Strabismus/Mata JulingAnda pernah dengar atau pernah lihat orang yang mata hitamnya (kornea) tidak lurus kedua-duanya saat melihat anda. Kadang jika kita sedang berbicara dengan banyak orang dimana di sebelah kita juga ada orang , nah orang yang berbicara di depan kita itu tidak lurus melihat anda, sedangkan dia berbicara dengan anda. Apa yang akan terjadi?. Anda bingung dan orang itu juga bingung, kok nggak di perhatikan. Nah, kondisi seperti itulah yang di sebut Juling (Strabismus).

Strabismus adalah defek penglihatan dimana kedua mata tidak tertuju pada satu objek yang menjadi pusat perhatiannya. Satu mata terfokus pada satu objek, namun mata yang lain bisa bergulir kearah mana aja, bisa atas, kanan, kiri, dan bawah.

Lho, kok ada orang yang kadang matanya lari, tapi kadang juga lurus. Itu benar memang kadang mata yang tampak juling bisa lurus dan sebaliknya.

Juling bisa terjadi pada pria dan wanita, dapat juga diturunkan pada keturunannya, e e siapa yang mau dituruni yaa… Tapi bukan berarti kalau tidak ada keluarga juling tidak bisa juling.

Sebenarnya kita ini memang khan punya mata dua, kalo di tutup satu juga bisa melihat, terus gantian pakai satunya lagi juga bisa melihat, jadinya sebenarnya kita itu melihat objek itu dua. HAAAAAA dua?. Yaaaaa. Selanjutnya otak kita yang mempunyai fungsi untuk menyatukan bayangan yang di tangkap masing-masing mata itu, sehingga menjadi penglihatan tunggal kalo nggak salah istilahnya Binokuler Single Vison (BSV). BSV ini tiga dimensi yang selanjutnya memberikan persepsi kedalaman (Depth Perception).

Untuk anak-anak jika mata satunya bergulir saat melihat suatu objek maka dia akan mengabaikan penglihatan yang satunya. Sehingga untuk anak yang demikian akan kehilangan Depth Perception-nya. Tapi jika ini terjadi pada orang tua maka akan terjadi penglihatan ganda (Diplopia). Karena otak orang tua sudah terlatih untuk menerima bayangan dari kedua mata dan tidak dapat mengabaikan bayangan dari mata yang bergulir.

Mungkin anda mengenal Ambliopia atau mata malas atau lazy eyes dan apa sih sebenarya penyebab strabismus… tunggu posting yang akan datang… InsyaAllah.