisa jadi larutannya, bisa jadi pemasangannya tidak tepat. silahkan datang ke optik u pemeriksaan lebih lanjut

      • Dog mw nanya. Di bawah kelopak mata ada benjolan(bukan bintitan) trasa gatal n benjolan bisa kalau d sentuh bisa bergerak(geser). Itu skit ap y doc n penyebab n pnyembuhanx ap n bgaimana?

  199. Dok sejak kemarin mata kanan saya terasa seperti ada yg mengganjal (terasa seperti kelilipan) saat berkedip. Kira-kira kenapa,dok? Terimakasih

    • bisa jadi memang kelilipan, di irigasi (air), atau bisa jadi ada tanda tanda mata kering. silahkan periksa ke dokter mata jika berlanjut

  200. dok mau tanya, anak saya yg msh berusia 2bulan lebih ada masalah mata. retina (lens) mata kiri nya ada lingkaran putih kecil yang hanya bisa di lihat mengguna kan lampu suluh..kna dokter anak saya ianya d’panggil ” utik ”… apakh ubat yg terbaik ataupun adakah cara lain yg terbaik selain operate dok… Saya lagi bingung ni dok….

    • maaf sebelumnya… saya bukan dokter.
      Namun ada yang membingungkan antara retina/lensa.
      kalau di retina tidak bisa dilihat dengan lampu biasa juga tanpa pupil di lebarkan dan hanya di lakukan oleh dokter mata.
      Jd sebaiknya di bawa ke dokter mata saja yaa

  201. dok kaka saya punya penyakit sehabis kena minuman keras udah dua tahun penglihatannya belum normal seperti semula dan yang dirasakan dilihat itu berwarna putih,udah konsultasi ke rumah sakit juga,tapi ttep gabisa,harus gimana dok?

  202. Sore mas,anak saya umur 6,3 tahun matanya yang sebelah kiri gatal lantas dikucek kucek.
    Saat saya perhatilan jadi agak merah dan bola matanya jadi agak masuk ke dalam.
    Apa kah itu biasa dan bisa normal kembali (karena sementara kami kompres air hangat)
    Saya mau bawa ke dokter namun tidak buka karena libur.
    Mohon arahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *