Panduan penggunaan Sistem Informasi Optikal – SIO

Program Sistem Informasi Optikal – SIO adalah program berbasis web base (program yang di akses melalui web browser kesayangan anda dan tampilannya seperti layaknya kita membuka website) untuk keperluan pencatatan data dari optik.

Fungsi – fungsi atau feature dari SIO ini antara lain :

  1. Dimulai dengan login cabang optik, sehingga ini bagus untuk optik yang mempunyai banyak cabang
  2. Dilanjutkan dengan login pengguna atau karyawan dengan berbagai role user mulai dari : Admin/Super Admin, Kasir maupun Sales dengan hak akses yang berbeda – beda
  3. Aplikasi menggunakan frameword Code Igniter yang sangat handal dipadukan dengan Bootsrap dan jquery serta teknologi dunia web lainnya
  4. Aplikasi sudah mencakup berbagai kebutuhan dalam keperluan kegiatan optik sehari hari, meliputi :
    • Master :
      • Karyawan : menambah dan mengedit data karyawan
      • Konsumen : menambah dan mengedit data konsumen serta melihat history pembelian konsumen tersebut, termasuk rekam medisnya [jika dicatat]
      • Suplier : menambah dan mengedit data Suplier
      • Kategori : menambah dan mengedit data Kategori barang kita
      • Kategori Pengeluaran : menambah dan mengedit data Kategori Pengeluaran
      • Store/Cabang : menambah dan mengedit store/cabang optik
      • Info : menambah dan mengedit info, dimana isi info ini akan tampil dalam struk yang di bawa pulang konsumen sebagai informasi, iklan, promosi maupun syarat dan ketentuan lain yang dirasa perlu
      • Jabatan : menambah dan mengedit jabatan atau hak akses program ini
    • Inventory :
      • Katalog : menambah dan mengedit data barang yang ada
      • Stock : menambahkan stock item barang yang baru masuk ke cabang optik
      • Mutasi : mencatat mutasi barang antar cabang atau ke pusat optik
    • Pengeluaran : Menambah/mencatat data pengeluaran untuk operasional dan menampilkannya
    • Penjualan :
      • Jual langsung : mencatat dan melakukan transaksi sampai selesai pada pembelian barang yang langsung bisa di bawa pulang konsumen tanpa pemesanan kan keluar struk untuk konsumen
      • Pesan Kacamata : mencatat dan melakukan transaksi pemesan kacamata, dimana barang harus di proses terlebih dahulu dan bisa diambil di lain waktu, akan keluar print struk untuk konsumen sebagai bukti pesanan dan untuk pengambilan
      • Pesan Lainnya : mencatat dan melakukan transaksi pemesanan selain kacamata ukuran, misal pesan frame, lensa kontak , service , dll
    • Verifikasi order : edit/update data ukuran yang akan di proses oleh lab, akan keluar print untuk lab
    • Pengambilan : list data pesanan yang belum diambil
    • Pembayaran : melakukan pembayaran dengan tunai, debit, kartu kredit ataupun voucher yang diterbitkan
    • Laporan :
      • Laporan penjualan : menampilkan data penjualan dengan di grouping : penjualan langsung, pesana order [uang muka] dan pesanan lainnya [uang muka] dan bisa di export ke excel atau print atau pdf
      • Keuangan : menampilkan data keuangan dari semua transaksi yang terjadi sehingga kondisi keuangan bisa di cek waktu demi waktu setiap saat real time dan bisa di export ke excel atau print atau pdf
      • Stock : menampilkan data pergerakan barang dan stocknya berdasarkan kategori barang dan menampilkan history dari perubahan stock barang tersebut
    • Modal Awal : Sebagai uang kecil/petty cash / uang kembalian sebagai uang operasional perlu pencatatan dan akan bisa di lihat di laporan keuangan dan wajib diinput ketika akan memulai menjalankan program ini di setiap hari
    • History : Menampilkan semua history trannsaksi yang pernah ada dan bisa di cetak ulang
    • Struk untuk konsumen dilengkapi barcode/Qr Code
    • Menggunakan kertas thermal 80 mm
    • paperless… karena semua kondisi transaksi ada di komputer
    • Logout : logout karyawan untuk menutup aplikasi dari akses operasional karyawan, dan logout store untuk menutup aplikasi dari loginnya toko. Untuk sehari hari tidak perlu menutup atau logout store, tapi cukup logout karyawan
  5. Tampilan bisa di buat lebar dengan klink di menu atas
  6. Tampilan bisa berubah warna latar belakang dengan mengklik di pojok kanan atas
  7. Disetiap menu ada list atau tampilan dan disiapkan mode pencarian yang otomatis sehingga lebih cepat

 

Syarat menjalankan Aplikasi SIO :

  1. Offline :
    • Komputer dengan spesifikasi minimal sudah bisa jalan
    • Printer Thermal dengan ukuran kertas 80 mm, bisa Epson, Eppos [bisa autocutter], banyak di jual di Tokopedia atau Bukalapak
    • Scanner [jika barangnya mau di beri barcode]
    • Bisa diakses di komputer dan pada komputer atau HP hanya di jaringan/wifi setempat
  2. Online :
    • Beli domain [alamat website] dan tiap tahun perpanjang
    • Sewa Hosting dan tiap tahun perpanjang
    • Bisa di akses dari mana saja
  3. Software :
  4. Panduan untuk Instalasi :
  • Install XAMPP pada komputer dan ikuti petunjuk Installnya dengan melihat video di bawah ini :

 

  • Silahkan buka di browser anda [chrome atau firefox] dan ketikan : localhost, jika sudah muncul halaman XAMPP maka install XAMP sukses
  • Asumsi saya, anda mengintall XAMPP di : C
  • Ekstrak file SIO
  • Copy folder optik  dan paste-kan di folder htdocs [ C:\xampp\htdocs ]
  • Sehingga menjadi  C:\xampp\htdocs/optik [ didalam folder ini TIDAK ADA foldel OPTIK, jika ada maka yang di copy adalah folder optik ini ]
  • Silahkan akses web : localhost/optik  –> kemungkinan masih error –> biarkan saja
  • Selanjutnya install DATABASE, silahkan buka di browser : localhost/phpmyadmin/
  • Klik New, dibawah : 
  • Disisi kiri akan muncul list : optik  dan silahkan di klik
  • Setelah itu, lihat di barisan atas ada tulisan import , klik tulisan import
  • Lalu klik choose file, silahkan cari file optik.sql  di C:\xampp\htdocs/optik/ , gulung ke bawah dan klik Go
  • Selesai install Database

Petunjuk Operasional