Satu lagi alat tang untuk stel bagian temple yaitu “Holding Plier”, yaitu tang yang di gunakan untuk memegang secara kuat bagian temple atas dan bawah.

Holding plierIni digunakan saat kita ingin menambah sudut pantoscopic atau mengurangi sudut pantoscopic. Model tangnya adalah pegangan berupa stainless dan bagian ujungnya keduanya adalah plastik. Plastik yang ada di tang berguna agar tidak lecet dan ada dua bentuk yang pernah saya lihat, yaitu ada yang bentuk ujung plastiknya ada coakannya agar megang dengan kuat pada temple dan ada juga yang polos aja, namun anda harus menekan dengan kuat agar tidak meleset, saat di gerakkan.

Sudut Pantoscopic, di sini saya sering menjumpai pengertian yang salah yang di tangkap oleh para RO, tentang sudut pantoscopic. Baiklah kita coba bahas di sini yaaa…

Panthoscopic Sudut pantoscopic adalah sudut yang di bentuk oleh lensa dan garis bayangan yang di tarik tegak lurus dengan temple. Nah loh, bisa bayangin gak, jadi bukan sudut antara temple dengan lensa yang ada di bagian dalam kacamata, namun miringnya lensa dan sudut bayangan, jadi sudut bayangan ini tidak ada fisiknya namanya juga bayangan atau seolah-olah ada garis yang di tarik dari ujung temple secara tegak lurus dengan temple itu. Udahlah bayangin sendiri.

Sudut ini berkisar antara 4 sampai 18 °. Sudut ini berfungsi untuk mengatur agar kacamata itu tidak menempel pipi atau model kacamata tidak seperti teras rumah, bisa bayangin khan. Ada kaidah penyetelan untuk pantoscopic ini, tunggu posting selanjutnya yaaa…


Ps: gambar dari: http://www.samicoind.com/ dan http://www.isoptik.com/